Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

7 Prinsip Media Sosial untuk Membuat Shareable Content oleh @Bramadr

Posted by & filed under Content Marketing, Facebook, Social Media, Twitter.

strategi marketing di media sosial : sharable content

 

Editor’s note :  Brama adalah Account Manager Social Ogilvy yang bertanggung jawab mengembangkan social media integrated solution. Ia telah bekerja bersama berbagai klien Ogilvy seperti Nestle, Philips, Coca Cola, termasuk perwakilan social media manager dan social media strategist dari klien.

 

 

Keberadaan kanal social media di Indonesia saat ini sudah wajib hukumnya bagi brand, startup, perusahaan, atau bahkan komunitas. Namun jika kita perhatikan masih ada beberapa yang ketika memposting sebuah konten responnya sangatlah rendah. Meskipun fans atau followers-nya sudah banyak. Berikut adalah 7 prinsip yang bisa anda terapkan agar social media content anda shareable.

Value Exchange

Berikanlah konten yang berguna dan bernilai bagai calon customer, target customer, fans, followers, atau anggota komunitas anda. Cobalah pahami mereka, lihat demography dan apa hal kira-kira mereka suka. Contohnya jangan memberikan konten yang berisi resep makanan untuk calon customer di Fanpage provider selular.

Disruptive Ideas

Buat mereka berhenti ketika melihat ide dan konsep yang ada di dalam konten anda. Berikan fakta dan ide unik yang tidak akan mereka duga.

Great Story

Banyak dari kita kita yang mudah tergugah oleh cerita yang hebat dan kisah inspirasional. Berikanlah konten yang memiliki cerita emosional yang kuat dan bermakna. Pahami insight dan sisi emosional calon konsumen anda dalam-dalam.

Fresh Interest

Berita dan tren terbaru selalu menarik untuk dijadikan konten yang shareable. Semua orang selalu berusaha menjadi yang terdepan untuk membagikan informasi ketika ada berita baru yang sangat menarik dan berguna.

Social Proof

Ketika melihat ada banyak orang melakukan hal yang sama, kebanyakan orang akan tergerak untuk mengikutinya. Buatlah konten yang bisa menjadi tren dan social proof bagi banyak orang.

Creative Participation

Libatkan calon konsumen berpartisipasi untuk membuat konten. Biarkan mereka merasa punya andil dan turut serta memiliki konten. Hal ini sudah diikuti oleh Nutella (global) dan Indomie di Indonesia.

Simple Advocacy

Buatlah konten yang tetap simple dan pendek. Sehingga orang akan lebih mudah untuk memahami dan share kepada orang lain. Keep it Simple.

In the end, content is the king. Anda harus ingat bahwa konten merupakan hal yang paling utama yang harus kita perhatikan ketika mengelola akun social media. Jadi mulai sekarang berhentilah mengambil gambar dari 9gag atau google image yang lucu dan unik agar konten anda shareable.

 

(Originally written by John Bell, Global Managing Director Social@Ogilvy here )

 

Baca juga : The beauty of social media, membangun weak ties dengan scalability tinggi