Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

25 Tips Cara Menggunakan Twitter Untuk usaha kecil

Posted by & filed under Social Media, Twitter.

 

Banyak pemilik toko online / e-commerce menggunakan media sosial seperti Twitter untuk berhubungan dengan pelanggan, membangun hubungan personal, melakukan penjualan, membangun personal brand dan untuk mencapai suatu tujuan bisnis.

Merchant / toko online bisa belajar apa yang pelanggan katakan tentang merek dan produk mereka, memberikan layanan pelanggan dengan proaktif, dan menciptakan campaign promosi yang mendorong penjualan.

Keberhasilan penggunaan Twitter mengharuskan Anda untuk mengerti bagaimana memanfaatkan platform ini untuk membuat respon yang diinginkan. Berikut  ini 25 tips cara menggunakan Twitter untuk bisnis kecil.

1. Pilih Nama yang Tepat

Username Anda (@ username) adalah URL Twitter Anda. Jika akun Anda akan terkait dengan perusahaan Anda, coba gunakan nama bisnis Anda atau variasinya. Twitter memungkinkan maksimum 15 karakter untuk username. Salah satu tips adalah menggunakan nama yang brandable (sesuai dengan brand Anda) atau menggunakan nama yang mudah diingat (misalnya : TipsFashion).

2. Buat Profil yang Relevan dengan Merek

Profil Anda terdiri dari bio, avatar, dan background. Ini semua harus mendeskripsikan merek Anda dalam sekejap, pilih elemen-elemen visual yang paling mewakili.

Tulis jelas, bio – deskripsi perusahaan Anda dalam 160 karakter atau kurang – yang menggambarkan merek Anda, produk, dan jasa, termasuk link yang bisa di-track ke situs Web atau landing page tertentu. Logo bisnis Anda dapat berfungsi sebagai avatar. Pilih warna dan gambar yang konsisten dengan situs web Anda dan branding.

Berikut adalah dua profil yang sesuai dengan pedoman ini: Etsy.com (online marketplace di US) dan Bass Pro Shops (retailer peralatan outdoor).

etsy_twitter_lightbox

 

bass_twitter_lightbox

 

3. Menjadi Pendengar yang baik

Listen first and tweet later adalah motto yang baik untuk menggunakan Twitter dalam konteks e-commerce. Gunakan Twitter advanced search atau tools seperti HootSuite dan Sprout social untuk mencari tweet yang mencakup nama perusahaan, produk atau layanan yang ditawarkan, serta tweet tentang pesaing Anda dalam kategori bisnis Anda. Kemudian, responlah dengan  tepat. Ikuti dan amati mercant lain dalam industri Anda untuk melihat apa yang mereka lakukan. Kontributor kami, Stephanie Wiriahardja berbagi tentang bagaimana cara ia melakukan “listening” sebelum datang ke event di artikel : #Vanstartup experience part 1 : Preparation to  networking.

4. Gunakan Style Anda

Jangan terlalu formal dalam posting Anda dan Tweet Anda haruslah mencerminkan kepribadian bisnis Anda. Penggunaan humor adalah praktek umum, menyuntikkan anekdot lucu dari waktu ke waktu juga bagus jika audiens Anda cocok.

Meskipun tone suara Anda tidak harus berubah, tone yang Anda gunakan haruslah dapat beradaptasi dengan situasi tertentu. Misalnya, jika seseorang mengeluh tentang layanan pelanggan Anda, tone Anda harus lebih meyakinkan dan hormat. Jika seseorang memuji produk yang Anda tawarkan balas dengan semangat dan rasa terima kasih.

5. Berinteraksi dan Menjawab

Anda harus membalas tweet tentang bisnis Anda, apakah itu tentang hal positif atau negatif. Anda harus membalas pesan positif tweet, berterima kasih kepada mereka yang memuji Anda dan tetap menjaga manner jika ada yang men tweet hal negatif tentang perusahaan Anda.

