Bos HR Google Menjelaskan Dua Cara Untuk Mencegah Karyawan Terbaik Anda Untuk Keluar Dari Perusahaan | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Bos HR Google Menjelaskan Dua Cara Untuk Mencegah Karyawan Terbaik Anda Untuk Keluar Dari Perusahaan

Posted by & filed under Leadership & Managing.

Google

Dalam ilmu ekonomi saat ini, sumber daya manusia merupakan aset yang paling berharga dari perusahaan. Kehilangan seorang karyawan yang berbakat atau cerdas, dapat mengakibatkan cost yang sangat tinggi.

Laszlo Bock, SVP dari Google bagian People’s Operation sekaligus pengarang sebuah buku “Work Rules!” berbicara kepada Stephanie Ruhle saat diinterview oleh Bloomberg bahwa banyak perusahaan tidak tahu bagaimana cara menjaga karyawan terbaik mereka.

Bock juga mengatakan bahwa “people dont stay for money”. Contohnya seperti Google, lebih dari 1/3 dari 100 karyawan pertama Google masih bekerja di perusahaan meskipun mereka telah menghasilkan uang yang sangat banyak pada saat Google IPO.

Menurut Bock, ada 2 hal yang membuat karyawan tetap tinggal dalam sebuah perusahaan yaitu :

1. Kualitas dari orang-orang tempat mereka bekerja.

Itulah mengapa proses perekrutan sangat penting!. Google menetapkan standard yang sangat tinggi untuk setiap orang yang mereka rekrut. Entah itu seorang  administrative assistant atau senior engineer, setiap kandidat dipilih dan disaring oleh calon boss mereka, calon rekan mereka, hiring committee, dan CEO Google itu sendiri Larry Page.

2. Perasaan bahwa pekerjaan yang mereka lakukan itu bermakna

Bock mengatakan bahwa yang orang-orang mau lebih dari sekedar uang, mereka ingin melakukan hal yang dapat berarti. Dengan membuat karyawan memiliki suatu ‘purpose’ saat mereka bekerja dapat meningkatkan retention dengan sangat baik. Dia mengutip riset dari Wharton oleh Professor Adam Grant bahwa ketika orang dapat mengerti bahwa pekerjaan mereka dapat berarti sesuatu maka hal tersebut dapat meningkatkan produktifitas mereka hingga lebih dari lima kali lipat.

Menariknya, benefit ekslusif yang diberikan google seperti makanan gratis, in-house massages, dan laundry gratis adalah suatu hal yang sangat bagus, namun semua hal tersebut bukanlah faktor utama mengapa karyawan mereka tetap tinggal di perusahaan tersebut.

Sekali lagi, bahwa benefit tersebut bukanlah faktor utama untuk mempertahankan karyawan atau bahkan menarik calon karyawan baru, namun ketika benefit tersebut dapat memberikan efisiensi, community, dan lingkungan yang baik maka Bock percaya bahwa hal tersebut dapat membuat karyawan tidak akan berpikir untuk meninggalkan perusahaan tersebut.

 

Sumber : Businessinsider

 

Baca juga

Cara Google Memantau KPI Karyawan dengan OKR (Objective and Key Result)

Startup Service, Antara Cash Flow Jangka Pendek dan Skalabilitas

Burn Rate, Unit Economics, dan Kapan Waktu yang Tepat Bagi Startup Untuk Membakar Uang Besar Per Bulan

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.