Bagaimana Membangun Website yang Baik dan Bernilai di Mata User | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Bagaimana Membangun Website yang Baik dan Bernilai di Mata User

Posted by & filed under Website.

Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat suatu website yang baik adalah memiliki URL yang baik juga. Pastikan untuk mendapatkan nama sesuai dengan bisnis Anda, tidak memiliki ejaan yang susah dan masih tersedia di social platform. Gunakan panabee untuk membantu mendapatkan nama yang kreatif dan Name Vine untuk menemukan nama yang masih tersedia.

Ketika Anda telah menentukan nama website Anda, sudah waktunya untuk membangun strategi dalam membangun reputasinya. Berikut 10 hal yang harus Anda lakukan agar dapat  memberikan kesan yang baik pada customer ,menambah digital footprint perusahaan, dan meningkatkan kekuatan brand Anda.

 

1.  Buat Logical User Flow

Benar, sebuah website harus memiliki sebuah tampilan yang menarik , namun membuatnya sangat mudah ditelusuri oleh user merupakan hal yang lebih penting. Anda harus membuat bagaimana user flow dari website Anda. User Flow yang mudah, akan baik untuk user experience dan SEO(Search Engine Optimization), karena google menganggap konten dan struktur website sebagai sebuah hal yang penting untuk menentukan ranking website Anda. Buatlah mapping website (wireframing) lalu tunjukkanlah pada teman Anda, apakah kira-kira sudah dimengerti? Jika teman Anda mengerti, kira-kira orang lain akan mengerti dan google bot akan membuat ranking daripadanya.

 

2.  Informasi penting bisnis Anda

 

Kesalahan terbesar dari seseorang ketika membuat website adalah mereka membuat website sesuai apa yang mereka inginkan, namun bukan yang mereka butuhkan. Sebagai contoh sebuah website restoran, semua ingin ada musik dan halaman about us yang besar, tetapi mereka lupa hal-hal basic seperti menu, informasi kontak dan petunjuk jalan.

Tetap pertahankan text seminimal mungkin di halaman mission statement website Anda, sehingga orang akan dapat menangkap maksudnya dengan mudah. Salah satu tips agar dapat menyampaikan informasi dan tujuan Anda adalah dengan membandingkan bisnis Anda dengan sesuatu yang lain. Jangan ragukan sesuatu yang ringkas, padat, dan jelas karena 1-2 kalimat sangatlah efektif.

Apapun bisnis Anda, diperlukan adanya informasi tentang apa maksud tujuan Anda, namun bukan berarti kita meninggalkan hal-hal pendukung seperti’musik’ di restoran di samping ‘menu’ yang kita butuhkan. semisal Anda adalah seorang retailer, tentunya selain info produk diperlukan juga gambarnya, jika Anda seorang penyedia jasa, jangan lupa testimoni Anda. Sebagai contoh sebuah wedding planner harus memiliki tulisan mengenai pengalamannya menangani sebuah pernikahan. Seorang web designer harus memberikan screen shot tentang hasil yang pernah dibuat. Seorang stylish salon harus memiliki sebuah testimoni tentang skill dan hasil akhir potongannya. Berikanlah informasi yang sekiranya user inginkan.

 

3. Informasi kontak

Informasi kontak Anda adalah hal paling penting di dalam bisnis. Mungkin Anda pernah merasakan bagaimana susahnya menghubungi kontak informasi yang berada pada website yang Anda kunjungi, menjengkelkan bukan? Maka dari itu hindari hal serupa terjadi pada pengunjung website Anda. Buatlah akses dan tampilan yang terlihat untuk form kontak informasi Anda seperti nomor telpon, email, alamat. Tidak ada yang lebih menyebalkan dari sulitnya melakukan kontak dengan binis/jasa yang dibutuhkan.

Letakkan informasi Anda entah alamat email maupun telepon dalam bentuk teks, jangan berupa gambar karena akan menyusahkan pengunjung menyalin informasi Anda . Alamat email harus dapat dengan mudah dicopy atau di-klik pengunjung agar memudahkan mengirimkan email kepada Anda.

Apabila Anda tidak ingin terganggu dengan telepon? Berikan saja kontak email Anda. Namun pastikan Anda dapat segera menjawabnya. Dan gunakan domain website Anda sebagai email pribadi agar terlihat lebih professional. Jika Anda menyukai interface Gmail, Anda bisa gunakan Google Apps untuk set up custom email. (ini gratis dampai dengan 10 alamat email).

