Apa Yang Salah Dengan "Dont Follow Your Passion" | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Apa Yang Salah Dengan “Dont Follow Your Passion”

Posted by & filed under Motivation & Inspiration.

apa itu passion

Minggu lalu saya diundang rekan2 dari Detik untuk sharing tentang passion. Sebuah topik rada old school, penting gak penting, tetapi seringkali salah dipahami. Berikut ini sebagian yang saya bagikan di acara tersebut.

 

Cobalah googling “dont follow your passion” lalu Anda akan menemukan banyak artikel.

Menurut saya, “dont follow your passion” tidak selalu benar dan jangan ditelan mentah2. Kenapa ?

Beberapa orang mengira passion itu seperti ini :

Passion akan suatu bidang –> Suka –> Sukses

Kalau menurut saya, urutannya seperti ini

Passion –> Suka –> Work harder than other –> Know harder than other (become expert) –> Find unique insight –> Unique insight as basis to build big business –>¬†Survival ¬†–> Attract great talent –> Success

Melihat urutan di atas, dont follow your passion berarti sama aja dengan bilang “dont be an expert in area/niche that you love”.

Kadangkala orang rancu dengan menyalahkan “passion” padahal yang salah mungkin idenya. Misalnya pernah ada yang menanyakan ke saya “saya suka menjahit, passion saya menjahit, bagaimana jika saya membuat media online tentang menjahit” ?

Salah satu cara memvalidasi ide tentang media online adalah, lihat toko buku besar, adakah majalah tentang menjahit yang mendapatkan advertiser rutin tiap bulan ? Pelajari mengapa advertiser mau ngiklan di situ ?

Jawabannya, Anda mungkin kesulitan menemukan media tentang menjahit, mungkin niche menjahit terlalu kecil, yang ada adalah majalah tentang wanita (kosmetik, lifestyle, fashion, menjahit)

Jadi mungkin jika passionmu menjahit dan membuat media online tentang menjahit mungkin kamu akan gagal, bisa jadi Anda akan menyalahkan “passion” Anda dalam jahit menjahit. Tetapi bagaimana jika Anda bukan berharap monetize dari advertiser, tetapi Anda membuat produk fashion yang unik dan Anda jual di website Anda (ecommerce) yang juga memiliki blog tentang menjahit yang menunjukkan craftmanship Anda dalam membuat product.

Ceritanya mungkin akan berbeda jika dengan passion yang sama Anda membangun ide yang berbeda.

Beberapa orang menyebut “passion is belong to bedroom” .. passion hanya ada di kamar tidur. Yang lebih penting dari passion adalah “obsession”. Dan obsession tidak selalu berarti negative. apalagi jika terkait dengan technology entrepreneur yang sedang mengerjakan produk.

 

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.