Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Cara Membuat Toko Online : Sharing dari Kopdar Online Shop Jakarta

Posted by & filed under Cara Membuat Toko Online, Ecommerce, Featured, Logistik.

 

Editor’s note : Artikel ini adalah isi sharing dari Kopdar Online Shop yang diadakan di Jakarta pekan lalu.

 

Perkembangan dari bisnis online yang semakin meningkat sejak tahun 2011 membuat penetrasi dari internet telah dapat mencapai angka 20 persen dari total populasi Indonesia. Penetrasi internet yang mencapai 20 persen ini, berarti prospek dari bisnis online masih mempunyai pangsa pasar yang cukup luas di Indonesia. ShopFair Chairman Andi S Boediman memberikan tips dan trick tentang bagaimana memulai bisnis online dan cara pemasarannya.

Menurut Andi, yang perlu anda pelajari untuk dapat memahami proses menjadi seorang penjual online adalah dengan menjadi seorang pembeli di toko online. Mengapa Demikian?

Karena dengan kita membeli beberapa kali produk atau barang yang ada, kita akan dapat merasakan experience market yang ada seperti apa? Contohnya di Facebook seperti apa? Di BlackBerry seperti apa? Jadi  mereka sudah tahu bagaimana menjadi penjual yang baik dari pengalaman pertama sebagai pembeli terlebih dahulu.

Orang yang menjadi penjual bisnis online itu  awalnya adalah pembeli. Jadi pembeli itu akan mengalami size yang tidak tepat, misal kok potongannya begini, mereka lalu mencoba. Dan mencoba jualan kecil-kecilan dulu, tetapi lama-lama jadi seru, dan akhirnya berjualan.

Setelah itu, pelaku biasanya akan berpikir bagaimana untuk bisa mendapatkan source atau stok barang yang ada, stock barang biasanya bisa didapatkan dari barang yang unik, dengan harga yang bagus, bersaing dan kalau bisa ekslusif.

Pelaku bisnis online kemudian akan berpikir tentang bagaimana mencari tempat jualan yang sudah mempunyai traffic atau sudah menjadi pusat keramaian.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara alternatif yang ada. Pertama adalah dengan memilih komunitas yang sudah ada dengan menggunakan Facebook, Kaskus, dan tempat lain yang sudah memiliki traffic, customer juga bisa dari kenalan atau teman yang sudah menggunakan blackberry. Itu adalah cara pertama untuk bisa mendapatkan customer pertama.

IMG_7051

Dengan memiliki tempat jualan yang ramai di Facebook, Kaskus yang juga sudah ramai, serta beberapa tempat lain yang juga ramai pasti sudah ada trafficnya, jangan di tempat yang sepi, meski ada saingannya. Jika mereka sudah mendapatkan pasar, kemungkinan lama-lama customer juga akan bosan dan coba cari toko lain.

Penjual online pelan-pelan akan menggunakan iklan untuk dapat memasarkan bisnis online melalui Facebook, Google, dan beriklan melalui Toko Bagus dan Berniaga, dalam hal ini penjual online sudah harus spend uang.

Dari aspek operasional, salah satunya adalah aspek teknis yaitu website Anda harus dapat up and running. Hal ini berhubungan dengan kemampuan teknologi yang ada. Untuk proses setup awal, penjual online dapat menggunakan software dengan membayar Rp 1 juta- Rp 2 juta. Termasuk di dalamnya biaya jasa satu bulan Rp 1 juta, sudah termasuk dengan platform, source, design dan semuanya. Setelah mereka sudah dapat mengoperasional set up source yang ada, mereka dapat mulai untuk berjualan. Setelah ada transaksi , mereka akan memulai dari proses menerima telepon, pemesanan, pengiriman, ngepacking barang sampai pembayaran dan itu sudah ada unsur dari pengiriman dan pembayaran.

Andi juga menambahkan bahwa bisnis online itu dibangun sesuai repeat order yang ada, seiring berjalannya waktu harus mempunyai toko sendiri. Ke depannya Anda harus mempunyai toko online untuk anda sendiri. Jangan cuma mengandalkan menjual di Facebook dan market place yang sudah ada. Karena kita juga tidak tahu sampai kapan itu dibuat free. Dan jika sudah tutup bagaimana? Jadi mereka harus mempersiapkan diri dengan mempunyai store di luar selain store online dengan lapak orang.

Salah satu acuann penting dalam ecommerce adalah dari sisi harga, tetapi bukan satu-satunya. Ada banyak unsur yang lain, pelayanan, kualitas barang adalah aspek penting lainnya

 

Logistik dalam ecommerce

Ada beberapa poin yang menjadi perhatian bagi siapa saja yang ingin dapat membuat toko online dari awal dengan mudah. Faktor yang paling utama adalah rasa aman. Konsumen sangat berharap dapat berbelanja dengan aman saat berbelanja toko online. Biasanya fasilitas pembayaran yang sering dipakai adalah cash on delivery (CoD).

Konsumen lebih memilih  cara pembayaran CoD dikarenakan konsumen dapat mengecek kualitas barang yang dipesan sebelum terjadinya pembayaran. Sistem pembayaran tersebut semakin diminati oleh konsumen di Indonesia karena konsumen dapat merasakan pengalaman berbelanja konvensional hanya dengan melihat barang yang di-disiplay di toko online tersebut.

