Facebook Batasi Post Jualan dan Promosi pada Update Terbaru | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Bersiaplah! Facebook Batasi Post Jualan dan Promosi pada Update News Feed Algorithm Terbarunya

Posted by & filed under Facebook, internet marketing, Sales & Marketing.

facebook-news-feed

Anda yang sedang belajar facebook marketing, perlu tahu tentang News Feed Algorithm. Januari 2015 kemarin, Facebook mulai mengaktifkan update terbarunya untuk News Feed Algorithm-nya atau sering juga disebut dengan istilah EdgeRank. Update terbarunya akan menjadi pukulan mundur untuk para pebisnis, karena post yang mendorong user membeli produk atau mengikuti promosi akan dibatasi kehadirannya pada News Feed para user.

Apa itu EdgeRank?

Saya akan membahas secara singkat untuk Anda yang belum paham istilah ini.

EdgeRank adalah istilah yang sering dipakai untuk menyebut algoritma News Feed yang digunakan Facebook untuk menentukan post akan ditampilkan pada News Feed setiap user. Jadi ini adalah semacam filter untuk setiap post yang bagikan secara organik di Facebook.

FBEdgeRank

Sebenarnya, istilah EdgeRank sudah lama tidak dipakai secara internal oleh Facebook. EdgeRank yang original hanya memiliki 3 faktor, namun sekarang telah berkembang hingga ribuan faktor dan akan terus disempurnakan untuk meningkatkan user experience.

Mengapa ada News Feed Algorithm?

Menurut penjelasan resmi dari Facebook, alasan utama user mengunjungi Facebook adalah untuk melihat News Feed mereka. Maka, Facebook berusaha untuk hanya menampilkan hal-hal yang relevan dan ingin dilihat oleh user pada News Feed-nya.

Dengan meningkatnya jumlah konten yang dibuat dan dibagikan setiap harinya, hingga 1500 post dapat muncul di News Feed setiap kali user log in di Facebook. Bahkan untuk user yang ‘like’ banyak page dan mempunyai banyak teman, post yang muncul bisa mencapai 15000 setiap kali login. Pada tahun 2014, Director of Product Management Facebook mengatakan bahwa jumlah Page yang di ‘like’ user, rata-rata mengalami peningkatan sebesar 50% dari tahun lalunya.

Maka dari itulah Facebook membuat News Feed Algorithm untuk memilih / memfilter post yang akan ditampilkan pada News Feed setiap user dan meningkatkan user experience.

Apa saja yang akan dibatasi News Feed Algorithm pada update terbarunya?

Dengan secara berkelanjutan mensurvey penggunanya, Facebook menemukan bahwa pengguna ingin melihat lebih sedikit konten promosi. Banyak pengguna yang merasa post dari Page yang mereka ‘like’ terlalu promosional.

Maka, Facebook akan membatasi jumlah organic reach untuk konten yang terlalu promosional. Berikut 3 kriteria untuk organic post yang terlalu promosional berdasarkan penjelasan resmi dari Facebook :

  1. Post yang isinya hanya untuk mendorong user membeli produk atau menginstall aplikasi.
  2. Post yang isinya mendorong user untuk mengikuti promosi dan undian tanpa konteks yang nyata
  3. Post yang konten sama persis dengan yang digunakan pada iklan (Ads) atau dengan kata lain menggunakan ulang konten dari iklan sebagai post

Contoh postnya berdasarkan penjelasan Facebook :

contoh-post-yang-terlalu-promosional news-feed-algorithm-too-promotional-post

Apa pengaruh News Feed Algorithm terhadap bisnis Anda?

Jika Anda mempunyai bisnis dan sangat mengandalkan Facebook Fan Page untuk berjualan, maka ini akan berpengaruh besar untuk Anda. Setiap Anda memposting sesuatu di Fan Page, TIDAK semua Fans Anda akan melihatnya di News Feed mereka karena terfilter oleh News Feed Algorithm.

Ketika Anda post sesuatu di Fan Page dan fans Anda melihat post tersebut tanpa Anda harus membayar apapun untuk melakukannya, ini dinamakan Organic Reach. Jika Anda membayar untuk memperlihatkan sebuah post pada Fans, namanya adalah Paid Reach.

Makin tingginya persaingan konten dan adanya News Feed Algorithm, menyebabkan organic reach Fan Page semakin kecil. Menurut studi yang dilakukan oleh EdgeRank Checker, organic reach Fan Page semakin menurun dari waktu ke waktu.

edgerankUpdate terbaru News Feed Algorithm ini akan membuat organic reach Anda lebih kecil lagi, khususnya jika Anda membuat post yang memenuhi tiga kriteria tersebut. Anda akan melihat organic reach Anda mengecil dari waktu ke waktu jika konten yang Anda share tergolong konten yang terlalu promosional.

Ini artinya, Anda akan semakin sulit untuk berjualan sesuatu dengan mengandalkan organic reach dari Fan Page. Namun, tentunya Anda dapat tetap menggunakan Facebook Ads untuk mengiklankan promotional post pada target customer Anda.

 

Baca Juga

Cinemagraphs, Format Iklan Baru Facebook, yang Akan Membuatmu Terpikat

Tools Baru dari Facebook yang Mampu Menilai Relevansi Suatu Iklan

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games