Bagaimana Menjadi Sukarelawan Membantu Saya Membangun Sebuah Bisnis | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Bagaimana Menjadi Sukarelawan Membantu Saya Membangun Sebuah Bisnis

Posted by & filed under Motivation & Inspiration.

rama dhonanto dan Ghafar

Editor’s Note: Artikel ini ditulis oleh Rama Dhonanto, Co-Founder Sportdeca.com dalam blognya www.ramadhonanto.com.

Ini adalah foto saya bersama Mohammed Ghafar tahun 2013 di Auckland, New Zealand. Seorang pengungsi asal Afghanistan yang diterima oleh pemerintah New Zealand untuk menjadi penduduk tetap di sana. Untuk mencapai New Zealand, perjalanan Ghafar sangatlah tidak mudah. Ghafar terpaksa berpisah dari keluarganya setelah melarikan diri dari Afghanistan akibat konflik yang berkepanjangan. Pemuda 26 tahun ini melarikan diri dari Afghanistan ke India, setelah kurang dari satu tahun berada di pemukiman pengungsi di sana, Ghafar dipindahkan ke Fiji, sebuah negara kepulauan di samudera Pasifik. Ghafar bertahan hidup di Fiji selama 2 tahun, sebelum akhirnya UNHCR (organisasi PBB yang mengurus pengungsi) dan pemerintah New Zealand memindahkan dia untuk menetap di Auckland, New Zealand.

Saya waktu itu menjadi sukarelawan di Refugee Services, sebuah organisasi non-profit yang membantu para pengungsi untuk memulai hidup barunya di New Zealand. Setelah mendapatkan training selama 2 bulan, sayapun diberikan tugas untuk membantu Ghafar selama 4 bulan pertamanya di New Zealand. Perlu anda tahu, bahwa para pengungsi adalah survivor yang mempunyai mental luar biasa. Seorang Ghafar sudah melihat kekejaman tentara Taliban langsung dengan matanya sendiri. Pengorbanan dia melarikan diri dan berpisah dengan keluarganya untuk mencari hidup yang lebih baik adalah sebuah perjuangan yang sangat luar biasa. Cerita lengkap saya bersama Ghafar bisa dilihat di sini.

Selama bertahun-tahun belakangan ini sampai sekarang, saya terus mencoba aktif di kegiatan sosial. Dari mulai penggalangan dana untuk Red Cross, membangun komunitas, sampai belajar bersama anak-anak kurang mampu. Kita juga sering mendengar bagaimana pengusaha suskes seperti Bill Gates atau Warren Buffet mendonasikan waktu dan harta mereka untuk kepentingan sosial.

Untuk pribadi sendiri, selain memberikan diri sendiri kesempatan untuk membantu sesama, kegiatan sosial ini memiliki impact sangat positif dalam dunia saya berkarir dan berbisnis.

1. Kemampuan bertahan hidup. Jika kita merasa rintangan berbisnis sangat berat, lihat bagaimana perjuangan anak-anak dikolong jembatan untuk bertahan hidup, jauh lebih berat. Melakukan kegiatan sosial memberikan kita motivasi extra untuk tidak mudah menyerah.

2. Kemampuan beradaptasi. Ketika Ghafar di India, dia bertahan hidup dengan menjual makanan di pasar. Ketika di Fiji, dia menjadi seorang penjahit baju. Di New Zealand, dia bekerja di toko kebab. Di situ saya belajar bahwa uang bukanlah penyelaman, namun kemampuan kita untuk beradaptasi yang menentukan apakah kita bisa survive atau tidak.

3. Do it for people. Membangun bisnis bukanlah semata untuk mencari keuntungan atau ketenaran. Tapi bagaimana bisnis kita membantu orang lain untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Kegiatan sosial memberikan sebuah pelajaran untuk selalu ingat dengan orang sekitar kita. Dan berkontribusi ke orang lain memiliki kepuasan jauh lebih besar dibanding kesuksesan kita dalam berkarir atau berbisnis.

Terkadang ketika kita menjalankan sebuah bisnis, kita terjebak untuk mencari cara membesarkan bisnis di dalam ruang lingkup bisnis itu sendiri. Padahal banyak solusi yang kita dapat ketika kita berbaur dengan masyarakat sekitar dan membantu sesama. Jadi saran saya, ketika kita stuck dalam berbisnis, cobalah untuk meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan sosial. Banyak sekali masyarakat disekitar yang butuh bantuan. Saya jamin, akan banyak pelajaran yang di dapat untuk diri sendiri dan untuk bisnis yang sedang kita jalankan.

Baca Juga : Bagaimana Memulai Menjadi Pengusaha

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.