Apa Contoh Dari Sustainable Competitive Advantages? | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Apa Contoh Dari Sustainable Competitive Advantages?

Posted by & filed under Running a Business.

Manajemen competitive advantage

Artikel tentang competitive advantage ini dipublish pertama kali di quora.com oleh Andrei Kolodovski. Competitive advantage adalah aspek yang sangat banyak dicari oleh perusahaan. Kira-kira apa saja competitive advantage itu ? kita simak jawaban ini

Brand.

Merupakan salah satu sustainable competitive advantage terkuat, karena tidak hanya membutuhkan uang tapi juga waktu yang lama untuk membangun brand yang berhasil. Contoh: Coca-Cola.

Network effect. (Baca : Memahami Network Effect)

“Network effect” terjadi ketika value sebuah produk atau servis bergantung pada jumlah usernya. Positifnya, semakin banyak orang yang menggunakan, semakin bertambah value produk tersebut. Sekalinya user base mencapai critical mass, akan sangat sulit bagi siapa pun untuk mencapai posisi tersebut. Contoh: eBay.

Patents.

Pada dasarnya paten merupakan monopoli sementara yang dikabulkan oleh pemerintah untuk menstimulasi R&D. Contoh: biotech dan perusahaan farmasi.

Know how.

Jika elemen penting bisa disimpan menjadi rahasia, hal ini bisa menjadi sumber sustainable advantage. Contoh: Google.

Scale.

Scale bisa memberikan sustainable advantage bagi perusahaan dalam beberapa cara. Contohnya, di industri retail besar bisa menggunakan scale untuk membeli barang dengan harga rendah yang tidak tersedia bagi kompetitor mereka yang lebih kecil. Contoh: Walmart.

Customer lock-in.

Beberapa bisnis membuat produk atau servis yang memiliki switching cost sangat tinggi untuk customer. Switching cost adalah biaya apabila customer berpindah ke produk lain. Contohnya, enterprise automation software seperti sistem ERP sangat terintegrasi dengan cricital customer functions yang mengubah vendor ERP. Contoh: SAP.

Exclusive access to a resource

Akses exclusive atau near-exclusive ke sumber yang valuable bisa memberi sustainable advantage. Untuk contohnya, baru-baru ini China menyediakan hampir 95% rare metal ke seluruh dunia.

Exclusive license.

Terkadang pemerintah mengabulkan lisensi eksklusif untuk bisnis. Contohnya, Stepan Company merupakan satu-satunya perusahaan di US yang secara legal diperbolehkan mengimport daun coca dan mengekstraknya menjadi kokain. Kemudian kokain tersebut dijual ke perusahaan farmasi, sementara sisa daunnya dijual ke Coca-Cola (untuk dibuat sirup coca-cola).

 

 Baca

Apa Unfair Advantage Startup Kita ?

Startup Service, Antara Cashflow Jangka Pendek dan Scalabilitas

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.