11 Tips Madeilene Ong De Guzman - VP Marketing Elevenia Dalam Pengelolaan Digital Marketing dan Ecommerce | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

11 Tips Madeilene Ong De Guzman – VP Marketing Elevenia Dalam Pengelolaan Digital Marketing dan Ecommerce

Posted by & filed under Featured, internet marketing, Running a Business.

toko online

Pada kesempatan ini, Startupbisnis.com berkesempatan datang untuk meliput acara open house dengan tema “Getting New Customer & Build Business With Digital Marketing”, yang diselenggarakan oleh International Design School yang bertempat di Jl. Warung Jati Barat No. 98 Pejaten Barat, Jakarta Selatan pada tanggal 22 Agustus 2015. Di bulan Oktober IDS akan membuka kelas Certificate in Digital Marketing yang Anda bisa lihat detilnya di sini.

Di seminar digital marketing ini, akan dibahas tentang bagaimana caranya membangun bisnis anda melalui digital marketing dengan memaksimalkan channel-channel penjualan online yang tersedia sehingga anda mendapatkan customer baru. Dengan turut hadirnya Madeleine Ong De Guzman (VP Marketing of Elevenia), Victoria Maksimkina (Head of Search Marketing of Gopher Indonesia),  yang menjadi speaker dalam open house kali ini yang dilaksanakan dalam 2 sesi karena keterbatasannya ruangan.

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia dengan konsep open marketplace yaitu, Elevenia yang merupakan produk dari PT XL PLANET yang merupakan joint venture antara PT XL Axiata dengan SK Planet Co. Situs E-commerce yang diluncurkan pada 1 Maret 2014 ini, telah berhasil menambah seller hingga 23.000 seller dan live listing 2 juta produk hingga menggapai 1 juta pengguna dalam 1 tahun pertama. Hal ini terjadi tidak lain karena salah satu pemanfaatan digital marketing yang dilakukan oleh Elevenia dalam aktifitas marketingnya.

Dalam open house ini, menekankan bahwa dalam bisnis anda, digital marketing harus menjadi bagian promosi untuk dapat mengembangkan bisnis kedepannya. Di saat masyarakat sudah sangat memanfaatkan dengan baik kebutuhan akan internet hingga smartphone maka meningkatnya juga peluang dalam melaksanakan digital marketing. Tetapi di Indonesia masih kurang banyaknya orang-orang yang mengerti dan menggunakan digital marketing untuk kegiataan bisnisnya. Seperti yang dinyatakan oleh Vice President of Marketing Elevenia, yaitu Madeleine Ong De Guzman. “Pada saat ini Elevenia, sedang dalam tahap sulit untuk mendapatkan pekerja yang dapat menangani digital marketing. Jadi anda bisa bayangkan bahwa digital marketing menjadi suatu kebutuhan untuk saat ini”, pungkasnya. Sehingga sangat diharapkan bagi Madeleine, untuk para hadirin open house dapat mengerti dengan baik atas peran digital marketing pada sekarang ini.

Tentunya dalam bisnis anda, digital marketing akan sangat mempengaruhi perkembangan bisnis anda. Selain itu dalam melaksanakan digital marketing tentu anda harus memiliki suatu goal atau tujuan yang perlu anda capai. Menurut Madeleine, “Dalam dunia digital marketing, pertama anda harus mempunyai goal. Anda harus jelas dengan goal anda, goal harus dapat terukur, dan anda harus breakdown goal anda, setiap channel memiliki tujuan berbeda”. Dengan kata lain, ketika anda memulai menjual produk anda di website anda harus memeriksa pasar anda melalui proses bagaimana mereka melakukan search, display, social networking sites, hingga partnership, sehingga bagaimana target pasar anda dapat mengunjungi site anda hingga menjadi member dan melakukan pembelian. Jangan lupa bahwa anda juga harus memiliki goal, seperti berapa banyaknya visitor anda dan berapa banyak yang akan membeli dari site anda.

Dalam mencapai goal, anda juga perlu menargetkan customer anda dengan tepat, dimana Madeleine juga memberikan beberapa tips dari Elevenia untuk bisnis anda:

Tip 1 : Kenali target anda, apa yang mereka sukai

“Pada tahap ini anda harus mewawancara, menanyakan pertanyaan, dan anda harus terlibat dengan mereka. Anda tidak bisa hanya duduk dan diam saja” ujar Madeleine. Diharapkan anda memiliki target yang jelas dan tidak hanya menduga-duga.

