Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

3 Alasan Mengapa Kita Kehilangan Pelanggan Potensial pada Bisnis Online

Posted by & filed under Running a Business.

Pernahkah kita berpikir mengapa terdapat begitu banyak bisnis online yang begitu sukses dan terus meningkat jumlah pengunjung dan ada sebagian yang malah sebaliknya?

Pertanyaan itu menjadi menarik ketika kita bisa mengetahui alasan mengapa terdapat bisnis online yang sukses dan bisnis online yang gagal?

Ketika kunci kesuksesan dapat diukur berdasarkan seberapa baik blogger dan technopreneur mencapai target pembaca mereka, begitu juga pada dunia online bagaimana mereka dapat mengatur dan mengembangkan keberadaan mereka di dunia online kadang menjadi dasar bagi kesuksesan bisnis mereka.

Faktanya sekarang orang cenderung lebih menyukai sesuatu yang mudah sebagai contoh dalam hal berbelanja. Mereka ingin membeli dengan orang yang sudah pakar di bidangnya dan mereka kenali serta dengan cara yang mudah.

 

1. Masalah : Terlalu banyak keahlian

Mempunyai banyak keahlian dan talenta memang menjadi keuntungan bagi setiap orang. Pada generasi X dan generasi Y menjadi sebuah keuntungan apabila mempunyai keahlian di beberapa bidang industri. Semakin banyak keahlian maka semakin banyak kesempatan yang dapat diambil.

Tetapi bagaimanapun, saya menemukan fakta bahwa keahlian yang banyak bisa menjadi bumerang bagi kesuksesan dalam bisnis jika anda membuat kesalahan dengan membuatnya menjadi satu bagian di dalam situs anda, khususnya apabila perbedaannya sudah terlalu jauh. Keahlian anda tidak akan menjadi keuntungan apabila kita hanya mempunyai banyak keahlian yang rata – rata.

Solusi : Fokus hanya pada satu kemampuan

Mempertimbangkan jika semua kemampuan dan keahlian digabungkan dalam satu tempat. Sebagai contoh jika anda adalah blogger yang membicarakan mengenai taman, pengunjung akan bingung apabila Anda menceritakan segala macam kegiatan anda mulai dari event organizer pernikahan hingga menjadi investor

Akan lebih baik apabila dengan satu kemampuan anda dapat memberikan identitas yang jelas kepada orang dibandingkan dengan menggabungkan beberapa kemampuan anda.

Apabila anda memiliki 2 keahlian maka bedakan keahlian anda menjadi 2 situs misalnya situs taman dan situs investor.

Selain itu, saya menyarankan anda untuk fokus pada pengalaman yang relevan pada setiap area sesuai dengan websitenya seperti membicarakan mengenai pengalaman berkebun pada situs berkebun, dan pengalaman investasi pada situs investor.

Saya tidak menyarankan anda untuk menyembunyikan kemampuan dan pengalaman anda pada bidang lain, tetapi jangan terlalu fokus terlalu banyak dan menyatukan semuanya karena setiap bidang mempunyai segmen pembaca yang berbeda.

 

2. Masalah : Menawarkan banyak produk / jasa pada 1 website

Orang sering melakukan kesalahan yang paling mendasar yaitu berusaha membuat semuanya menjadi satu. Berapa kali kita mengunjungi sebuah website yang menawarkan produk bisnis online dan mainan anak?

Pada contoh ini, sulit untuk mendapatkan gambaran yang jelas dari bisnis tersebut, keahliannya dan apa yang benar – benar menjadi spesialisasinya, dan biasanya kita akan memilih untuk tidak memilih produknya dibandingkan kita berusaha mengenali berbagai produk yang ditawarkan.

Solusi : Batasi produk dan jasa anda

Tidak ada masalah apabila produk dan jasa anda berhubungan, tetapi jika tidak, cara terbaik adalah anda membuat website baru untuk menawarkan produk yang berbeda.

Cukup sulit untuk membagi fokus pada beberapa bisnis jadi pilihlah bisnis yang akan mendatangkan arus pendapatan yang lebih menguntungkan. Meskipun bisnis bisa dijalankan sendiri tanpa campur tangan anda tetapi sebuah bisnis tetap membutuhkan arahan yang jelas.

 

3.  Masalah : Gagal Mengenalkan Bisnis dan Brand anda

Anda pasti pernah mendengar istilah “People want to do business with people

Teknologi telah membuat banyak hal yang sebelumnya tidak mungkin menjadi sebuah kenyataan, sekarang kita bisa dihubungkan dan berbisnis antar negara kapanpun dan dimanapun dengan hanya meng-klik sebuah tombol. Teknologi telah menghilangkan sentuhan personal antara penjual dan pembeli.

Pada generasi nenek moyang kita, bisnis dilaksanakan secara local, dengan hubungan yang begitu kuat di dalamnya. Sekarang elemen tersebut secara perlahan – lahan mulai dihilangkan, kita mulai berbisnis dengan orang yang tidak kita kenal dan percaya. Namun seiring dengan waktu insting yang mementingkan hubungan yang erat dalam berbisnis tidak akan pernah hilang.

Karena hal tersebut, muncul ilmu pemasaran yang mengutamakan hubungan antar penjual dan pembeli. Kita didorong untuk memberikan pelayanan lebih dan menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan seperti dengan mengirimkan newsletter, email dan memberikan konten langsung kepada mereka.

Dengan pemikiran seperti ini, sangat menarik mengingat masih banyak orang yang melakukan bisnis online dan blogger yang menutupi identitas dia sebenarnya.

Solusi : Perkenalkan diri anda

Itu merupakan cara yang terbaik dan paling baik untuk dilakukan

Jika kamu ingin membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan anda berdasarkan pada customer oriented maka sudah saatnya kita tidak malu untuk melakukannya.

Menerima newsletter dari grup bisnis tidak memberikan efek apa – apa. Tetapi menerima email dari Jane seorang pengelola komunitas bisnis sangat memberikan sentuhan pribadi.

Tiba – tiba, saya mengetahui identitas para pembeli. Seperti contoh diatas, Dia adalah wanita, seperti saya.

Dia mungkin akan membagikan pengalamannya berlibur di pantai, pergi ke gym, mengenai es krim dan pengalamannya dalam menghubungkan orang seluruh dunia. Pemikiran seperti inilah sebuah hubungan yang erat dibangun.

Dengan begitu, bagikan foto dan hobi Anda. Berikan pelanggan anda kesempatan untuk mengenal dan menjalin hubungan yang lebih erat. Mereka akan merasa nyaman untuk berbisnis dengan anda.

Dengan mengikuti beberapa kunci sukses cara untuk membangun presence di dunia online akan membantu Anda untuk membuat sebuah bisnis online yang jauh lebih terpercaya.