Beberapa produk yang dibeli dengan menggunakan fasilitas pembayaran CoD biasanya peralatan elektronik, kebutuhan fashion dan beberapa produk kecantikan. Andi S Boediman menambahkan bahwa umumnya semua pelanggan mempunyai keinginan yang sama, jika harganya murah, barangnya bagus dan cepat sampai. CoD dapat memberikan kecepatan dan trust.

Trend dari penggunaan fasilitas CoD ini juga dilakukan oleh konsumen di luar negeri, dan biasanya konsumen di luar lebih kritis saat berbelanja online. Mereka dapat saja membeli dua produk sejenis dengan ukuran yang terlihat berbeda hanya untuk dapat memastikan ukuran yang tepat. Perilaku berbelanja terbentuk saat berbelanja produk fashion.

IMG_7013

Ketika ada kurir datang, konsumen mencoba melihat adanya kedua ukuran barang yang dipesan dan hanya dengan membeli sesuai dengan kebutuhan yang ada. Barang yang tidak pas dapat dikembalikan kepada pihak penjual tanpa harus membayar biaya tambahan atau sesuai dengan kesepakatan awal yang ada.

Jika di Indonesia, perilaku yang ada masih belum masif, tetapi sudah mulai terlihat. Konsumen pemula pada umumnya menyukai sistem pembayaran CoD.

VP Marketing and Business Development Lazada.co.id, Rizki Suluh Adi mengatakan, faktor utama yang dapat membuat CoD atraktif adalah dari sisi minim resiko yang ditanggung oleh konsumen baru. Dengan adanya perilaku berbelanja yang ada terlihat akan berubah berhubungan dengan kualitas pelayanan yang didapatkan selama berbelanja.

Konsumen biasa akan menggunakan jenis fasilitas pembayaran dengan menggunakan transfer atau kartu kredit. Sebab konsumen mulai merasakan adanya kerepotan saat mencocokkan jadwal dengan kurir saat datang karena dia mempunyai kesibukan di luar rumah.

Rizki menambahkan bahwa kendala dari CoD ini biasanya terletak pada jadwal konsumen yang ada, mereka biasanya memiliki rutinitas yang harus dapat dikerjakan di luar rumah sehingga harus dapat mencocokkan jadwal bertemu kurirnya akan terlihat sulit. Atau mereka juga harus menitipkan uang kepada orang dengan jumlah yang belum tentu selalu sama.

Jika dilihat dari wilayah pelayanan yang dapat dijangkau dengan menggunakan fasilitas CoD juga terbatas. Pelaku bisnis umumnya hanya melayani permintaan konsumen yang berada di kota besar. Umumnya berada di pulau Jawa dan beberapa kota utama di Sumatra dan Sulawesi. Hal ini karena adanya keterbatasan armada yang ada. Harga barang yang dapat dipesan dengan fasilitas tersebut biasa dimulai dengan harga tertentu. Aturan yang ada diberlakukan sebagai bagian dari keamanan untuk pihak penjual. Rasa aman itu ada dari dua sisi. Konsumen akan mulai berpikir apakah dia aman, dan tidak ditipu saat membeli barang. Penjual juga akan mulai berpikir apakah konsumen ini benar-benar dapat memesan dan tidak akan ditipu.

Andi S Boediman Menjelaskan dari beberapa poin yang perlu dicatat dalam membangun toko online yaitu :

  1. Membangun dan konsisten mempertahankan kepercayaan.
  2. Komunikatif
  3. Efisien dalam proses marketplace
  4. Fokus pada desain situs anda untuk pertama kali, contoh dengan mempresentasikan produk anda sendiri dengan baik. Serta deskripsi yang jelas dalam setiap produk, ini sangat penting dalam memberikan keterangan dari setiap listing produk yang terlihat dalam website anda
  5. Proses Delivery yang cepat
  6. Customer Service yang tanggap
  7. Proses return and refund yang responsive
  8. Full Operation tim inhouse
  9. Timing yang cepat dan tidak lama dalam mengirimkan barang

Bagi yang baru memulai toko online dengan modal terbatas, ada salah satu inspirasi yang cukup menarik dari saqina.com.

Secara umum untuk dapat memulai bisnis online,anda dapat memulainya dengan menggunakan software ecommerce dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar Rp 1 juta – 2 juta rupiah. Setelah itu anda dapat mulai dengan menyasar konsumen yang anda mau tuju. Jika Sagina.com lebih memilih sasaran konsumen ibu-ibu yang membutuhkan fashion baru, maka anda dapat mulai melakukan segmentasi terlebih dahulu dari sisi konsumen yang ingin anda tuju nantinya.

Setelah itu yang paling penting adalah ketersediaan barang yang ada, Anda tentu harus menyediakan stock yang cukup untuk dapat melayani pembeli online. Kemudian pahami konsumen anda adalah merupakan salah satu tips yang cukup penting dalam membangun toko online yang ada. Untuk hal-hal yang teknis seperti term and condition, anda dapat memulainya dengan cara ATM atau bisa disebut dengan Amati , Tiru dan Modifikasi dari persyaratan yang ada dari toko-toko besar online. Dalam hal pemasaran, maka anda dapat meniru konsep dari toko online Sagina dengan modal terbatas yaitu dengan menggunakan teknik silent marketing atau pemasaran dari mulut ke mulut.

 

Baca Juga  :  Startupbisnis Ngobrolin Ecommerce di Senayan City