Cara Menggaji Karyawan Anda | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Cara Menggaji Karyawan Anda

Posted by & filed under manajemen bisnis, menggaji karyawan.

Cara Menggaji Karyawan Anda

Cara Menggaji karyawan haruslah Anda pelajari, terlebih lagi jika Anda akan mulai membangun tim untuk bisnis caffe Anda. Anda yang sekarang sedang membangun bisnis caffe tentu harus mempelajari cara menggaji karyawan Anda agar Anda bisa tidak terjerat hukum maupun agar karyawan Anda sejahteraCara menggaji karyawan juga penting untuk Anda pelajari, misalkan Anda saat ini memiliki usaha café terlebih perkembangan usaha café begitu pesat, artinya usaha – usaha café tersebut membutuhkan tenaga kerja andal, dan kompeten. Sehingga Anda harus bersaing dengan usaha café lainnya untuk mendapatkan tenaga kerja yang bisa membantu mengembangkan bisnis Anda


Saat ini, tercatat lebih 10 ribu kafe di seluruh pelosok tanah air. Pada edisi 2013-2018, total pendapatan sektor kafe diprediksi akan meningkat dari USD 3,4 miliar menjadi USD 4,16 miliar.

Kondisi itu diramal bakal terus tumbuh hingga 30 persen. Situasi itu tentu menjadi angin segar bagi pertumbuhan komoditas kopi dan teh. Apalagi, muncul kebiasaan baru minum kopi di kedai-kedai modern/cafe menyebabkan tingkat komsumsi kopi ikut terdongkrak. Berdasar data asosiasi eksportir kopi Indonesia (AEKI) tercatat angka konsumsi kopi naik 36 persen sejak 2010 hingga 2014. (https://www.jpnn.com)

Sehingga Anda harus mempelajari cara menggaji karyawan yang tepat, baik dimulai dari menentukan gaji karyawan, cara menentukan tunjangan, uang lembur, dan juga cara menghitung pesangon karyawan Anda

Cara Menentukan Gaji Karyawan

 

cara-menggaji-karyawan

cara-menggaji-karyawan

Cara menentukan gaji karyawan Anda, tentu ada banyak variable yang harus Anda mengetahui dulu, beberapa isilah yang berkaitan dengan pengupahan:

  1. Gaji PokokGaji pokok merupakan gaji yang ditentukan sesuai dengan posisi, hak, dan kewajiban yang karyawan terima
  2. TunjanganTunjangan merupakan tambahan dari gaji pokok. Tunjangan sebenarnya lebih dikenal sebagai  insentif dengan besaran yang berbeda-beda tergantung jenis pekerjaan yang karyawan Anda lakukan.
  3.  PotonganPotongan adalah pengurangan gaji pokok dari perusahaan kepada karyawan atau pekerja akibat kesalahan yang sudah dilakukan.
  4.  Uang Lembur Uang lebih bisa dikatakan adalah uang tambahan yang diperoleh setelah gaji pokok sebagai hadiah ataupun intensif karena masih bekerja melewati batas jam kerja yang ditentukan, bahkan saat karyawan bekerja saat bukan hari kerja.

Setelah Anda memahami beberapa istilah di atas yang berkaitan dengan pengupahan, Kini saatnya Anda mempelajari bagaimana cara menentukan gaji karyawan. Mari kita mulai kompenen upah

Yang termasuk dalam komponen upah berdasarkan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia No. SE-07/MEN/1990 Tahun 1990 tentang Pengelompokan Komponen Upah Dan Pendapatan Non Upah, yaitu:

Upah Pokok: adalah imbalan dasar yang dibayarkan kepada pekerja menurut tingkat atau jenis pekerjaan yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan.

Tunjangan Tetap: adalah suatu pembayaran yang teratur berkaitan dengan pekerjaan yang diberikan secara tetap untuk pekerja dan keluarganya serta dibayarkan dalam satuan waktu yang sama dengan pembayaran upah pokok, seperti Tunjangan Isteri; Tunjangan Anak; Tunjangan Perumahan; Tunjangan Kematian; Tunjangan Daerah dan lain-lain.

Tunjangan Makan dan Tunjangan Transport dapat dimasukan dalam komponen tunjangan tetap apabila pemberian tunjangan tersebut tidak dikaitkan dengan kehadiran, dan diterima secara tetap oleh pekerja menurut satuan waktu, harian atau bulanan.

 

cara-menggaji-karyawan

cara-menggaji-karyawan

Tunjangan Tidak Tetap adalah suatu pembayaran yang secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan pekerja, yang diberikan secara tidak tetap untuk pekerja dan keluarganya serta dibayarkan menurut satuan waktu yang tidak sama dengan waktu pembayaran upah pokok, seperti Tunjangan Transport yang didasarkan pada kehadiran, Tunjangan makan dapat dimasukan ke dalam tunjangan tidak tetap apabila tunjangan tersebut diberikan atas dasar kehadiran (pemberian tunjangan bisa dalam bentuk uang atau fasilitas makan).