6. Cari Influencer

Gunakan tools pengukuran seperti Klout untuk mencari follower Anda yang sering terlibat, dan berikanlah apresiasi untuknya.

7. Gunakan Twitter dengan strategi

Meskipun banyak interaksi Anda yang mungkin terjadi dalam waktu dekat secara real-time – tanggapilah pertanyaan pelanggan, misalnya, karena ini merupakan salah satu cara menggunakan Twitter dengan strategi.

Buat kalender konten dan jadwal beberapa tweet yang konsisten selama beberapa hari atau minggu. Sisihkan hari-hari tertentu untuk tweet tertentu . Misalnya, Senin bisa untuk promosi, Selasa untuk foto di belakang layar, Rabu how-to tips, Kamis bisa fokus pada trending topics, dan Jumat untuk menyoroti orang-orang di perusahaan Anda.

8. Pikirkan Tentang Apa yang Pelanggan Anda Ingin Lihat

Orang-orang menghargai informasi yang memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan mereka. Mereka juga menanggapi tweet yang menginspirasi dan menghibur, sehingga cakupkanlah kedua jenis konten tersebut pada rencana Anda. Buatlah tweet Anda dengan tujuan untuk menjaga kepentingan bisnis Anda dan kebutuhan follower Anda.

9. Berbagi Media Buzz

Jika bisnis Anda akan diulas di media, share link itu di Twitter.

10. Buatlah Konten Unik

Share konten di Twitter yang follower Anda tidak akan menemukannya tempat lain. Hal ini dapat mencakup penawaran eksklusif, foto di belakang layar, profil karyawan, atau rilis produk baru.

11. Gunakan Hashtags

Hashtag adalah cara untuk mengatur Tweet Anda di sekitar kata kunci atau topik tertentu.

12. Bagikan Deals

Menurut Compete.com, 94 persen dari orang yang yang memfollow brand di twitter memiliki alasan utama untuk mengetahui diskon dan promo. Berikan follower Anda diskon dan penawaran yang tidak bisa mereka dapatkan di tempat lain.

13. Masukkan Berbagai Jenis Media

Twitter menyatakan bahwa posting dengan link, gambar, dan video mendapatkan retweeted lebih dari akun twitter yang hanya berisi teks, dan tweets dengan foto mendapatkan dua kali respon dari mereka yang tidak mengandung foto.

Mengenai penggunaan video, Twitter baru-baru ini mengakuisisi Vine, sebuah aplikasi iOS yang memungkinkan Anda shoot video dengan durasi 6 detik. Beberapa retailer mulai bereksperimen dengan itu, Anda mungkin bisa juga menggunakannya untuk bisnis Anda.

14. Tweet dengan frekuensi yang sering

Tidak ada angka ajaib berapa banyak tweet yang harus Anda tweet . Sekali per hari adalah jumlah yang baik ketika Anda belajar untuk memulai, dan kemudian Anda dapat menguji frekuensi postingan yang berbeda untuk melihat apa yang terbaik untuk bisnis Anda dalam hal respon.

15. Retweet dan berikan mention

Passing tweet orang lain ke follower Anda adalah cara yang baik untuk membangun sosial capital dan meningkatkan kredibilitas. Hal ini sering dapat membuat orang lain ingin retweet konten Anda. Cobalah juga untuk me-mention orang lain dalam tweet Anda dengan memasukkan username @ mereka. Tweet positif yang relevan, dan materi yang bersifat pribadi dapat membangun goodwill.

16. Gunakan Direct Messages

Sebuah pesan langsung – DM – adalah cara pengguna Twitter untuk dapat berkomunikasi secara pribadi dengan yang lain. Anda mungkin ingin menggunakan Direct Message dalam kasus-kasus di mana pertanyaan atau masalah follower Anda terlalu spesifik. Mintalah follower Anda untuk mengirimkan pesan langsung dengan informasi kontak agar Anda dapat merespon melalui email atau telepon. Perhatikan juga bahwa Anda dapat mengirim dan menerima DM hanya dari follower Anda, dan sebaliknya.

