AliExpress Akhirnya Membuka Online Shopping-nya di Indonesia | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

AliExpress Akhirnya Membuka Online Shopping-nya di Indonesia

Posted by & filed under Ecommerce, Ecommerce Indonesia.

 

Sebagai situs online-shopping nomor satu di Rusia dan Brasil ( menurut SimiliarWeb) AliExpress cukup populer di negara-negara BRIC (Brasil, Rusia, India, dan China).

AliExpress-Website

Sekarang ini, AliExpress – salah satu online marketplace yang mengkhususkan diri dalam penjualan barang-barang buatan Tiongkok langsung ke pelanggan di seluruh dunia, dengan fokus pada negara-negara berkembang – juga mencoba masuk ke pasar Indonesia yang merupakan negara “I” dalam kelompok MINT (Mexico, Indonesia, Nigeria, Turkey). Baru-baru ini, AliExpress melakukan perjanjian kerja sama yang melibatkan perusahaan logistik berskala regional di Indonesia, isi perjanjian itu adalah penawaran untuk meningkatkan pengalaman online-shopping bagi pelanggan di negara dengan penduduk terbanyak keempat di dunia; Indonesia.

“Dengan lebih dari 70 juta pengguna internet, yang diperkirakan akan bertambah menjadi 100 juta pengguna dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia dipandang sebagai salah satu negara dengan pontesi besar untuk melakukan online shopping,” ujar Mulyono, salah satu orang yang mengepalai AliExpress di Indonesia. Seperti negera-negara berkembang lainnya, daya beli masyarakat Indonesia tumbuh lebih cepat dari infrastuktur ritel Indonesia yang kerap mengalami kemunduran. Jadi, membuat internet sebagai tempat yang memungkinkan bagi pelanggan di Indonesia untuk berbelanja, adalah pilihan yang tepat untuk memasarkan produk-produk terjangkau.

aliexpress indonesia

“Mungkin hal ini masih terdengar begitu dini bagi e-commerce di Indonesia,” ujar Mulyono lagi. Belum lagi, tak ada yang benar-benar menjadi pemimpin/pemenang dalam online-shopping seperti ini, mengingat pembayaran online masih belum dikenal luas dan mengirimkan barang pesanan online secara cepat ke pelanggan masih merupakan tantangan yang harus diatasi.

Terdengar kabar, AliExpress dan perusahaan induknya, e-commerce raksasa, Alibaba Group, akan mengatasi tantangan tersebut. Mereka mengumumkan, jika AliExpress telah bekerja sama dengan DOKU, salah satu provider  e-payment di Indonesia. Pelanggan di Indonesia saat ini bisa memilih DOKU sebagai solusi pembayaran gateway dan pembayaran dalam rupiah untuk produk-produk AliExpress, dilakukan secara online, melalui DOKU Wallet dan Mandiri Clickpay. Pelanggan juga dimungkinkan untuk membayar secara offline lewat lebih dari  9000 toko AlfaGroup yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, China Smart Logistics, layanan pengiriman dan informasi logistic yang berbasis di Tiongkok itu juga mendukung pengiriman produk-produk pesanan AliExpress, dan dalam hal ini akan bekerja sama dengan Singapore Post. Sedangkan untuk Indonesia, akan bekerja sama dengan Indo Post, yang membantu kemudahan pengiriman dari Tiongkok ke Jakarta. Awal bulan ini, menurut AliExpress, pelanggan di Indonesia bisa menerima produk pesanan mereka dalam waktu 2 minggu, lebih cepat daripada sebelumnya membutuhkan waktu 35 hari. Alibaba Group sendiri memiliki 48% saham di China Smart Logistics dan merupakan stakeholder utama di Singapore Post.

AliExpress dianggap mampu bersaing dengan situs online shopping domestic yang ada saat ini, karena AliExpress menganut ekosistem yang sama dengan Alibaba Group, yang berarti bisa menawarkan solusi berbelanja online yang bersifat end-to-end, termasuk dalam hal pengiriman dan pembayaran. Ini penting untuk negara yang adopsi terhadap online shoppingnya belum cukup besar. “Sistem kami lebih aman dan nyaman dalam pembelian online, jika kamu ingin membandingkannya dengan pesaing lokal,” tambah Mulyono.

Pada Desember lalu, AliExpress telah meluncurkan situs mereka dalam versi bahasa Indonesia dan Inggris bagi pelanggannya di Indonesia, agar para pelanggan bisa memilih produk yang sudah disesuaikan dengan selera pelanggan Indonesia. AliExpress juga memberikan saluran customer service untuk para pelanggan yang ingin berbicara dengan perwakilan perusahaannya dalam bahasa Indonesia, maupun Inggris.

Salah satu keunikan situs mereka adalah, sebagian besar produk asli buatan Tiongkok, seperti pakaian terbaru dan barang-barang elektronik yang dijual dengan harga terjangkau sesuai dengan keadaan perekonomian negara berkembang. “Sebagian produk yang dijual, tak akan kamu temukan di Indonesia, dan walaupun kamu ingin mencarinya lewat pedagang lokal, kamu harus menunggu hingga 2-3 bulan lamanya,” ujar Mulyono melanjutkan.

Mulyono menekankan jika AliExpress tak hanya berperan sebagai platform yang memungkinkan para pedangan dan produsen di Tiongkok untuk menjual produk-produknya kepada pelanggan di seluruh dunia. Sebagai situs yang akhirnya didirikan di Indonesia, AliExpress juga berencana menambah jumlah pedagang dan produsennya dari Indonesia, sehingga terjadi kombinasi penjual. Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia juga bisa memanfaatkan AliExpress untuk menjual produk maknan halal ke negara-negara lain. Indonesia juga dianggap sebagai negara yang manufakturnya terus berkembang, dilihat dari perusahaan seperti Chinese OEM yang merupakan produsen Foxconn dan perusahaan pembuat peralatan-peralatan, Haier, yang membuka cabang pabriknya di Indonesia.

Kami di startupbisnis.com mendengar salah satu cofounder Alibaba (dari total 17 co founder) beberapa waktu lalu mengunjungi Indonesia untuk bertemu langsung dengan brand-brand yang mereka pilih untuk diajak menjual di Aliexpress.

“Visi AliExpress sesungguhnya, ingin menjadi platform yang bersifat global-to-global,” ujar Mulyono.

Untuk menarik perhatian pelanggan agar berbelanja online, pada 26 Januari lalu, AliExpress memberikan promosi-promosi khusus untuk pelanggan Indonesia, di antaranya promosi selama 24 jam untuk produk lokal yang populer seperti ponsel, gadget, home entertainment dan produk kecantikan. Pedagang AliExpress juga menawarkan diskon besar-besaran terhadap lebih dari 1.000 jenis produk yang paling laris di seluruh dunia, yang juga diproduksi sehari-hari di Indonesia, yaitu camilan atau makanan ringan. AliExpress juga menjalin kerja sama dengan perusahan-perusahaan dalam negeri seperti Bank BNI, LINE, dan KaKao Talk, untuk memberikan kupon diskon tunai bagi pelanggan di situs mereka.

 

Sumber : http://www.alizila.com/aliexpress-making-moves-indonesia

 

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.