Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

8 Alasan Memilih Bekerja di Startup dibandingkan Menjadi Karyawan Corporate

Posted by & filed under Featured, Startup.

 

Anda telah lulus dari kuliah, mendapatkan beberapa tawaran pekerjaan yang datang.  Anda mempunyai beberapa pilihan untuk menjadi karyawan dengan gaji yang tingggi.  Di sisi lain ada tawaran datang dari sebuah startup kecil . Anda telah melihat produk mereka, percaya dengan misi mereka, dan suka dengan pendekatan mereka, tetapi apakah Anda akan mengambil resiko dengan bekerja pada startup atau mendapatkan bayaran yang baik dan keuntungan yang baik di perusahaan.

Dibawah ini 8 alasan  mengapa Anda seharusnya terjun dalam dunia startup yang ditulis oleh Kerrin Sheldon, penulis, fotografer, pembuat film dan konten manajer Wanderfly, sebuah startup travel recommendation.

1. Anda akan mempunyai tanggung jawab lebih.

Bekerja dalam startup berarti Anda adalah bagian dari tim yang kecil. Karena tim yang kecil, ada kemungkinan tidak ada orang yang mempunyai skill yang sejenis dengan Anda, pendekatan masalah yang sama dengan Anda lakukan dan Anda pikirkan.

Ketika saya gabung dengan Wanderfly, tim intinya sudah terbentuk, dengan  direktur business development, marketing, dan bagian produksi. Bagaimanapun, lulus dengan gelar  penulis dan pengalaman bekerja. Saya diterima bergabung dengan Wanderfly sebagai penulis, adventure, dan manager content untuk memastikan mereka memberi suara dan arahan untuk bidang travel. Setelah beberapa minggu, saya menjadi orang yang mempunyai hak khusus menulis, mengedit, dan blogging.  Setelah beberapa minggu kemudian, Saya menjadi bagian content management. Tanggung jawab saya untuk pemenuhan konten dan peningkatan manajemen. Saya dituntut untuk lebih bermanfaat, lebih dipercaya, dan lebih produktif dibanding project lain selama saya berada di sekolah. Di perusahaan yang lebih besar, Saya tidak diberi kesempatan yang sama di perusahaan tempat saya bekerja. Apakah saya bagian terpenting dari tim? Tentu saja tidak. Tetapi saya bagian dari tim.

2. Anda akan mendapatkan lebih banyak kesempatan

Saya mungkin tidak pernah memberitahu kalian kalau misalnya bekerja di startup, kita tidak akan mendapatkan gaji setinggi apabila kita bekerja di perusahaan. Anda akan lebih bernilai di startup untuk dibayar. Tetapi menerima tawaran dari startup Anda akan mendapatkan sistem insentif bukan berdasarkan dari gaji tetapi berdasarkan skill dan kesempatan yang diambil. Pengalaman lebih penting dari bayaran yang diterima. Saya garansi kepada Anda. Ketika saya memulai di Wanderfly, saya mengenalkan diri saya sendiri melalui nama penulis saya. Setelah satu tahun, saya telah mempunyai kolom saya sendiri pada Huffington Post, telah diliput juga oleh National Geographic, dipublikasikan di lebih dari 150 blog Wanderfly, dan sebuah artikel di Fast Company. Selain itu bukan untuk menyombongkan diri, ini meyakinkan saya untuk mendapatkan lebih banyak kesempatan menjadi penulis dan masa depan yang cerah. Saya mengetahui walaupun saya ditawari posisi kecil di perusahaan yang mempunyai gaji tinggi dari perusahaan travel terkenal. Saya hanya akan membacanya saja.

3.  Anda akan bisa melakukan banyak hal yang berbeda

Salah satu keluhan yang paling sering didengar oleh teman saya yang bekerja pada sebuah perusahaan adalah mereka hanya melakukan satu tugas utama dan tidak mencoba hal baru lain. Seperti menulis, desain, mengisi spreadsheet, dan tugas lainnya, biasanya satu orang hanya akan melakukan satu tugas saja sesuai posisinya. Jika itu terdengar seperti pekerjaanmu dalam startup, maka saya dengan berat hati mengatakan Anda melakukan kesalahan. Bekerja pada startup memperbolehkan kita untuk mencoba banyak hal walaupun sesuatu yang sangat baru bagi Anda tetapi Anda mendapat kesempatan untuk melakukannya. Mengingat beberapa tahun lalu ketika saya bekerja di Wanderfly, saya sudah melakukan banyak pekerjaan yang saya bisa ambil bagian, mulai dari mengedit video hingga mengkategorikan tempat tujuan. Saya masuk di Wanderfly sebagai penulis, tetapi sekarang saya merasa nyaman di berbagai area, bahkan menjelaskan kepada para developer bagaimana saya merusak situs mereka dan meminta mereka untuk memperbaikinya lagi.

4. Anda akan belajar dari inovator yang sesungguhnya

Orang yang memulai bisnis mempunyai mental yang berbeda dan background professional yang berbeda dibandingkan orang yang belum pernah membuat sesuatu hal baru yang mereka miliki. Para entrepreneur dapat terlihat melalui cara mereka melihat masalah dan pemikiran mereka yang original dan inovatif. Karena inovasinya yang alami, entrepreneur merupakan salah satu tempat belajar yang terbaik. Mereka mempunyai cara pendekatan terhadap masalah yang berbeda, secara konstan menemukan solusi, dan bagaimana mereka bisa mengeluarkan yang terbaik dari diri mereka. Cofounder Wanderfly terus menantang saya ketika saya  mengalami masalah karena mereka sering memiliki pandangan yang berbeda dibandingkan pandangan saya, memberikan saya pengetahuan yang lebih luas dari sudut pandang yang berbeda dalam menemukan solusi. Inovasi lebih dari kreativitas. Inovasi adalah aksi dan kreatifitas adalah reaksi, menyelesaikan masalah, menemukan jalan keluar. Setiap startup yang sukses mempunyai inovator yang sesungguhnya, dan jika Anda menemukannya, Anda bisa belajar darinya.