17. Favorit Tweet Positif

Gunakan pilihan ”Favorite tweet” untuk menyoroti tweet dari pengguna yang memuji merek atau produk Anda.

18. Mengintegrasikan Twitter ke Situs Web Anda

Integrasikanlah akun Twitter Anda ke situs web e-commerce atau blog. Twitter menawarkan empat cara untuk melakukan ini :

19. Gunakan yang Tweet Pendek

Meskipun Twitter memiliki batasan 140 karakter, penelitian menunjukkan pada tahun 2012 bahwa tweet pendek kurang dari 100 karakter mendapatkan tingkat engagement 17 persen lebih tinggi. Kemudian cobalah untuk memberikan beberapa karakter – 20 karakter misalnya  - bagi orang lain yang ingin me-retweet posting Anda dan menambahkan konten.

20. Ikuti Minat Anda

Followlah banyak akun untuk menemukan konten yang relevan dan menginspirasi Anda untuk ide-ide tweets berikutnya.

21. Fokus pada Passion orang banyak

Twitter menyediakan fitur untuk Anda yang ingin berkomunikasi dengan orang lain yang memiliki minat yang sama. Daripada berfokus hanya pada produk dan jasa Anda, cobalah untuk membuat konten yang pas untuk passion audience Anda.

22. Gunakan Iklan Twitter

Twitter memiliki dua pilihan iklan yang cocok untuk anggaran usaha kecil :  Promoted Accounts and Promoted Tweets. Fitur ini bisa digunakan untuk menempatkan posting Anda di tempat yang bisa dilihat oleh lebih banyak orang. Di Indonesia fitur ini nampaknya belum dilaunch secara massive, ikutilah perkembangan berita tentang launch fitur ini.

23. Ajukan Pertanyaan

Tanyakan kepada pelanggan Anda jika mereka mengikuti Anda di Twitter dan apa yang mereka pikirkan tentang tweets Anda. Cari tahu apakah ada sesuatu yang dapat Anda lakukan secara berbeda untuk meningkatkan pengalaman mereka atau membuat value yang lebih.

24. Tentukan Metrik

Sangat penting untuk mengukur keterlibatan Twitter Anda dalam hal efektifitas pada tujuan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa metrik untuk dipertimbangkan:

  • Pertumbuhan Follower. Berapa banyak Follower baru Anda setiap hari, minggu atau bulan;
  • Keterlibatan Follower. Berapa banyak Follower berinteraksi dengan tweet Anda;
  • Jangkauan. Berapa banyak pengguna yang favorit atau me retweet posting Anda;
  • Traffic. Berapa banyak orang mengunjungi situs Anda dari Twitter;
  • Konversi. Berapa banyak pengguna mendaftar untuk layanan Anda atau membeli produk Anda.

25. Siap-siap untuk hal-hal yang terjadi secara Real-time

Twitter selalu ON 24 jam 7 hari seminggu sehingga memungkinkan Anda untuk berpartisipasi dalam setiap percakapan yang terjadi. Sosial media memiliki banyak kejutan, banyak peluang penjualan mungkin bisa timbul. Cobalah untuk tetap bersiap ketika hal itu datang.

Kesimpulan

Dengan menggunakan 25 tips diatas, Anda bisa meningkatkan kualitas keterlibatan Twitter Anda dengan cara yang mendukung tujuan pemasaran bisnis Anda dan tujuannya. Untuk informasi lebih lanjut, Twitter menawarkan dua sumber daya untuk usaha kecil yaitu :  @twittersmallbiz. untuk small business team dan  Twitter for smaller businesses. Situs informasi untuk pengguna small business.

 

Baca Juga  :  30 Tips Tweet untuk Brand Anda