2 Hal Paling Penting dari Ide Startup Anda | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

2 Hal Paling Penting dari Ide Startup Anda

Posted by & filed under Featured, Idea Generation.

make something people want shirt

Garry Tan, founder Posterous (sekarang partner Ycombinator)  memberikan satu-satunya pengukur yang Anda butuhkan saat memulai sebuah perusahaan teknologi. Btw, gambar baju di atas adalah baju yang diberikan kepada peserta Ycombinator saat mereka memulai kelas incubationnya.

Bagaimana mengukur ide Anda?

Buatlah sesuatu yang sangat diinginkan orang banyak

Jika Anda ingin membuat sebuah produk atau jasa, pertimbangkan dua hal sederhana ini:

1. Seberapa besar kebutuhan yang dipenuhi oleh produk atau jasa Anda.
2. Jumlah orang yang membutuhkannya.

Ide yang terbaik dan paling sering sukses adalah yang memenuhi kebutuhan besar untuk orang dalam jumlah banyak. Hal-hal tersebut paling menguntungkan di internet. Mereka bahkan seperti mampu menjual dirinya sendiri, dan menghasilkan pelanggan secara organik.

Mereka juga bersifat viral karena setiap orang yang berhubungan akan memberitakannya pada semua yang dikenal tentang hal baru yang akan mempermudah hidup mereka.

Biaya yang diperlukan untuk mendapatkan user baru / customer baru cenderung sangat rendah. Kebanyakan ‘mesin uang’ dalam teknologi konsumen memenuhi skenario ini. Para investor selalu mencari ide seperti ini untuk didanai oleh mereka.

Ide terbaik dalam urutan selanjutnya adalah yang memenuhi kebutuhan besar yang diperlukan oleh jumlah orang yang lebih sedikit.

Ide dengan tipe ini bisa sangat menguntungkan sebagai sebuah bisnis perusahaan. Karena jumlah orang yang membutuhkan hal ini, Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk menemukan orang-orang yang membutuhkannya.

Artinya Anda membutuhkan sebuah pasukan sales, dengan harga yang cukup mahal untuk menyeimbangkan dengan tenaga sales tersebut. Pendiri Fog Creek, Joel Spolsky, menjelaskan kenapa enterprise software dijual dengan cara ini dalam essaynya Camels and Rubber Duckies.

Dia menjelaskan: “Tidak ada software yang dihargai antara $1,000 sampai $75,000. Saya akan beritahu alasannya. Saat Anda sudah meminta biaya lebih dari $1,000, Anda membutuhkan persetujuan serius dari perusahaan. Anda harus berada dalam daftar budget mereka. Anda harus mendapat persetujuan dari manager pembelian dan CEO, serta tambahan paperwork serta penawaran yang kompetitif. Jadi Anda harus mengirim seorang sales kepada pelanggan untuk memberi presentasi, dengan tarif perjalanan, membership di golf, dan lain lain. Anda akan membutuhkan biaya rata-rata sebesar $50,000 untuk menyukseskan sebuah penjualan. Jika Anda mengirimkan sales pada pelanggan dan meminta biaya dibawah $75,000 maka Anda akan rugi. ”

Dengan begitu, biaya yang Anda ajukan akan cukup besar. Tergantung dari seberapa mahalnya, beberapa investor profesional akan menghindar dari prospek seperti ini.

Ide hebat dalam tingkatan selanjutnya adalah jasa yang memenuhi kebutuhan kecil tapi diperlukan oleh banyak orang. Ide ini juga menguntungkan, dan berkemungkinan besar menghasilkan uang besar. Tapi, karena tidak terlalu penting untuk pelanggan, akan lebih sulit untuk membuatnya bisa menghasilkan uang.

Untuk kebanyakan founder, hal ini masih menjadi sesuatu yang cukup fenomenal, dan merupakan salah satu jalan untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru untuk mendorong perusahaan menuju skenario-skenario terbaik seperti di atas. Untuk para investor, kecuali ada alasan yang jelas kebutuhan kecil itu bisa menjadi kebutuhan yang besar, tipe ide ini merupakan pilihan yang sulit.

Ide terbaik selanjutnya adalah jasa yang memenuhi kebutuhan kecil untuk jumlah orang yang sedikit. Bukannya ingin berkata buruk, tapi tidak ada cukup kayu bakar untuk menyalakan tipe ‘api’ ini.

Seringkali founder yang menangkal ide semacam ini kemungkinan tidak mempercayai kemampuan sendiri untuk melakukan sesuatu yang besar, sehingga mereka mencari sesuatu yang lebih bisa ‘dikontrol’.

Ide-ide seperti ini seringkali memiliki banyak kompetitor, karena kebanyakan orang juga ingin mencoba hal tersebut. Sudah umum bahwa kebanyakan pitch yang didengarkan oleh investor jatuh dalam kategori ini. Meeting-meeting tersebut akan disimpulkan dengan satu kata: “tidak” (Sebenarnya, yang investor yang baik akan langsung mengatakan tidak, tapi kebanyakan akan memberi alasan “perlu lebih banyak daya tarik” atau alasan lain yang terdengar masuk akal jika ternyata suatu saat si investor menyadari bahwa mereka salah menilai ide tersebut.)

Ide terburuk adalah yang tidak menyelesaikan masalah apapun, atau bahkan membuat lebih banyak masalah daripada yang diselesaikan. Orang-orang tidak membutuhkan atau menginginkannya.

Banyak orang yang berakhir di jalur ini saat terlalu banyak berfokus pada kapabilitas (cth: Bukankah akan baik jika…?), atau pada apa yang mereka inginkan (cth: terkenal, sukses, kaya), dibandingkan apa yang memang dibutuhkan atau diinginkan orang lain. Hal ini bisa diperbaiki, Anda hanya perlu memikirkan masalah yang dimiliki orang lain dibandingkan teknik atau hasil yang keren!

Ingatlah bahwa ide terbaik Anda tidak berarti apa-apa kecuali dibuat dalam bentuk nyata.

Jika Ada memiliki nilai kecil, nol, atau negatif dalam sisi ide, perbaikannya sederhana. Ubahlah masalah yang Anda coba selesaikan. Temukan sesuatu yang berbeda, yang lebih dibutuhkan oleh banyak orang.

Terlalu banyak founder memulai perjalanannya tanpa terlebih dahulu memahami hal ini. Sekarang Anda sudah mengerti, majulah!

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.