Cara Mencari Ide Bisnis Online | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Cara Mencari Ide Bisnis Online

Posted by & filed under Idea Generation, Startup.

1384125_10202388026528954_495457254_n

 

Ada banyak cara dan banyak sudut pandang untuk mencari ide bisnis (Baca : 23 cara mencari ide bisnis), Alexis Ohanian (Co Founder Reddit) Menjelaskannya dengan sangat baik di bawah ini.

 

Internet itu kejam dan sulit untuk ditebak. Waktu Anda untuk mendapatkan perhatian dari visitor Anda sangatlah pendek (low attention span). Video kucing lucu bisa untuk mengecoh perhatian visitor Anda setiap saat, oleh karena itu apa yang Anda sajikan harus menarik mereka. Dan tentunya setelah itu Anda harus bisa menyediakan apa yang mereka mau atau mereka tidak akan mengikuti apa yang Anda mau, apalagi untuk kembali lagi ke website Anda.

Saya melihat banyak startup yang dibuat dengan teknologi hebat dengan harapan orang-orang mau untuk menggunakannnya untuk mendapatkan solusi yang diinginkan. Bagi saya, rute ini lebih sulit daripada mengidentifikasi real problem terlebih dulu kemudian mencoba menyelesaikannya dengan cara yang sederhana secepat mungkin.

Lebih buruk lagi banyak para founder yang masih senang melakukan brainstorming untuk membuat sesuatu dan membuat mock-up dalam pikiran mereka. Yang harus Anda lakukan adalah carilah customer Anda dan berbicara pada mereka apa yang mereka inginkan. Ingat-ingat juga dalam pikiran Anda bahwa biasanya para customer biasanya ragu untuk memberikan feedback yang buruk.  Mereka biasanya tidak jujur dalam memberikan feedback. Dukungan positif tidak berarti apa-apa sampai mereka bersedia membayar Anda untuk suatu solusi yang mereka inginkan.

Jadi bagaimana kita bisa membuat sesuatu yang benar-benar dibutuhkan orang ? Mulailah dari real problem.

Mulailah  dari masalah Anda sendiri, tetapi pastikan bukan hanya Anda yang memiliki masalah ini. Masalahnya, kadang kita tidak berpikir bahwa kita memiliki masalah. Kadang kita hanya berujar, “ini bagus kok buat saya”. Ada kata-kata klise “we are a creature of habit” kadang sulit untuk mengajak orang lain mencoba solusi baru dari Anda ketika status quo sudah cukup baik, tetapi berikanlah solusi yang lebih baik kepada orang yang sama dan tiba-tiba solusi lama (status quo) terlihat usang.

Inilah yang terjadi pada Hipmunk.com (Startup online travel company). Pada awalnya, Adam dan Steve merasa betapa sulitnya mencari penerbangan melalui internet. Banyak yang tidak sadar kalau orang harus menelusuri satu-satu penerbangan yang sangat membuang waktu dan sangat sulit mencari itinerary terbaik. Sampai Adam dan Steve meluncurkan Hipmunk dan banyak customer yang sadar bahwa situs mereka sangat mudah digunakan karena dapat menghilangkan banyak kerumitan saat mencari penerbangan.

hipmunk

Tentu Anda sering melihat hal seperti di atas. Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan aktivitas seperti biasa dan membuat notes – lebih baik yang digital tetapi yang analog tidak apa-apa – dan catatlah hal-hal yang kadang membuat Anda merasa tidak nyaman pada saat melakukan sesuatu. Bisa saja Anda membuat ide bisnis yang hebat dari catatan-catatan tersebut.

Adam, cofounder Hipmunk memiliki pengalaman buruk saat debat di MIT tentang sulitnya mencari penerbangan online yang memotivasinya untuk membuat sesuatu yang lebih mudah.

Airbnb yang berpikir pasti banyak orang yang ingin menggunakan tempat yang tidak terpakai dan bisa disewakan.

Dari ide-ide kecil itu lahirlah startup-startup hebat.

Banyak sekali startup yang sukses seperti ini : Founder menemukan suatu masalah dan mereka menemukan cara untuk menyelesaikannya dengan lebih mudah. Memang, membuat perusahaan tidak harus dimulai dari hal itu, tetapi akan sangat lebih mudah jika dimulai dari sana. Buatlah sesuatu yang akan Anda gunakan (dan secara ideal membayar untuk itu. Itulah pelajaran yang bisa Anda ambil dari Hipmunk (karena business modelnya teruji di hari pertama)

Starting point berikutnya adalah membuat sesuatu yang orang lain tidak bisa membuatnya, kecuali founder itu sendiri. Cara seperti ini akan membuat sebuah benteng alami yang membatasi para kompetitor : ingat, setiap masalah yang dapat Anda selesaikan akan membuat rintangan yang sangat masif untuk setiap orang yang ingin membuat produk serupa seperti Anda. Masalah-masalah itu belum bisa diselesaikan kecuali oleh orang yang sangat pintar. Contoh startup seperti ini adalah Google, di mana Larry dan Sergey yang secara teknis bisa membuat search engine dari kompetensi mereka dalam mengelola server. Pada saat itu tidak banyak orang yang bisa membuat seperti itu, apalagi bisa membuat software yang bisa men-crawl dan melakukan ranking di jagad World Wide Web.

kickstarter

Ada juga jalan yang ketiga, yaitu memikirkan sebuah ide yang berakar pada prespektif yang luput dari perhatian banyak orang dan tidak bisa melihat potensinya hari ini.

Cara mencari ide bisnis onlineSeorang teman yang berkecimpung di dunia startup, Chris Dixon, mendeskripsikan hal ini dengan ekstrim : “Ide besar yang akan terjadi pada awalnya terlihat seperti mainan“. Contoh dari startup ini adalah Kickstarter. Project pertama mereka, Drawing for Dollars, melewati target 20 dollar dengan mendapatkan 34 dollar dari 3 backers yang membeli artwork dari Long Island City. Kurang dari 3 tahun kemudian, team yang menggunakan platform yang sama membuat project arloji futuristic, peeble, dan mengumpulkan 10 juta dollar. Ide kickstarter yang melakukan pitching untuk mendapatkan sesuatu adalah hal yang biasa-biasa saja, tetapi apa yang dilakukan Kickstarter dengan me-leverage internet untuk melakukan pitching kepada jutaan orang secara bersamaan (berlawanan dengan pitching umumnya kepada investor yang biasanya one-to-one) adalah hal yang luar biasa.

 

 

 

 

Baca juga : 

Belajar Bisnis Online dari @Dwirianto Founder Mindtalk di Stage @Wrausahamandiri

Belajar Pengelolaan Saham Startup Teknologi dari Arip Tirta, CEO Urbanindo

 Bagaimana Melakukan Benchmarking Ide Startup Anda

 

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.