5 Alasan untuk Memulai Bisnis di Universitas | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

5 Alasan untuk Memulai Bisnis di Universitas

Posted by & filed under Featured, Startup.

Orang bilang memulai bisnis saat masih kuliah adalah hal yang bagus, karena seorang mahasiswa tidak memiliki banyak tanggungan, sehingga risiko kegagalan bisnis menjadi tidak besar. Mari kita kaji lebih dalam lagi mengapa Anda disarankan memulai bisnis di universitas.

Memulai Bisnis di Universitas

Berikut adalah 5 alasan mengapa sangat disarankan untuk memulai bisnis sejak di bangku kuliah.

1. Secara signifikan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan

Ada 4,8 juta mahasiswa universitas di Indonesia, dan kebanyakan dari mereka sulit menemukan pekerjaan yang sesuai selama kondisi perekonomian yang sedang bergejolak. Jikalau Anda mampu mengatakan bahwa Anda telah berhasil mengembangkan suatu bisnis selama masih belajar di universitas, hal tersebut sesungguhnya telah membuat Anda lebih menonjol ketimbang yang lain. Hal tersebut juga menunjukkan adanya motivasi, kemandirian, dan keinginan untuk sukses. Menunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan berbisnis yang biasanya dicari dari seorang karyawan. Hadapilah bahwa kenyataannya kebanyakan lulusan universitas hanya memiliki sedikit sekali relevansi antara yang dipelajarinya selama di universitas dengan dunia kerja. Tunjukkanlah bahwa Anda memahami bisnis bersamaan dengan hal-hal yang bisa dipelajari di bangku kuliah, dan Anda memiliki inisiatif, maka perusahaan-perusahaan di luar sana akan berusaha mengajak Anda untuk bergabung dengan tim mereka. Dan CV Anda akan terlihat seratus kali lebih mengagumkan jika tertulis “CEO dan founder dari suatu perusahaan” daripada hanya menjadi anggota klub tertentu.

2. Tidak ada waktu yang lebih tepat untuk gagal

Anda perlu mengambil resiko finansial untuk berhasil dalam bisnis. Namun hal yang paling natural dari adanya resiko adalah terkadang Anda gagal. Saat ini, Anda kemungkinan besar tidak memiliki hutang atau keluarga untuk dikhawatirkan, dan Anda memiliki seluruh hidup Anda ke depan untuk dibangun dari kesalahan dan kembali mencoba. Malahan faktor kegagalan ini bertambah seiring Anda bertambah tua, jadi apa yang Anda tunggu?

3. Akses terbaik untuk sumber daya

Berada di universitas berarti Anda memiliki ribuan mahasiswa untuk mengetes ide Anda, melakukan riset pasar, terkadang universitas juga menyediakan dana finansial untuk membantu bisnis Anda, akses gratis untuk buku-buku mahal dan laporan riset pasar di perpustakaan, dan keuntungan yang dapat diperoleh dari himpunan-himpunan entrepreneur. Kesemuanya ini hal yang tak ternilai. Dan universitas adalah tempat yang fantastis untuk membangun jaringan (networking) pertemanan. Anda dapat mendatangi teman Anda yang orang tuanya adalah entrepreneur atau professor yang memahami satu atau dua hal tentang menjalankan bisnis. Anda pastilah ‘sinting’ apabila melewatkan atau tidak sedikitpun mencoba untuk mengambil keuntungan dari kesemuanya itu.

4. Menjadi seorang milioner sebelum mencapai umur 30 atau sedikitnya memperoleh uang jajan lebih banyak

Kesempatan bagi Anda untuk menjadi miliader pada akhir periode bisnis mungkin tidak begitu besar. Namun bagaimanakah tambahan pemasukan dapat membantu Anda saat ini? Pikirkan hal tersebut. Dan menjalankan bisnis Anda sendiri, Anda dapat memperoleh penghasilan dengan cara yang Anda senangi, daripada melakukan pekerjaan sementara (part-time job) yang tidak Anda sukai.

5. Pengalaman dan kesenangan

Pelajaran yang Anda pelajari, pengalaman yang Anda dapatkan, dan kesenangan yang Anda peroleh sejak awal akan menjadi alasan keseluruhan yang tak ternilai harganya. Menjalankan bisnis Anda sendiri adalah suatu penghargaan besar dan dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Anda akan memperoleh penghasilan dan pengalaman dari melakukan hal yang sesungguhnya Anda senangi! Di samping itu, menjalankan bisnis sendiri juga dapat membantu Anda mempersempit pilihan karir yang Anda inginkan, yang seringkali sulit untuk diputuskan. Sebagai tambahan, Anda akan bertemu orang-orang yang menyenangkan selama perjalanan, yang mungkin akan menjadi kontak bisnis yang bermanfaat di masa depan.

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games