Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Apa yang Harus Diperhatikan Internet Entrepreneur Ketika Memulai Startupnya ?

Posted by & filed under Interview.

Bagi orang yang belum pernah memulai bisnis, pertanyaan “how to start ?” menjadi pertanyaan yang sangat rumit, terutama jika di lingkungan kita belum ada teman-teman atau komunitas entrepreneur yang mendorong terbentuknya mindset dan juga pengetahuan untuk memulai bisnis.

Takahiro Suzuki, General Manager dari Cyber Agent Ventures Jakarta memberikan pandangannya mengenai apa yang harus diperhatikan oleh internet entrepreneur ketika memulai sebuah startup.

 

Diferensiasi dan demand

Apa yang mau dilakukan ? Mau buat bisnis apa ? Diferensiasinya ada atau tidak ?  Mereka harus tahu apakah ada market untuk bisnis ini, demandnya ada atau tidak ? seberapa besar ? Konsep utama dari entrepreneurship adalah solving problem dari suatu masalah di mana foundernya memiliki passion di bidang itu, harus dicek apakah problem yang akan di-solve benar-benar ada atau tidak?  Apakah service yang diberikan akan memuaskan orang? Semakin besar problem yang dipecahkan, semakin besar kemungkinan digunakan oleh orang banyak.

Tim

Apakah tim ini memiliki kapasitas yang bagus ? Apakah terdiri dari orang yang punya passion ? apakah memiliki keahlian yang memadai dan sesuai dengan yang dibutuhkan? Kira-kira tim ini bisa menang atau tidak ? Find your own strength on the team.

Jika dihadapkan pada dua kondisi :

  1. Suatu tim mau start membangun ecommerce karena mereka merasa bisnis ini profitable, atau
  2. Suatu tim yang memulai ecommerce karena mereka punya passion dan suka bidang ecommerce.

Menurut kami yang punya chance lebih besar untuk menang adalah tim yang punya passion dan suka bidang ecommerce.  Tim yang membangun ecommerce untuk mendapat profit di masa depan tidak cukup untuk memenangkan market

Strategi

Bagaimana caranya supaya menang melawan kompetitor ? Founder membuat startup bukan hanya untuk buat produk saja lalu selesai, tetapi juga harus menang di market. Bagaimana strategi untuk mendapat traction ? Semua entrepreneur pasti mau jadi no 1 tetapi apakah strategi yang dibuat bisa diimplementasikan atau tidak. Senantiasa belajar dari kompetitor kita atau yang tipe bisnisnya mirip dengan kita di dalam dan luar negeri, kenapa user pakai servis kompetitor kita?  harus analisa apabila kita lihat kompetitor kita bisa memuaskan kebutuhan user, dan kembangkan untuk service kita sendiri.

Harus fokus pada fitur terpenting

Di bisnis internet, karena rendahnya biaya untuk melaunch produk, akibatnya begitu banyak produk yang ada di market, market jadi crowded, mengakibatkan founder yang akan me-launch startup baru, harus fokus mendeliver hanya satu message penting dan kuat kepada user dalam bentuk fitur yang memecahkan masalah yang penting bagi user, bila dianggap berhasil memecahkan masalah itu, baru tambahkan fitur-fitur lain.