Anda membuat produk “Candy” , “Vitamin” , “Painkiller” ? | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Anda membuat produk “Candy” , “Vitamin” , “Painkiller” ?

Posted by & filed under Featured, Produk, Startup.

 

 

 

 

VITAMIN

Ada beberapa jenis product dalam dunia startup apabila dilihat dari kemampuannya memecahkan masalah. Disebut dengan candy, vitamin dan painkiller.

Nasihat umum bagi entrepreneur startup adalah untuk membangun painkiller daripada vitamin.

Candy adalah product yang bersifat “pleasure seeking” dan dinikmati customer, dan bisa sangat sukses apabila menjadi mode/trend. Misalnya adalah boneka beanie babies yang sangat popular di US di decade 90an

boneka bannie babies

Vitamin adalah sesuatu yang bagus jika dimiliki atau “nice to have”, misalnya productivity tools, collaboration platforms, analytical tools –dan tools apapun- cenderung merupakan vitamin (walaupun biasanya tergantung customer produk Anda ada di tahap mana). Contoh lainnya software yang membantu owner toko online mengupload barang dan product description ke toko onlinenya melalui API feed vendor/suppliernya – di mana ide ini lebih terlihat seperti sebuah fitur dari Magento atau Shopify ketimbang sebuah bisnis tersendiri.

Painkiller adalah sesuatu yang bisa meningkatkan return on investment (ROI), meningkatkan sales, atau membantu perusahaan memenuhi aspek-aspek requirement tertentu yang sangat vital dan diharuskan.

Dengan ide painkiller, orang lebih mungkin membayar untuk mendapatkannya dan menjadi loyal customer. Mereka juga lebih mungkin menemukan Anda dengan sendirinya bahkan jika Anda tidak punya budget marketing yang besar. Anda memecahkan masalah nyata, dan orang-orang ini mungkin telah lama mencari solusi yang Anda tawarkan.

Banyak ide-ide yang berada di antara ketiga jenis produk di atas, dan sebuah produk yang berupa vitamin/candy bisa saja menjadi produk painkiller di masa depan.

startup Indonesia

 

Painkiller dikenal lebih berhasil, tapi vitamin juga bisa sukses. Produk seperti Facebook, Instagram, dan Pinterest tidak diciptakan untuk memecahkan masalah user yang jelas, tapi mereka memiliki staying power dan menciptakan demand yang besar. Kategori ini seperti narkoba; sesuatu yang bagus dimiliki (nice to have) yang menjadi adiktif dan sulit dilepaskan. Evernote, misalnya, menggunakan model freemium pricing untuk memberi orang pengalaman menggunakan (secara gratis) dan memikat mereka agar mereka upgrade ke premium plan. Sejumlah perusahaan lainnya menggunakan model itu juga.

Ingat, produk yang berbeda memikat orang yang berbeda-sesuatu yang merupakan vitamin bagi suatu kelompok mungkin merupakan narkoba atau painkiller bagi yang lain. Misalnya, aplikasi meditasi mungkin merupakan painkiller bagi orang yang memiliki panic attacks tapi vitamin bagi orangtua yang sedikit stress. Ingat perbedaan painkiller/vitamin/narkoba ketika muncul dan memilih ide dan target market Anda.

Tapi jangan menyerah jika Anda tak mendapat  support yang Anda harapkan. Matt Mullenweg, pencipta WordPress, tak menyerah, bahkan ketika dunia memberitahunya mereka tak perlu blogging platform lainnya. “Beberapa hal yang paling menarik muncul dari melakukan apa yang disebut orang lain ide buruk atau saat tak ada orang lain yang tertarik; ide-ide yang hampir harus Anda suapkan secara paksa pada dunia. Bahkan jika Anda gagal, setidaknya Anda tidak gagal pada hal yang sama yang dilakukan orang lain,” jelasnya.

Founder GrubHub mengikuti saran ini, bertahan dengan mimpi mereka akan pemesanan makanan secara online bahkan saat, pada 2004, semua orang merasa memesan makanan dari komputer itu gila. Betapa kita tak tahu setiap orang akan memiliki komputer di kantong mereka dalam bentuk mobile dan app revolution terjadi. Dan GrubHub jelas tidak gagal: bergabung dengan kompetitor terbesarnya, Seamless, perusahaan itu kini memiliki lebih dari 600 pegawai, memproses 150 ribu pesanan per hari, dan membantu orang di lebih dari 600 kota memesan makanan di lebih dari 26 ribu restoran.

 

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.