Cara membuat toko online | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Cara Membuat Toko Online : 3 Faktor Kunci Dalam Memilih Niche Pasar

Posted by & filed under Ecommerce, Featured.

niche

Editor’s note : Artikel ini adalah series of article “Cara membuat toko online”  untuk mengedukasi ekosistem internet entrepreneur tentang ecommerce. Jika Anda membutuhkan platform ecommerce toko online yang baik, gunakanlah Bigcommerce. Platform Bigcommerce memudahkan Anda untuk membuat online store dengan mudah dan fitur yang lengkap.

 

Ketika Anda akan membuat toko online dan memilih suatu niche untuk ditarget, Anda seharusnya membangun toko untuk menyasar niche itu dengan cara memuat keyword-keyword yang relevan dengan bisnis Anda. Beberapa artikel kami yang menjabarkan tentang keyword bisa dibaca di “Keyword research tactic oleh @AhmadZakyi” dan “riset pasar sebelum memulai bisnis“.

Terdapat ribuan frasa keyword di luar sana. “Baju wanita murah”, “busana muslim anak”, “bunga dukacita Jakarta” dan sebagainya, terdapat 3 kunci utama yang bisa Anda pertimbangkan dari setiap keyword.

 

Kunci #1 :  Intention to buy (Keinginan untuk membeli)

Faktor yang paling utama dan paling penting apa yang disebut “intent to buy.”

Frasa keyword harus mewakili sebuah produk atau servis yang menarik untuk dibeli customer.

Semakin jelas suatu frasa keyword menunjukkan bahwa customer sedang berada dalam “buying mode” maka performa keyword tsb untuk perform menghasilkan sales akan semakin baik.

Contohnya “baju batik diskon” menunjukkan adanya intention to buy (keinginan untuk membeli).

Bandingkan dengan “baju batik” yang memiliki intention to buy kecil, bahkan mungkin yang melakukan googling dengan “baju batik” hanya orang yang mencari informasi tentang batik dan tidak ingin melakukan pembelian.

 

Kunci #2 :  Keuntungan Per Order

Pilih jajaran produk yang bisa memberikan Anda keuntungan antara 10-20% untuk setiap order yang diproses. Kita membicarakan “profit” di sini bukan pendapatan.

Ketika Anda pertama kali mencari sebuah frasa keyword Anda tidak akan tahu margin pendapatan yang Anda bisa dapatkan, direkomendasikan tetapi Anda bisa mengasumsikan pendapatan sekitar 10-20%. Ini berarti Anda harus mendapatkan order minimal Rp. 1 juta untuk mendapatkan Rp.100 – 200 ribu per order. Anda juga harus ingat kalau tidak setiap barang dijual satuan, jadi Anda harus memperkirakan kuantitas item dari setiap jenis order untuk setiap tipe produk.

 

Kunci #3  :  Seleksi Berdasarkan Barang yang ada di Retail Besar

Jangan memilih sebuah produk yang tersedia di banyak tempat di supermarket nasional. Tidak masalah apabila hanya beberapa toko khsusus yang menjualnya dan penawaran yang terbatas, tetapi Anda akan sulit berkompetisi apabila supermarket seperti Giant, Indomaret yang mempunyai jaringan distribusi di seluruh kota dengan produk yang bervariasi.

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.