5. Pekerjaan Anda akan dikenal (begitu juga kegagalan Anda)

Jika saya belajar dari film dan acara TV, apabila Anda bekerja di perusahaan yang besar, kerja keras Anda akan diabaikan oleh bos Anda atau seseorang akan menghalangi kesempatan Anda untuk naik pangkat. Tetapi pada startup, hampir tidak mungkin untuk tidak memberikan perhatian pada pekerjaan seseorang yang dilakukan dengan sebaik – baiknya atau memberikan pujian kepadanya. Jika Anda sukses, hasil kerja Anda akan dengan mudah dikenali, Anda akan mendapatkan banyak pujian atas hasil kerja Anda. Tetapi sebaliknya jika Anda tidak memberikan performa terbaik maka akan dengan mudah terlihat. Untuk dua alasan tersebut, ini merupakan hal yang baik. Yang pertama, hampir tidak mungkin Anda bisa mengendurkan hasil kerja Anda. Apabila dalam beberapa hari, Anda bermalas – malasan maka tim Anda akan segera memperhatikannya dan mereka akan berpikir untuk apa mereka bekerja lebih keras daripada Anda. Oleh karena itu Anda harus tetap fokus pada pekerjaan Anda. Alasan kedua karena kegagalan mudah dikenali dan diperhatikan, Anda pasti akan mengurangi kesalahan untuk mencegah kekecewaan pada kolega Anda. Tetap fokus, karyawan startup, dan kesuksesan Anda akan segera dikenali dan kegagalan akan segera dikurangi. Dan ketika anggota tim lain berkata “Kita tidak bisa melakukan itu tanpa kamu”, Anda yakin bahwa mereka bersungguh – sungguh.

6. Anda akan bekerja di lingkungan yang luar biasa

Alasannya adalah berikut ini :

  • Saya menggunakan jeans untuk kerja. Pada musim panas, saya menggunakan celana pendek dan sandal.
  • Jika tidak ada paling sedikit satu lelucon setiap jam maka itu merupakan hari yang membosankan.
  • Setiap orang yang bekerja pada startup memiliki kenikmatan dan tujuan yang sama dalam membuat kreasi produk.
  • Komunitas startup (seperti pada Wanderfly, komunitas travel) sangat baik, kelompok yang sangat dekat. Di sekitar Anda, orang dengan solusi inovatif untuk masalah atau membuat alat baru untuk memudahkan dan meningkatkan hidup orang dengan berbagai cara. Semangat entrepreneur mereka dengan mudah menular, Anda dapat dengan mudah merasakannya.
  • Anda bisa minum bir pada saat bekerja namun pada saat – saat tertentu saja.

7.  Anda akan belajar berhemat.

Bekerja untuk startup berarti Anda harus mengatur keuangan secara ketat. Meskipun Anda mendapatkan banyak uang dari investor ataukah founder yang kaya, perusahaan tetap akan menggunakannya sedikit mungkin.Bahkan , bagian internal business development akan belajar bagaimana mendesain dan mengkoding pada blog, penulis kadang bisa mencuci piring, dan Anda akan menemukan cara untuk bisa duduk ber 9 pada meja ber 8.  Penghematan dan tanggung jawab keuangan ini akan berdarah daging pada kehidupan Anda, dan Anda akan bisa menemukan cara baru untuk mencegah godaan menghabiskan uang. Bahkan, Anda akan menemukan kesenangan dalam mencari uang dibandingkan menghabiskan uang. Anda akan menemukan kebahagiaan dengan menjadi bagian dari tim yang berusaha membuat hidup orang lain lebih mudah, lebih menyenangkan, dan lebih teratur. Seluruh hidup Anda akan mendapatkan makna penciptaan, dan Anda akan semakin bersemangat, baik secara fisik maupun mental, untuk mengambil hobi baru dan memulai project pribadi sendiri. Dalam dunia startup, semua tentang menciptakan lebih dan menggunakan sedikit.

8. Meresapi nilai kerja keras, rasa memiliki, dan self sustainability.

Mungkin ini lebih penting dibandingkan dengan keuntungan lain bekerja pada startup yaitu realisasi dari kerja keras, berpikir kreatif, dan keuletan. Ketika Anda membuat sesuatu sendiri, sesuatu yang nyata, sesuatu yang bisa dipegang, digunakan, Anda akan merasakan kebanggaan tersendiri. Untuk orang yang tidak membuat, atau tidak secara berkelanjutan menambahkan keuntungan pada karyanya, sangat sulit untuk mengerti pentingnya perasaan memiliki suatu karya. Bekerja pada startup dan menyebarkan berita mengenai produk tim Anda, sebuah produk yang bisa membantu Anda merasa bangga terhadap hasil kerja Anda. Dalam kebanggaan ini, tim Anda mengajarkan mengenai kerja keras dan kemampuan, yang mengajarkan Anda pentingnya melindungi orang yang membuat solusi inovatif dan mengambil resiko.

Bekerja dalam startup juga berarti Anda dan tim kecil Andalah yang bertanggung jawab terhadap kesuksesan kalian.  Bekerja di startup berarti Anda harus memastikan mempunyai skill yang lebih dan determinasi besar dalam diri Anda yang belum tentu Anda sendiri ketahui. Pada startup, kemampuan untuk bertahan dengan kemampuan sendiri diperbesar dan digandakan, memicu “do or die attitude” yang nantinya akan menentukan keberhasilan atau kegagalan Anda di masa akan datang.