Bill Gates Sampai Mengeruk Tempat Sampah Untuk Belajar Programming! 5 Tips Sukses Membangun Startup dari Bill Gates | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Bill Gates Sampai Mengeruk Tempat Sampah Untuk Belajar Programming! 5 Tips Sukses Membangun Startup dari Bill Gates

Posted by & filed under Motivation & Inspiration.

 


 

 

Lebih dari 30 tahun lamanya, Bill Gates menduduki posisi puncak dalam industri perangkat lunak (software industry). Seperti halnya Steve Jobs, Michael Dell dan Larry Ellison (Oracle), ia adalah salah satu founder startup yang menjadi kemudi utama di perusahaannya. Selain itu, seperti Steve, Michael dan Larry juga, Gates juga mahasiswa yang gagal lulus dari perguruan tingginya. Dan, berikut ini, Bill membagikan lima tips sukses membangun startup untuk Anda.

.
Bill-Gates-

1. Biarkan Ide Muncul Darimana Saja

“Di Microsoft, terdapat sejumlah ide-ide brilian, tapi kebanyakan menganggapnya jika ide tersebut muncul dari atasan dan para petinggi perusahaan. Padahal, tidak demikian.”

Pemimpin startup yang efektif akan memungkinkan ide-ide terus mengalir dari tiap bagian perusahaan mereka, dibanding memonopoli ide dan membatasinya hanya pada pimpinan. Pemimpin startup yang baik adalah mereka yang mampu menjadikan kegagalan mereka sebagai pelajaran untuk mengembangkan ide baru dari mana saja, untuk keberhasilan tim mereka.

2. Menguasai Keterampilan Utama

“Cara terbaik untuk menyiapkan diri menjadi seorang programmer adalah dengan menulis barisan kode, dan cara untuk belajar membuat program yang terbaik adalah dengan mempelajari program baik apa yang sudah dihasilkan. Pada kasus saya, saya mendatangi tempat sampah di Computer Science Center, mengambil kertas-kertas yang dianggap sampah oleh programmer di situ dan membuat daftar mengenai sistem operasi mereka.”

Bill Gates menyarankan untuk menguasai dua kemampuan penting: selling and coding. Mark memberi tahu, jika seorang pengusaha tidak bisa menjadi master developer, tapi memahami secara baik mengenai proses pengembangan software, pengusaha tersebut bisa menjadi pemimpin startup yang bagus dan efektif.

Tidak ada yang benar-benar menempatkan Bill menjadi master programmer. Namun, ia tetap menjadi tangan pertama yang menemukan pengetahuan tentang bagaimana suatu software dibuat, mengujinya dan memfasilitasi penjualannya hingga menjadi sebuah eksekusi yang bagus di Microsoft.

3. Hemat !

“Dibanding membeli pesawat dan bermain-main seperti para kompetitor kami, kami lebih memilih untuk menaruh fokus kembali ke dalam perusahaan.”

Microsoft adalah salah satu perusahaan high-tech yang sukses, yang tidak mendistribusikan keuntungan mereka pada para pemegang saham. Bill percaya bahwa keuntungan yang Microsoft hasilkan akan memberikan kontribusi lebih besar kepada pemegang saham, jika itu diinvestasikan kembali ke dalam perusahaan, bukan dibagikan dalam bentuk dividen. Walau pada akhirnya, hingga tahun 2003, Microsoft dikabarkan mengeluarkan dividen pertama mereka.

4. Point penting yang membangunkan mahasiswa dari tidurnya

“If you think your teacher is tough, wait until you get a boss.”

Walaupun tidak lulus dari perguruan tinggi, Bill telah menjadi pembicara pada ribuan mahasiswa selama beberapa dekade terakhir. Saran yang Bill berikan pada dasarnya adalah, “Life is not divided into semesters. You don’t get summers off and very few employers are interested in helping you find yourself.”

Saran Bill tersebut juga diterapkannya pada budaya kerja Microsoft, dimana ia mendorong adanya kompetisi internal dalam perusahaannya. Seperti yang pernah dicantumkan dalam Core Values, budaya kerja sebuah startup sepenuhnya ada di tangan Anda. Selain keuntungan, konsumen dan karyawan yang Anda punyai, budaya kerja startup yang sehat dan nyaman, akan menjadi salah satu asset berharga bagi Anda.

5. Intelectual Property pada umumnya tidak memiliki nilai tinggi untuk Startup

“Intellectual property has the shelf life of a banana.”

Kebanyakan startup meng-over estimate value dari intelectual property. Kecuali apabila startup Anda bergerak di penelitian untuk menghasilkan terobosan baru dalam dunia ilmiah. Jadi, lebih baik fokus pada bagaimana meningkatkan kemampuan startup Anda untuk memenangkan diri dari kompetitor yang ada.

Kesuksesan Microsoft adalah bukti bahwa intelektual terbaik tak selamanya diperlukan untuk mendominasi pasar. Sekarang ini, high switching cost, distribusi besar-besaran dan  kombinasi keduanya telah membawa Microsoft menjadi yang terdepan di pasar. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang high switching cost bisa baca di : Yang Perlu Anda Tahu Tentang Konsep Membangun Bisnis Startup Senilai 1-3 Triliun Dalam 3 Tahun Tanpa Modal

 

Baca juga

Beberapa kalimat tentang hard work yang tidak bisa saya lupakan

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.