Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Bagaimana Membangun Tim yang Hebat

Posted by & filed under Running a Business.

Sebuah ide yang inovatif dapat menginspirasi pembentukan bisnis baru, tapi untuk mencapai ide yang hebat tersebut, dibutuhkan orang-orang yang brilian yang bisa membuat bisnis itu sukses. Michael Crom, Executive Vice President dan Chief Learning Officer dari Dale Carneigie Training dan co-author dari The Leader in You, membahas langkah awal untuk mensukseskan sebuah startup:

Bentuklah tim Anda. Carilah orang-orang yang hebat dan kembangkan kemampuan memimpin mereka, selama Anda masih memiliki waktu dan dana untuk itu.

Posisi apa yang paling penting untuk diisi pertama kalinya?

Hal paling pertama yang harus Anda perhatikan adalah Anda harus menentukan kompetensi Anda. Sebagai Founder dari perusahaan, Anda harus memiliki visi yang benar-benar jelas, dan tujuan yang jelas yang akan dicapai perusahaan Anda. Jika Anda tidak mampu memenuhi kebutuhan perusahaan Anda, maka hal pertama yang mungkin harus Anda kembangkan adalah peran pemimpin. Anda perlu mengidentifikasi apa saja yang perusahaan Anda butuhkan. Biasanya dalam sebuah startup, hal-hal yang dibutuhkan adalah kemampuan berkomunikasi, kemampuan marketing, kemampuan mengatur waktu, dan kemampuan managemen yang baik.

Sifat apa yang dibutuhkan seorang entrepreneur?

Sangat penting untuk mencari orang-orang yang bisa bekerja mencapai tujuannya dan bergairah dengan tujuan yang dimiliki perusahaan Anda. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah orang tersebut harus memiliki pengalaman di bidang yang sama dengan pekerjaan yang sekarang ia lakukan. Biasanya orang-orang tersebut bisa didapatkan di perusahaan-perusahaan kecil, karena biasanya mereka tidak terlalu memusingkan peraturan perusahaan dan regulasi-regulasi di perusahaan, yang tidak Anda miliki di startup Anda, sehingga mereka bisa lebih mandiri dan memanfaatkan kemampuan mereka sepenuhnya untuk bekerja dan tidak keberatan untuk melakukan banyak pekerjaan diluar batasan mereka.

Dimana orang-orang hebat itu bisa ditemukan?

Pebisnis pemula biasanya akan sangat bersemangat dengan bisnis baru mereka. Semangat dan antusiasme itu akan menarik orang-orang kedalam tim Anda, dan akan menarik orang-orang yang ingin membantu Anda. Tidak hanya sampai di situ, Anda juga perlu meluangkan waktu untuk aktif dalam komunitas. Anda juga dapat melakukan hal-hal yang dapat membantu orang lain yang mungkin tidak membantu Anda, dan suatu hari nanti Anda akan terkejut dengan orang-orang yang tidak Anda kenal yang tertarik dengan bisnis Anda. Dalam hal ini ditegaskan bahwa networking sangat dibutuhkan oleh siapa saja, apa lagi oleh seorang pebisnis startup.

Tips untuk menambah staff saat biaya terbatas

Saat biaya Anda terbatas, apakah Anda harus menambahkan staff ? Orang-orang seperti apa yang seharusnya Anda pekerjakan dari awal Anda membuka bisnis? Anda harus benar-benar mengidentifikasi orang-orang yang Anda pekerjakan. Apakah ia benar-benar tepat untuk dipekerjakan, atau ia hanya menambah beban dalam perusahaan? Saat biaya Anda terbatas dan Anda membutuhkan orang-orang yang tepat untuk dipekerjakan, pilihlah orang-orang yang memiliki latar belakang yang sesuai dengan bisnis Anda, atau setidaknya memiliki kemampuan dibidang keuangan, atau mungkin seorang marketer hebat. Saat bisnis Anda yang masih tergolong kecil ingin mencari pekerja yang tepat, pilihlah orang-orang yang berbeda dari Anda dan orang-orang yang memiliki multi talenta.