Tip 2 : Lakukan A/B testing

“Tidak seperti traditional marketing di mana untuk menaikkan atau menurunkan billboard biayanya sangat mahal, di digital marketing anda bisa melakukan test, contohnya perempuan pada umur 18-25 tahun atau 26-30 tahun”. Dengan kata lain, anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu target anda, apakah target anda sesuai atau tidak dengan melakukan A/B testing.

Tip 3 : Selalu mempunyai alur operasional

Untuk orang-orang marketing tentu anda harus membuat suatu proses yang teroganisir, tidak dengan cara mencoba segala hal tanpa harus mengetahui mana yang akan berhasil atau tidak. Sehingga perencanaan anda dalam mengatur alur opreasional harus dilakukan dengan analisa yang baik.

Tip 4 : Selalu menjadi kreatif dan ketika anda melakukan campaign, buatlah ciri khas.

Dalam bisnis anda, anda perlu melakukan promosi yang dirangkai secara kreatif dan berbeda dengan lainnya, salah satunya dengan melakukan campaign yang perlu melibatkan konsumen. Tentu dalam melakukan campaign, anda juga memerlukan ciri khas sehingga brand anda dapat terlekat pada benak konsumen.

Tip 5 : Jalankan strategi dengan jadwal yang sudah ditentukan

Ketika anda akan menjalankan rencana strategi bisnis anda, anda harus menjadwalkannya dengan baik, jadwal anda tidak boleh berubah maka dari itu anda harus menganalisanya dengan tajam. Misalnya di Elevenia kami sudah punya jadwal dalam sehari, di pagi, siang dan sore hari kami akan melakukan apa. 

Tip 6 : Terus mencoba dan menerima kesalahan anda lalu coba lagi

“Dalam digital marketing, anda harus tetap mencoba dan menerima kesalahan anda. Saat anda menerima kesalahan anda atas ketidakberhasilan maka anda harus lebih baik lagi”, jelas Madeleine. Sebagai marketer yang melakukan banyak pengetesan di berbagai channel marketing, tentu Anda pasti akan melakukan kesalahan, terimalah itu.

Tip 7 : Anda tidak bisa menjadi terbaik dalam segala hal, perlu ada yang dikorbankan

Semua orang tentu ingin menjadi yang terbaik dan dapat melakukan segala hal. Tetapi dalam bisnis, anda perlu mengorbankan suatu hal untuk mendapatkan hal lain yang lebih baik.

Tip 8 : Dengarkan konsumen anda

“Ada anggapan bahwa konsumen selalu benar. Ya, memang konsumen selalu benar namun ada batas tertentu dalam hal tersebut. Kita harus memiliki sebuah ukuran agar dapat menyeimbangkan hal tersebut. Kita memang perlu mendengarkan konsumen kita, namun kita tidak dapat memuaskan seluruh konsumen kita,” ujar Madeleine. Setiap konsumen tentu ada yang merasa puas dan tidak puas atas produk anda, anda juga perlu melakukan evaluasi dari apa yang anda dengar dari konsumen anda sehingga kedepannya mereka akan puas.

Tip 9 : Lakukan review, test, review, test secara berulang

“Lakukan test, review, test, dan review secara berulang pada setiap saat dan selalu mencari alternative”.  Anda perlu ingat bahwa anda melakukan test untuk mecapai goal anda dan anda perlu melakukan review juga karena anda telah mengeluarkan banyak uang dalam melakukan test. 

Tip 10 : Rencana anda harus berjalan dinamis

“Dalam perusahaan digital dunia, rencana jangka pendek adalah harian, rencana jangka tengah adalah mingguan, dan rencana jangka panjang adalah bulanan” ungkap Madeleine. Setiap rencana yang anda buat harus dapat beradaptasi pada lingkungan yang terjadi.

Tip 11 : Evaluasi dan ukur kembali goal anda

Anda harus kembali melihat tujuan pertama, dan lihat apa yang gagal dan kenapa anda bisa gagal, apakah goal anda tidak terukur dengan baik. Lakukanlah evaluasi!

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.