 

4. Navigasi yang mudah

Buatlah website Anda dapat dengan mudah ditelusuri,  menggunakan  nama  yang familiar dan logical seperti contact, about, FAQ, dsb. Apabila tidak, akan membuat user beralih.

Ketika membuat strategi navigasi webstie Anda, pikirkan bagaimana Anda memanggil sebuah perintah atau aksi tersebut.  Apa yang Anda harapakan pada customer ketika berkunjung ke website Anda? Order/pesan? Email? Menjadi member? Atau yang lainnya? Tentukan goal Anda sejelas-jelasnya.

Pikirkan hal untuk customer potensial, berikan action items untuk memudahkan customer melakukan apa yang Anda ingin mereka lakukan.Birchbox sangat baik akan hal ini, mereka mendorong pada user untuk “learn more” dan mengarahkan mereka untuk mendapatkan sebuah hadiah Birchbox. Hal ini biasanya untuk pengunjung awal website tersebut.

 

5. Keamanan

Jika Anda menjual secara Online . Anda harus melakukan penjagaan pada website Anda dengan menggunakan sertifikat SSL. SSL akan mengenkripsikan komunikasi antara Anda dengan customer, (contoh: nomer kartu kredit, nomer KTP) yang dapat mengatasi ketakutan customer dalam memberikan informasinya. Karena akhir-akhir ini banyak sekali penipuan berbasiskan jual-beli  online. VeriSign, TrustE, Entrust, dan GeoTrust alah opsi yang baik untuk ditelusuri.

 

6. Integrasi dengan social media

 

Pastikan website Anda terintegrasi dengan social platform yang ada, seperti twitter, facebook, tumblr, youtube, linkedIn, dsb sebagai suatu cara untuk promosi,  karena social media memiliki peranan penting bagi dunia marketing saat ini.

Integrasi dengan beberapa social platform juga berfungsi untuk meningkatkan SEO Anda, menjaring beberapa customer baru. Namun perlu diingat bahwa hal ini dapat berjalan apabila juga didukung oleh adanya konten-konten baru yang update secara berkala. Jadi pastikan bahwa Anda selalu update konten website Anda.

 

7. Mendukung Mobile Application

Smartphone dan tablet sangatlah mempengaruhi  kenaikan web traffic saat ini, dan beberapa website berkembang menjadi aplikasi mobile . Andy Chu, direktur Bing for Mobile mengatakan “ 70% pekerjaan dapat selesai dalam jangka waktu 1 jam , dan dilakukan melalui mobile sites.”  Ini berarti bahwa sekarang orang-orang browsing web menjadi intens karena dukungan devices saat ini. Jadi, buatlah website Anda dapat dibaca di handheld devices.

Sampai dengan 2 tahun lalu, design suatu web berarti mendesign untuk dapat dibaca sebuah computer, namun sekarang berarti mendesign untuk semua yang berhubungan dengan internet. Seperti laptop, tablets, smartphone, dan semua yang memiliki ukuran yang berbeda. Bagaimana caranya? Buatlah suatu design yang responsive. Sebuah website yang responsive akan memudahkan website anda untuk menyesuaikan ukuran layar dimana website tersebut dibuka.

 

8. FAQ

Orang-orang sangat banyak mengajukan pertanyaan tentang apapun pada website Anda, maka untuk memudahkan Anda agar tidak selalu menjawab pertanyaan pengunjung yang masuk pada email Anda, buatlah rangkuman dari pertanyaan mereka, dan buatlah list serta jawabannya menjadi satu. Pertanyaan biasanya berkisar pada bahan baku yang digunakan (untuk mengetahui hal yang , cara pengiriman barang, sejarah perusahaan, ukuran, penundaan , ataupun pengembalian barang yang rusak (tergantung website yang Anda buat)

 

9. Hosting yang baik

Jangan meremehkan masalah hosting, Website Anda memerlukan hosting yang baik, berada pada mainstream provider, dan dapat menangani kerusakan apapun dalam waktu 24/7, karena apabila tidak , Anda bisa saja mendapatkan website Anda berada pada kecepatan yang rendah saat dijelajahi, susah untuk masuk kesana, dan menjadikan website anda berada pada ranking SEO yang rendah.

 

10. Jangan terlalu banyak fitur

Website haruslah simple! Bebaskan dari fitur-fitur yang kurang baik pada website Anda, seperti :

  • Musik
  • Flash
  • Apapun yang bersifat autoplay
  • Informasi dan media yang tidak perlu, akan membuat website Anda lambat.

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games