9 Hal yang Wajib Ada dalam Pitch Deck | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

9 Hal yang Wajib Ada dalam Pitch Deck

Posted by & filed under Pitching, Startup.

 

 

9 Hal yang Wajib Ada dalam Pitch Deck

Ditulis oleh Faiz Rahman, Analyst di ConvergenceVC

Setelah menemukan ide startup yang cemerlang, Anda mulai melakukan riset. Berapa besar market yang tersedia, siapa kompetitornya dan bagaimana me-monetize bisnis tersebut.

Kemudian Anda mulai membuat produk dan mendapatkan traction. Anda mulai mendapatkan user dan, semoga saja, mendapat customer. Anda juga sudah mencapai product-market-fit dan ingin mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Anda ingin mencari angel investor dan VC untuk mempresentasikan ide Anda. Kemudian seorang investor potensial meminta Anda mengirimkan pitch deck. Tapi Anda tidak tahu apa maksudnya.

Apa itu pitch deck?

Jika Anda berhasil mendapat dana dari investor, atau Anda baru mau fundraise, Anda tidak asing dengan pitch deck dan isinya. Namun, bagi mereka yang baru dalam dunia startup mungkin bertanya-tanya, apa itu pitch deck?

Berdasarkan Improve Presentation, “Sebuah pitch deck merupakan presentasi singkat, seringkali dibuat menggunakan PowerPoint, Keynote atau Prezi, digunakan untuk memberikan gambaran singkat mengenai business plan Anda kepada audience. Biasanya Anda akan menggunakan pitch deck selama online meeting face-to-face dengan investor potensial, customer, partner, dan co-founder.”

Dengan definisi tersebut, kita bisa bilang bahwa pitch deck merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam melakukan fundraise. Banyak enterpreneur sukses yang menghabiskan banyak waktu dalam membuat pitch deck yang berisi hal-hal penting dan relevan bagi investor potensial.

Apa yang harus ada dalam pitch deck?

Inilah beberapa bagian dasar yang Anda perlukan dalam sebuah pitch deck:

  • Elevator Pitch

Jangan lupa mencantumkan nama startup Anda, nama Anda atau co-founder lainnya dan informasi kontak yang dapat dihubungi. Jika memungkinkan, tulis penjelasan singkat mengenai apa yang dikerjakan oleh startup Anda supaya investor potensial mendapat gambaran akan potensi dan ukuran market perusahaan Anda.

  • Problem Statement

Ide startup Anda muncul karena suatu alasan. Jelaskan poin tersebut pada investor potensial Anda. Page ini sangat penting untuk mendapatkan pengakuan orang dan membeli produk Anda. Pastikan bahwa investor potensial atau audience lainnya memahami apa yang Anda jual dan value proposition yang ditawarkan. Anda tidak bisa menjelaskan masalah teknis dan operasional di sini, fokus pada solusi yang dimiliki untuk menjawab sebuah permasalahan.

  • Business Model

Di sini Anda perlu menjelaskan bagaimana me-monetize, siapa customer Anda, distribusi channel atau struktur biaya. Tujuannya untuk mendapatkan gambaran bagaimana bisnis ini berjalan. Pada umumnya, model bisnis yang unik dan belum teruji tidak populer dan terkadang bisa beresiko. iI sini Anda bisa memasukkan nama bisnis yang sudah menggunakan produk atau servis Anda untuk memvalidasi model bisnis.

  • Defensible Technology

Pada bagian ini Anda bisa menjelaskan sedikit teknologi yang digunakan, secret sauce atau magic apapun dibalik produk atau servis Anda. Lebih fokus pada penggunaan skema, diagram, atau flowchart dan hindari teks yang berlebihan.

  • Go-To-Market Plan

Pada halaman ini Anda bisa menjelaskan rencana dalam menjangkau customer dan marketing leverage point Anda. Gunakan halaman ini untuk meyakinkan investor potensial Anda bahwa perusahaan Anda punya rencana efektif yang tidak akan merugikan mereka secara materi.

  • Competitive Landscape in your startup’s space

Jangan pernah mengatakan bahwa perusahaan Anda tidak memiliki kompetitor. Meskipun tidak bersaing secara apple-to-appel, perusahaan Anda pasti punya beberapa perusahaan yang menawarkan value proposition serupa. Pada halaman ini, Anda bisa menampilkan competitive landscape, kekuatan Anda dibandingkan dengan kompetitor.

  • Team

Bagian ini penting karena kebanyakan investor potensial ingin mengetahui siapa yang akan menjalankan perusahaan, termasuk co-founder Anda dan key person lainnya seperti advisor atau investor sebelumnya. Selain itu, gunakan halaman ini untuk menonjolkan pengalaman, pendidikan, kesuksesan Anda sebelumnya dan jangan takut tim Anda tidak sempurna. Tidak ada startup yang sempurna, yang terpenting adalah apakah Anda mau dan ingin memperbaiki kekurangan dalam tim Anda.

  • Core metrics and financial projections

Manfaatkan halaman ini untuk menyediakan informasi key metrics dari startup Anda. Anda perlu memahami bahwa setiap startup itu unik dan Anda harus menemukan metrics mana yang paling penting dalam keberhasilan perusahaan Anda. Anda juga bisa menampilkan snapshot financial projection selama tiga sampai lima tahun dan perkiraan key metrics Anda. Pastikan bahwa orang-orang memahami inti forecast tersebut.

  • Current status, accomplishments, fundraising timeline and use of funds

Dalam satu slide, jelaskan status terkini untuk produk atau servis Anda, key milestone yang telah dicapai perusahaan, target Anda di akhir round, dan bagaimana Anda mengalokasikan uang dari para investor. Dan juga, jangan lupa untuk mencantumkan jumlah uang yang perlu di fundraise oleh perusahaan Anda.

Menyiapkan deck dengan detail yang mendalam selalu lebih baik karena setiap investor bisa menemukan jawaban dari pertanyaan mereka dalam deck. Selain itu, menggunakan desain yang bagus juga bukan ide yang buruk untuk menyampaikan hal positif dari bisnis Anda. namun, selalu ingat bahwa proses fundraise membutuhkan banyak waktu dan energy, jangan sampai proses ini mengganggu Anda dalam membangun produk atau servis yang bagus, karena pada akhirnya produk atau servis yang baik dengan market size yang layak dan traction akan menarik perhatian investor. Semoga beruntung! Jangan lupa untuk bersenang-senang dalam menjalankan bisnis Anda!

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.