Cara Menghitung Uang Lembur Karyawan | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Cara Menghitung Uang Lembur Karyawan

Posted by & filed under cara menghitung gaji karyawan lembur.

Cara Menghitung Uang Lembur Karyawan

Cara menghitung uang lembur karyawan perlu Anda pelajari karena dengan Anda kuasai cara menghitung uang lembur karyawan, Anda bisa memberikan uang lembur yang sesuai dengan peraturan dan juga bisa memotivasi karyawan Anda agar dia siap lembur kembali di kemudian hari.

Pekerja yang mendapat lembur karena dia telah melakukan pekerjaan di luar waktu kerja atau dengan kata lain dia mengorbankan waktu istirahatnya untuk bekerja untuk usaha Anda karenanya pekerja berhak mendapatkan uang lembur

Cara menghitung uang lembur karyawan tentu Anda harus tahu syarat apa saja yang harus diperhatikan ketika menghitung uang lembur

1) Harus ada perintah tertulis dari pengusaha dan persetujuan tertulis dari pekerja yang bersangkutan.

2) Harus ada rincian pelaksanaan kerja lembur seperti daftar nama pekerja, waktu dan lain sebagainya.

3) Adanya bukti tanda-tangan kedua belah pihak (Peraturan Kemenakertrans No. KEP. 102/MEN/VI/2004 Pasal 6)

Selain itu Anda juga harus tahu ketentuan mengenai lembur, berikut kami share yang bersumber dari K Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor KEP. 102/MEN/VI/2004 Pasal (1)1) Waktu lembur adalah waktu kerja yang melebihi 7 (tujuh) jam sehari dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu, atau;2) 8 (delapan) jam sehari dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 5 (lima) hari kerja dalam 1 (satu) minggu, atau;3) Waktu kerja pada hari istirahat mingguan dan atau pada hari libur resmi yang ditetapkan oleh pemerintah.4) Dalam peraturan menteri tersebut ditegaskan lagi bahwa waktu kerja lembur tidak boleh melebihi dari 3 (tiga) jam per-hari atau 14 (empat belas) jam dalam 1 (satu) minggu. Hal ini sesuai dengan permen KEP. 102/MEN/VI/2004 Pasal (3) terkecuali kerja lembur yang dilakukan di hari minggu atau hari libur nasional.

 

Metode menghitung upah lembur secara teknis juga sudah ditetapkan dalam Peraturan Kemenakertrans No. KEP. 102/MEN/VI/2004 Pasal 11, yang sebelumnya sudah diatur pada Pasal 8 yang menyatakan bahwa:
(1) Perhitungan upah lembur didasarkan pada upah bulanan,(2) Cara menghitung upah sejam adalah 1/173 kali upah sebulan.

Berdasarkan Permen Pasal 11 seperti yang disebutkan di atas, berikut adalah cara perhitungan upah lembur kerja:

 

 

cara-menghitung-upah-lembur

cara-menghitung-upah-lembur

 

Lembur Dilakukan Pada Hari Istirahat Mingguan/Libur Resmi Nasional:

 

cara-menghitung-upah-lembur

cara-menghitung-upah-lembur

 

Untuk waktu 5 hari kerja/40 jam seminggu:

 

cara-menghitung-upah-lembur

cara-menghitung-upah-lembur

 

 

Untuk Waktu Lembur di Hari Istirahat Mingguan/Libur Resmi yang Jatuh Pada Hari Terpendek.

 

cara-menghitung-upah-lembur

cara-menghitung-upah-lembur

 

Benefit dan Kerugian lembur bagi karyawan

Benefit dan Kerugian lembur bagi karyawan juga harus Anda ketahui karena dengan Anda mengetahui benefit dna kerugian lembur bagi karyawan akan memudahkan Anda mengatur strategi untuk memotivasi karyawan lembur

Benefit bagi karyawan Lembur Benefit bagi karyawan lembur adalah mereka mendapatkan uang tambahan karena tentu dengan mereka mengorbankan waktu libur mereka untuk bekerja lembur di perusahaan Anda, tentu Anda membayar lebih kepada karyawan lembur tersebut. Dengan tambahan uang lembur tersebut membuat karyawan Anda memiliki motivasi lebih baik lagi dibandingkan dengan tanpa lembur karena hanya menerima gaji dan mungkin tunjangan

Benefit karyawan lembur selanjutnya adalah mereka mendapatkan penialaian lebih baik di mata Anda. Tentu ini adalah yang paling penting dibandingkan dengan uang lembur semata karena tidak bisa dipungkiri lagi bahwa setiap orang ingin diapresiasi, terlebih lagi jika terus menerus diapresiasi karena prestasi dan kerja kerasnya. Hal ini membuat karyawan Anda merasa nyaman dan termotivasi bekerja

Tentu 2 benefit ini adalah benefit sederhana yang bisa Anda lakukan dengan mudah, akan tetapi Anda bisa memberi benefit lebih dibandingkan dengan hanya dua itu saja, Anda bisa menambahkan benefit lainnya seperti Anda mentraktir dia makan, mengantarkan sampai rumah, memberi tiket nonton bioskop, mengikutsertakan karyawan Anda tersebut ke training – training pengembangan diri yang bermanfaat bagi karyawan Anda, Anda juga bisa memberikan tiket travelling maupun cuti tambahan untuk karyawan Anda

Kerugian Karyawan Anda Melakukan Lembur

Kerugian Karyawan Anda melakukan Lembur adalah waktu isitrahat mereka berkurang karena harus bekerja di perusahaan Anda ketika libur.

Tentu ini membuat waktu istirahat mereka berkurang. Hal ini membuat mereka mungkin keesokan harinya saat kerja, mereka menjadi kurang produktif karena terlalu letih habis bekerja dan lembur kemarin. Hal ini tentu Anda siasati dengan memberikan lembur mengikuti peraturan pemerintah atau Anda bisa memberikan kelonggaran waktu agar karyawan Anda tersebut bisa datang sedikit terlambat ketika mereka lembur kemarin. Anda juga bisa memberikan viatamin tambahan untuk karyawan Anda yang lembur agar mereka selalu fit dan bugar.

Kerugian karyawan Anda Melakukan Lembur selanjutnya adalah mereka kehilangan waktu Bersama keluarga. Tentu ini adalah hal yang penting karena waktu Bersama keluarga adalah waktu terbaik,Dikutip dari metrotvnews.com berikut adalah beberapa manfaat meluangkan waktu Bersama keluarga, diantaranya:

1) Menciptakan Hubungan yang baik antara orangtua dan anak

2) membangun komunikasi yang baik antar anggota keluarga

3) Membentuk perilaku positif

4) Menciptakan Kenangan bahagia

Tentu dengan bekerja lembur di perusahaan Anda 4 manfaat tersebut di moment yang tepat akan terasa berkurang, misalkan saja Karyawan Anda lembur saat hari libur nasional ataupun hari Sabtu, yang membuat karyawan Anda harus mengorbankan waktu istirahatnya dan termasuk waktu Bersama keluarga mereka. Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan cuti tambahan maupun tiket travel Bersama. Anda bisa melakukan hal tersebut agar karyawan Anda bisa bekerja sekaligus termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi.

Selain itu Anda juga bisa menambahkan benefit untuk karyawan Anda seperti tiket liburan Bersama keluarga contohnya ke Taman Safari, Dunia Fantasi, Pantai Ancol, Puncak Bogor, Batu Malang, dan tempat wisata lainnya untuk karyawan Anda dan juga keluarga mereka.

 

Sumber:

Https://www.cermati.com

http://www.hukumonline.com

http://www.metrotvnews.com

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.