Dalam Memberikan Feedback, Expert Juga Bisa Salah | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Dalam Memberikan Feedback, Expert Juga Bisa Salah

Posted by & filed under Idea Generation, Motivation & Inspiration.

 

cara mencari ide bisnis online

 

Banyak yang bilang jika Anda punya ide bisnis, ceritalah ke banyak orang untuk meminta masukan, ada yang bilang bicaralah kepada minimal 50 orang. Hal ini menjadi sangat penting terutama jika ide bisnis Anda adalah jenis ide yang belum proven di market, misalnya mobile app untuk menemukan user Facebook terdekat (location based) dengan Anda yang memiliki wajah mirip dengan Anda.

Kenyataannya saat Anda bertanya pada teman, keluarga, pacar biasanya mereka akan bilang “wahh ide baguss !” karena mereka tidak mau menyakiti hati Anda. Padahal jika Anda bertemu user sebenarnya mereka akan mengatakan “wah kami tidak butuh produk ini”.

Mencari orang untuk dimintakan masukan tentang produk Anda juga merupakan seni tersendiri, salah satu orang yang perlu Anda tanyakan adalah expert, yang berarti orang-orang yang memiliki pengalaman di niche/bidang industri yang anda target.

Namun bukan berarti masukan dari rekan-rekan expert adalah hal yang paling benar, karena mereka memberi masukan dari sudut pandang pengalaman mereka di mana seringkali mereka memiliki pengalaman berbeda-beda.

Minggu lalu dalam workshop Skystar Ventures, Novistiar Rustandi director Founder Institute menyampaikan beberapa pendapat dari expert yang memberikan masukan untuk beberapa ide sebagai berikut :

At&T   why would you want to hear a voice ?

Ford   but, we want faster horses

Microsoft, apple   but, PCs are toys

Sony walkman   people want bigger, not smaller audio tool

Google   search is over, yahoo won

Sedangkan di Indonesia, ada cerita di mana William founder Tokopedia melakukan pitching selama 2 tahun dan ditolak terus. Jika ia mendengarkan pendapat para expert di masa itu, tidak ada ceritanya Tokopedia bisa menjadi sebesar ini.

Kadang orang akan bilang “kamu tidak bisa” tetapi kamu tidak perlu mendengarkannya. – William Tanuwijaya

Mungkin saja para expert akan mengatakan Anda gila, tetapi ..

Steve Jobs

 

Baca juga

Bagaimana Rasanya Pitching 2 Tahun dan Ditolak Terus ? @LiamTanu Co Founder @Tokopedia Membagi Pengalamannya

Cara Mencari Ide Bisnis Online

Mengetahui Jenis dan Angka-Angka di Bisnis Online Travel Indonesia

 

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.