Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Bagaimana Cara Perusahaan ini Meningkatkan Performa Email Marketing Campaign

Posted by & filed under Ecommerce, Email Marketing.

Beberapa marketer dan analis pernah mengatakan bahwa email marketing telah mati dan trend sedang berpindah ke arah social media – mungkin saja benar bahwa gaya lama komunikasi yang bersifat top-down dan one way seperti email marketing trendnya sedang menurun.

Jika Anda masih berjuang dengan tingkat open rate, Click Through Rate yang rendah dan bertanya-tanya di mana letak kesalahan Anda.  Tips email marketing ini mungkin memberikan beberapa inspirasi.

tires

Meningkatkan Deliverability Rates

Menurut sebuah studi kasus MarketingSherpa, TBC, sebuah perusahaan ban dengan berbagai merek online dapat meningkatkan deliverability email-nya 60-99% dengan mengikuti beberapa langkah dasar.

Yang pertama adalah untuk mendapatkan alamat IP khusus. Bila Anda menggunakan penyedia layanan email seperti aweber atau Constant Contact, Anda menempatkan reputasi Anda ke tangan mereka (dan alamat IP) dari perusahaan lain dan beberapa di antaranya mungkin marketer yang suka mengirimkan spam.

Sementara provider email marketing melakukan yang terbaik untuk mem-block spammer, mereka tidak dapat mendeteksi setiap masalah, dan kemudian, quality score Anda mungkin juga akan terpengaruh – terutama mengingat kenyataan bahwa penyedia layanan email besar seperti Gmail, Hotmail dan Yahoo melacak dan melakukan banned IP secara rutin.

Jika Anda memiliki daftar pelanggan besar (beberapa ribu pelanggan), jangan menempatkan reputasi Anda dalam risiko dengan berada di lingkungan email yang buruk. Hubungi host web Anda untuk membahas secara spesifik dan praktik terbaik untuk menyiapkan server email khusus.

Langkah kedua adalah semua email marketer harus men-sortir list nya secara rutin. Pisahkan Pelanggan aktif dari pelanggan tidak aktif – tapi jangan mengabaikan yang kedua. Sebaliknya, setelah melihat dan memisahkan alamat yang aktif dan tidak, cobalah dengan lembut menumbuhkan list dengan mengirimkan email lebih sedikit dan membuat tawaran lebih bernilai untuk pelanggan yang kurang aktif.

Langkah Aksi

Jika Anda memiliki daftar pelanggan besar, pertimbangkan untuk memilih  alamat IP yang dedicated dengan host web Anda atau penyedia layanan email. Jika dilakukan dengan benar, ini dapat melindungi reputasi pengirim Anda dan meningkatkan tingkat deliverability.

Pisahkan aktif dari pelanggan kurang aktif – Peliharalah pelanggan aktif dengan mengurangi frekuensi dan meningkatkan nilai dari email yang mereka terima. Pelanggan aktif sudah mau menerima pesan Anda, sehingga berikan penawaran yang sesuai.

Meningkatkan Email Click-Through Rates

Setelah Anda mengirim email ke inbox, pertempuran untuk mendapatkan perhatian pelanggan belum berakhir. Penawaran Anda harus menarik, relevan dan kredibel.

Ecommerce fashion wanita ModCloth adalah salah satu contoh terbaik dari bagaimana kampanye email kreatif dapat mendorong click dan sales.

Berikut ini salah satu contoh di mana mereka menggunakan “gaya kuis” untuk membantu menentukan selera individu dan pelanggan, sehingga mereka mendapatkan segmen dan pasar yang sesuai. Apa yang membuat ini sangat inovatif adalah bahwa kebanyakan orang tidak akan mengambil “survei pemasaran” tetapi mereka tidak keberatan coba-coba mengikuti kuis.

modcloth-style-whiz-quiz

 

Contoh lainnya adalah UncommonGoods, ecommerce yang menyediakan gift yang unik dan ide-ide gift untuk musim liburan. Di email marketing dalam rangka hari ibu, mereka menggunakan testimonial dari customer tentang gift mereka, ternyata hal sederhana ini membuat customer (gift-giver) lebih percaya diri bahwa mereka telah membuat pilihan yang tepat untuk orang-orang yang mereka sayangi.

Dengan melakukan langkah ini, resistensi customer untuk membeli sesuatu menjadi rendah.

UncommonGoods

Langkah Aksi:

  • Cari cara untuk mengubah database email Anda menjadi customer dengan cara yang lebih menyenangkan, seperti kuis dengan hadiah yang tidak terduga. 
  • Cari cara untuk meningkatkan social shares, customer reviews, dan pemberian rating (oleh customer) dalam kampanye email Anda. Orang-orang sangat dipengaruhi oleh pengalaman orang lain, sehingga menggunakan aspek-aspek ini sangat membantu untuk menggerakkan customer yang mungkin hanya “duduk di pagar” antara ingin membeli atau tidak.

Mendorong Exclusivity and Impulsivity

Media lifestyle Urban Daddy telah menemukan sweet spot yang mengingatkan bagaimana cara memanfaatkan pelanggan yang menjadi anggota list, dengan cara menjual item yang high demand tetapi sangat sulit dicari di toko manapun.

 

urban-daddy-perks-july-11

 

Email marketing provider Vertikal Respond  juga memiliki ide bagus yang meningkatkan konversi dan order mereka secara signifikan. Mereka mempromosikan deal sejenis Groupon melalui email mereka.

Halaman splash ini memiliki semua elemen flash yang bagus : kode kupon yang bisa dishare, penghematan yang signifikan dan deals yang sayang untuk dilewatkan karena diskon yang tinggi. Mereka juga menampilkan penghitung waktu mundur untuk mendorong pelanggan untuk mengambil deal dengan cepat. Kampanye email ini menghasilkan revenue lebih dari $ 18.000.

verticalresponse-dailydeal

Langkah Aksi:

  • Belajar dari kisah sukses pemasaran di luar industri Anda dan carilah cara untuk menggabungkan strategi apa yang bekerja dengan baik. Tak ada yang mengira Vertikal Respond akan menggunakan konsep  daily deals, tapi semua orang tahu akan arti dari limited time saving.
  • Ingatkan pelanggan berapa banyak Anda menghargai keanggotaan mereka (bahkan jika itu gratis) dengan menghadirkan fasilitas eksklusif yang akan sulit atau mustahil bagi orang lain untuk dapatkan.

Dengan beberapa perubahan cerdas dalam cara Anda memasarkan melalui email – semua orang menang!

 

Baca Juga : Waktu Yang Tepat Untuk Mengirimkan Kampanye Email Marketing