6 Cara Singkat Menjadi Lebih Dekat dengan Pembaca Blog Anda | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

6 Cara Singkat Menjadi Lebih Dekat dengan Pembaca Blog Anda

Posted by & filed under Content Marketing.

Print

Saya sudah membagikan 2 formulasi untuk membuat blog bisnis Anda semakin menarik untuk dikunjungi target market pada artikel sebelumnya, yakni 6 Cara Meningkatkan Daya Tarik Blog Bisnis Anda dan artikel 6 Hal yang Menyebabkan Blog Bisnis Minim Komentar. Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan formulasi terakhir agar Anda bisa mendapatkan banyak pembaca setia pada blog bisnis Anda, yakni menjadi lebih dekat dengan pembaca blog bisnis Anda.

Setelah Anda menyediakan artikel yang menarik dan juga bermanfaat bagi target market Anda, Anda harus meng-upgrade mereka agar semakin sering mengunjungi blog binsis Anda dan menjadi pembaca setia dari blog bisnis yang Anda miliki. Namun, bagaimana caranya agar mereka selalu mengingat Anda dan terus mengunjungi blog bisnis Anda secara konsisten? Berikut adalah 6 cara singkatnya:

1. Jadilah murah hati

Rangkul pembaca kita dengan bersikap baik. Isi blog dengan informasi bermanfaat untuk mereka, lalu buka diri untuk memberikan konsultasi. Respon pembaca yang butuh bantuan dan lakukan itu semua dengan gratis. Memang pasti ada orang yang akan memanfaatkan kemurahan hati kita, tapi kebaikan hati dan empati akan membuat kita menganggapnya bukan apa-apa.

Sebagai contoh, Anda bisa melihat bagaimana saya mengembangkan blog Sribu dengan membagikan artikel berkualitas yang bercerita mengenai bagaimana saya dapat mengembangkan Sribu hingga saya memiliki produk kedua, yakni Sribulancer.

 

2. Terbukalah

Langkah pertama untuk membuka diri kepada pembaca adalah melalui halaman “about me” (Tentang Saya). Jelaskan bisnis yang Anda jalankan dalam bentuk cerita yang menarik sehingga pembaca terkesan, merasa percaya, lalu akhirnya juga terbuka pada kita. Jangan lupa untuk melengkapi profil penulis yang menulis di blog bisnis Anda. Jika Anda menggunakan nama pribadi, Anda bisa menjelaskan siapa Anda pada profil Anda sehingga pembaca yakin bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk menulis tentang topik tersebut.

Keterbukaan juga bisa Anda tunjukkan dengan membagikan berbagai pengalaman pribadi Anda seputar topik yang seringkali diangkat pada blog bisnis Anda. Saya sendiri tidak segan untuk membagikan pengalaman saya saat jatuh bangun merintis Sribu.com melalui artikel 3 Masa Krisis yang Hampir Menghancurkan Sribu dan juga membagikan beberapa hal yang saya pelajari dari kejadian tersebut.

 

3. Mudahkan akses interaksi

Tidak semua pembaca nyaman untuk berkomentar atau berdiskusi di ruang publik (kolom komentar blog). Nah, supaya kita bisa menjaring siapapun untuk berkomentar dan terbuka pada kita, maka selalu respon komentar yang masuk dengan baik. Tunjukan kita tidak menghakimi pembaca dan mereka bisa bertanya apa saja. Jangan ragu untuk mencantumkan email pribadi agar mereka lebih leluasa dan nyaman saat menghubungi kita. Melalui email, Anda juga dapat melakukan persuasi secara lebih personal.

 

4. Luangkan waktu khusus

stopwatch_timer_sport_start_stop_time_countdown_counting_fast_watch_competition_clock_equipment_finish_speed_chronometer_measurement_flat_design_icon-512

Siapkan waktu minimal setengah jam per harinya untuk menyimak komentar dan surat masuk dari pembaca. Anda harus melakukan ini karena kita butuh waktu khusus untuk memahami dengan betul apa yang mereka sampaikan kepada Anda. Memberikan perhatian tersebut membuktikan bahwa Anda benar-benar peduli dan mementingkan peran pembaca dalam blog bisnis Anda.

 

5. Pegang kata-kata

Jika pernah mengatakan akan menulis artikel blog setiap hari Senin, maka lakukanlah. Jika berjanji akan membahas sesuatu pada postingan berikutnya, maka bahaslah. Ketika pun ternyata tidak bisa memenuhi janji tepat waktu, beri kabar kepada para pengunjung blog bisnis beserta dengan alasan dan kompensasinya. Jika Anda bingung perihal kompensasi yang harus Anda berikan karena tidak dapat memenuhi janji, Anda bisa memberikan tips tambahan atau pun artikel baru berisikan tips praktis yang berguna bagi para pembaca meski di luar kalender editorial yang sudah Anda susun sebelumnya.

 

6. Pendekatan offline

Two Businessmen Shaking Hands Flat Circle Icon

Pendekatan dengan pembaca juga harus dibina menyeluruh, termasuk di dunia offline. Kita bisa mendatangi event dan konvensi yang berhubungan dengan dunia pembaca. Jika Anda memiliki budget lebih, Anda juga bisa melakukan gathering agar Anda dapat berinteraksi langsung dengan para pembaca setia blog Anda dan mengerti apa saja permasalahan yang selama ini mereka hadapi. Hal tersebut akan mendekatkan lebih personal sekaligus bertemu dengan calon pembaca potensial selanjutnya.

 

Blog yang bagus tak hanya sekadar ramai dikunjungi, tetapi juga benar-benar dibaca dan dekat dengan pembacanya. Sebagai business owner yang berniat mengembangkan blog bisnisnya secara serius, Anda bisa melakukan ketiga formulasi yang ada pada artikel ini, artikel  6 Cara Meningkatkan Daya Tarik Blog Bisnis Anda dan artikel 6 Hal yang Menyebabkan Blog Bisnis Minim Komentar yang sudah saya susun sejak beberapa hari sebelumnya. Dengan menjalankan dan memperhatikan hal-hal yang disampaikan melalui artikel-artikel tersebut, niscaya blog bisnis Anda akan mendapatkan pembaca setia dan memiliki engagement yang tinggi.

Pastikan blog bisnis Anda dibuat dengan desain yang baik, artikel yang menarik dan juga dikelola oleh admin yang interaktif sehingga blog bisnis Anda bisa meningkatkan angka penjualan Anda. Semoga formulasi yang saya bagikan mampu membuat blog bisnis Anda berhasil dan disukai target market Anda. Good luck!

 

P.S. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke berbagai akun social media Anda jika Anda rasa artikel ini bermanfaat untuk bisnis Anda.

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games