Aplikasi Mobile 'toko-toko' Hadir Dengan Konsep Marketplace Tawar-menawar | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Aplikasi Mobile ‘toko-toko’ Hadir Dengan Konsep Marketplace Tawar-menawar

Posted by & filed under Ecommerce, Ecommerce Indonesia, Startup.

Salah satu perusahaan asal Jepang, Anect.jp membuat gebrakan toko online dengan konsep yang unik yang menargetkan market Indonesia. Diperkenalkan sebagai mobile marketplace, “toko-toko” merupakan salah satu toko belanja online yang hadir dengan konsep tawar-menawar langsung dengan penjualnya secara online. Mengusung konsep berbisnis mudah dan aman, “toko-toko” membeli dan menjual apa saja, mulai dari fashion, baju, aksesoris, seni, buku, produk kecantikan, mebel, mobil, motor, dan lain-lain tanpa mengenakan biaya untuk pemasangan iklan ataupun komisi.

Bagi Anda yang suka belanja online, “toko-toko” dapat diunduh dalam versi Android dan Blackberry yang saat ini telah digunakan oleh 10.000 pengguna. Tidak hanya yang suka belanja saja, tapi Anda yang memiliki toko online di Instagram pun dapat log in menggunakan akun Instagram, kemudian menghubungkan “toko-toko” dengan produk yang Anda jual di Instagram.

Struktur navigasi yang terdapat di halaman ‘Beranda’ dilengkapi dengan notifikasi pop-up chat, kolom produk yang direkomendasikan oleh “toko-toko” hingga produk terbaru yang ada di sana. Jadi Anda tidak perlu bingung jika ingin memilih barang yang sedang Anda cari. Salah satu hal yang membuat aplikasi belanja online ini berbeda adalah Anda bisa menggunakan hashtag untuk mencari barang yang diinginkan. Namun sayangnya kolom produk belum dilengkapi dengan fitur “see more” atau “lihat semua” untuk melihat semua produk yang terdapat dalam kategori produk tersebut.

Beranda Toko-Toko

“toko-toko” menjamin keamanan sistem jual-beli dengan memegang pembayaran sampai barang telah dikirim oleh penjual dan diterima oleh pembeli, dan juga setelah pembeli maupun penjual memberikan rating untuk satu sama lain. Kelebihan lainnya adalah Anda bisa melakukan diskusi secara online selayaknya chat messenger, untuk membeli sebuah barang dan merundingkan harga, atau untuk meminta foto produk lebih banyak. Untuk menunjang keamanan serta kenyamanan jual-beli, “toko-toko” menyediakan 3 metode pembayaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, yaitu melalui Transfer Bank, Alfamart atau 7-Eleven dengan batas maksimum transfer yang berbeda untuk setiap metodenya.

Proses pembayaran produk

Selain ketiga metode pembayaran tersebut, “toko-toko” juga menyediakan jasa pengiriman COD (Cash On Delivery) untuk menambah keamanan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi sesuai dengan persetujuan kedua belah pihak. Di sini pihak “toko’toko” juga menyediakan informasi panduan dalam melakukan pembayaran COD yang aman, untuk menghindari terjadinya penipuan, baik oleh pihak penjual maupun pembeli.

Panduan dropship toko-toko

Proses dropship yang benar

Tidak hanya pembeli, penjual juga dimudahkan oleh aplikasi ini karena menjual barang hanya semudah mengunggah sebuah foto. Proses pendaftaran barang yang akan dijual hanya dilakukan pada sebuah halaman dengan mengunggah gambar, lalu mencantumkan nama produk, mengisi deksripsi produk beserta hashtag, menentukan harga produk yang ditawarkan, kemudian memilih lokasi pengiriman produk. Anda bisa mengunggah maksimal tiga foto untuk satu produk yang sama.

Fitur yang tersedia dalam menu akun pengguna adalah Profil, Saya Sukai, Daftar Saya, dan Saldo. Fitur ‘Saya Sukai’ menyimpan semua produk yang ditandai sebagai favorit oleh pengguna. Sedangkan ‘Daftar Saya’ berisi daftar produk yang Anda jual, status produk yang dipesan (jika Anda pembeli), dan daftar transaksi yang sudah selesai.

Fitur dalam menu 'Saya'

Fitur dalam menu ‘Saya’

Secara keseluruhan, User Interface yang dimiliki “toko-toko” sangat baik dan terkesan smooth dengan perpaduan warna yang tidak mencolok dan penggunaan font yang simpel serta mudah dibaca, ditambah dengan pemilihan icon dan shape yang enak dilihat. Namun, penggunaan teks yang terlalu banyak pada halaman ‘Beranda’ membuat tampilan terkesan penuh

Sedangkan dari segi User Experience, aplikasi ini memberikan kemudahan bagi pengguna baru dengan memberikan tutorial setelah mendaftar, mulai dari proses membuat penawaran hingga evaluasi produk penjual.

Untuk navigasi pada halaman ‘Beranda’ tidak dilengkapi dengan tab menu pada side-bar kiri ataupun di bagian header. Akan tetapi, “toko-toko” justru menambahkan fitur ‘notifikasi’ pada side-bar kanan yang jarang ditemukan dalam aplikasi belanja online lainnya. Hal ini membiarkan penjual maupun pembeli selalu mendapatkan update info apapun mengenai akun mereka, mulai dari informasi profil hingga status transaksi produk, secara mudah dan cepat melalui smartphone mereka.

Tampilan notifikasi

Notifikasi

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games