Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

7 Cara untuk menarik pelanggan baru

Posted by & filed under Running a Business.

Jika Anda sedang menjalani sebuah bisnis, pastinya Anda akan selalu mencari cara untuk mendapatkan pelanggan baru. Jika Anda tidak memiliki perencanaan marketing yang baru, berikut ini adalah beberapa ide yang bisa Anda gunakan untuk membuat strategi marketing baru untuk menjaga bisnis Anda tetap berjalan.

Mulai gunakan satu situs social media yang baru.
Jika Anda sudah menghabiskan waktu Anda dengan Facebook, mungkin sudah saatnya untuk mulai menggunakan Twitter, Pinterest, Google+, atau LinkedIn. Pilihan Anda tergantung pada siapa yang Anda targetkan. Temukan di media mana target pasar Anda paling lama menghabiskan waktu, lalu ikutilah pembicaraan yang ada didalamnya. Berbagilah dan ingatlah bahwa konten adalah mata uang Anda. Mulailah dengan mencari hubungan, bukan langsung ke penjualan.

Lakukan lebih banyak networking di dunia nyata.
Mungkin terdengar mengherankan, tapi membangun hubungan dengan cara lama masih bekerja dengan baik. Kenapa? Karena orang-orang cenderung lebih suka berbisnis dengan orang yang mereka kenal. Tujuan Anda dalam setiap event networking adalah mendapatkan 5 relasi berkualitas. Jangan menjadi orang-orang yang hanya lewat dan membagi-bagikan kartu nama pada semua yang mereka temui.

Datanglah tepat waktu pada acara networking tersebut, dan rencanakan siapa saja yang ingin Anda temui. Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa setiap orang berharga bagi Anda. Jika sudah membangun sebuah hubungan, kemungkinan besar Anda bisa mengubah mereka menjadi pelanggan atau referral. Anda tidak pernah tahu apakah salah seorang kenalan mereka atau saudaranya juga menjalankan bisnis.

Pertimbangkanlah untuk menggunakan situs ‘daily deals’
Menggunakan Groupon , livingsocial ataupun evoucher.co.id adalah cara yang baik untuk mendapatkan trafik bagi bisnis kecil. Pikirkan sebuah tawaran yang bernilai cukup besar tapi tidak terlalu mahal untuk kantong Anda. Potongan biaya yang akan Anda bayarkan kepada situs ‘daily deals’ tersebut bisa dianggap sebagai biaya marketing bulanan Anda.

Gunakan kekuatan marketing yang belum Anda gunakan
Kirimkan email massal kepada semua orang yang ada di database pelanggan Anda dan mintalah mereka untuk merekomendasikan Anda. Anda bisa menghubungi mereka setidaknya dua minggu setelah transaksi. Gunakan kesempatan ini untuk memeriksa apakah mereka senang dengan transaksi yang mereka lakukan dan ajak mereka untuk merekomendasikan Anda di LinkedIn atau Yelp, tergantung pada jenis bisnis Anda. Pastikan untuk menyertakan tautan(link), karena mereka tidak akan memiliki waktu untuk mencari dahulu.

Buatlah penawaran download gratis di situs Anda.
Buatlah sebuah sampel produk, atau versi evaluasi gratis sehingga Anda bisa membangun database email marketing Anda. Social media memang bagus, tapi email memiliki kemungkinan lebih banyak menciptakan pelanggan dibandingkan media lain. Hal ini juga bisa digunakan untuk mendemonstrasikan keahlian Anda pada pelanggan dan calon pelanggan baru.

Berikan seminar gratis.
Kebanyakan organisasi selalu mencari pembicara yang tidak perlu dibayar, terutama karena beberapa ahli akan meminta bayaran mahal. Setelah Anda cukup sering memberi seminar gratis, Anda akan kaget dengan jumlah bisnis yang akan datang sendirinya pada Anda.

Tapi Anda harus memastikan bahwa Anda hanya memberikan seminar didepan audiens yang menjadi target pasar Anda, atau hal ini hanya akan sia-sia. Selalu persiapkan penutupan yang hebat untuk memberitahu audiens bagaimana cara menyewa jasa Anda dan siapkan penawaran spesial untuk produk dan jasa Anda.

Buatlah penawaran khusus di Web.
Buatlah promosi spesial untuk bisnis Anda dimana promo tersebut hanya bisa digunakan mereka yang memiliki kode khusus dari situs Anda. Gunakan database email dan akun social media untuk meningkatkan trafik ke situs Anda. Jika bisa, sisihkan dana untuk menggunakan Facebook atau LinkedIn ads demi mendukung proyek Anda.