Cara Menentukan Gaji Karyawan

  1. Anda harus melihat aturan Hukum terlebih dahulu

Upah Minimum adalah suatu standar minimum yang digunakan oleh para pengusaha atau pelaku industri untuk memberikan upah kepada pekerja di dalam lingkungan usaha atau kerjanya. Karena pemenuhan kebutuhan yang layak di setiap propinsi berbeda-beda, maka disebut Upah Minimum Propinsi.
Menurut Peraturan Pemerintah No.78 tahun 2015 tentang Pengupahan, pasal 41 ayat 2 “Upah minimum sebagaimana dimaksud merupakan Upah bulanan terendah yang terdiri atas: a. Upah tanpa tunjangan; atau b. Upah pokok termasuk tunjangan tetap”PP Pengupahan ini juga menegaskan, bahwa Upah Minimum hanya berlaku bagi pekerja/buruh dengan masa kerja kurang dari 1 (satu) tahun pada Perusahaan yang bersangkutan. Sementara upah bagi pekerja/buruh dengan masa kerja 1 (satu) tahun atau lebih dirundingkan secara bipartit antara pekerja/buruh dengan pengusaha di perusahaan yang bersangkutan.

Apabila kita merujuk ke Pasal 94 Undang-Undang (UU) no. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, komponen upah terdiri dari upah pokok dan tunjangan tetap, maka besarnya upah pokok sedikit-dikitnya 75 % dari jumlah upah pokok dan tunjangan tetap. Definisi tunjangan tetap disini adalah tunjangan yang pembayarannya dilakukan secara teratur dan tidak dikaitkan dengan kehadiran atau pencapaian prestasi kerja contohnya : tunjangan jabatan, tunjangan komunikasi, tunjangan keluarga, tunjangan keahlian/profesi. Beda halnya dengan tunjangan makan dan transportasi, tunjangan itu bersifat tidak tetap karena penghitungannya berdasarkan kehadiran atau performa kerja.

 

2. Anda bisa menyesuaikannya dengan bisnis Anda

Setelah Anda memerhatikan aturan hukum yang berlaku bahwa penggajian minimal harus berdasarkan Upah Minimum Provinsi. Anda bisa menyesuaikan upah karyawan Anda. Jika Bisnis Anda kini sedang berkembang, dan belum mampu membayar upah karyawan Anda sesuai dengan regulasi, Anda bisa meminta keringanan. Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (“UU Ketenagakerjaan”) pada prinsip telah mengatur bahwa pengusaha dilarang memberikan upah di bawah upah minimum. Akan tetapi, pengusaha diperbolehkan menangguhkan pembayaran upah minimum. Penangguhan ditetapkan oleh gubernur untuk jangka waktu paling lama 12 bulan. Setelah berakhirnya izin penangguhan, maka pengusaha wajib melaksanakan ketentuan upah minimum yang baru. Apabila perusahaan memberikan upah sesuai pendapatan, tentunya melanggar peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai ketentuan pengupahan. Perusahaan yang membayar upah di bawah upah minimum akan dikenakan sanksi penjara paling singkat satu tahun dan paling lama empat tahun dan/atau denda paling sedikit Rp 100 juta dan paling banyak Rp 400 juta.

cara-menggaji-karyawan

cara-menggaji-karyawan

3) Langkah yang selanjutnya Anda lakukan Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menentukan jumlah karyawan yang tepat untuk bisnis Anda.

Ya Anda harus menentukan berapa jumlah karyawan yang tepat untuk sebuah divisi, misalnya saja produksi. Anda bisa menentukan jumlah yang tepat. Lalu divisi marketing, divisi keuangan, dan divisi lainnya yang Anda butuhkan.  Jika bisnis Anda baru berkembang, Anda bisa merangkap tugas karyawan Anda pada 1 orang, misalnya saja karyawan marketing Anda merangkap keuangan, produksi sekaligus marketing, dan lain-lain. Intinya jika bisnis Anda baru berkembang, Anda tidak perlu terlalu perfectionist.  Mindset dari menggaji karyawan Anda adalah jika karyawan ada digaji Rp10.000.000 ( sepuluh juta rupiah) per bulan, maka karyawan Anda tersebut harus bisa menghasilkan profit untuk bisnis Anda lebih dari gaji karyawan Anda tadi.  Saat merekrut karyawan pun Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda misalnya ijazah Pendidikan terakhir mereka, pengalaman kerja sebelumnya, dan lain-lain. Intinya jangan terlalu overqualified karena bisa jadi gaji yang diminta orang tersebut melebihi kapasitas perusahaan Anda.

 

Sumber bacaan:

https://www.hukumonline.com

https://www.cermati.com

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.