Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Cara Menulis Teks Iklan yang Efektif dalam Campaign Google AdWords Search oleh @RyanBatchin

Posted by & filed under Sales & Marketing, Search Engine Marketing.

 

Ryan Batchin adalah seorang Google AdWords Optimizer di  DGtraffic Indonesia . Pada tahun 2013 ini juga ditunjuk menjadi Top Contributor di Forum Resmi Google AdWords di Indonesia untuk membantu mengembangkan komunitas dan mengedukasi market berkaitan dengan produk Google AdWords di Indonesia.

 

Dalam beriklan di Google Search,  ada beberapa elemen yang harus kita perhatikan agar performa iklan kita menjadi lebih efektif. Selain pemilihan kata kunci yang tepat,  proses pembuatan copy writing teks iklan juga perlu kita perhatikan.

Selama ini copy writing iklan bisa dikategorikan sebagai sebuah seni tersendiri. Setiap orang memiliki selera dan karakteristik dalam menuangkan sebuah ide dalam penyampaian pesan tertulis tersebut. Tetapi perlu disadari juga bahwa sebuah copy writing iklan selain dinilai sebagai sebuah seni, tentunya harus dapat mendukung tujuan dari periklanan itu sendiri. Dan bila dilihat dalam periklanan online tujuan dari copy writing iklan antara lain adalah untuk mendrive user ke dalam website atau melakukan action setelah melihat dan meng-klik iklan tersebut.

Oleh karena itu di kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat copy writing teks iklan campaign di Google Search secara lebih efektif. Tetapi tentunya sebelum membahas lebih lanjut mengenai langkah-langkah menulis teks iklan yang efektif, ada baiknya kita mengetahui lebih dahulu beberapa ketentuan dan spesifikasi dalam membuat teks iklan di Google Search.

Spesifikasi Text Ads Google AdWords:

cara menulis membuat iklan adwords yang efektif

Pada text ads di Google AdWords ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain adalah jumlah karakter yang disediakan. Text ads di Google AdWords terdiri atas 4 bagian utama, yaitu:

  1. Headline Title (Judul Iklan), terdiri atas 25 karakter termasuk spasi
  2. Description Line (2 Line),  yang digunakan untuk menulis pesan utama iklan. Masing-masing terdiri atas 35 karakter termasuk spasi
  3. Display URL, digunakan untuk menampilkan URL dari website kita. Terdiri dari 35 karakter termasuk spasi
  4. Destination URL, yaitu link URL lengkap dimana nantinya user akan diarahkan pada link tersebut setelah meng-klik iklan AdWords. Terdiri dari 1024 karakter termasuk spasi.

Perhatikan Kebijakan Beriklan dalam Google AdWords

Dalam menulis copy writing iklan di Google Search, kita juga harus memperhatikan kebijakan / policy yang diterapkan oleh Google AdWords agar iklan kita dapat berjalan dengan lancar. Untuk link mengenai kebijakan beriklan di Google AdWords dapat dilihat lengkap disini ->

Secara keseluruhan, tim kebijakan Google AdWords akan memonitor 4 hal berikut dalam iklan kita:

  1. Kebijakan Editorial dan Format Iklan
  2. Konten / isi dari iklan
  3. Link URL dan Landing Page Website yang kita iklankan
  4. Kebijakan Trademark

Setelah kita mengetahui spesifikasi dan juga ketentuan kebijakan periklanan dari Google AdWords, langkah selanjutanya adalah membuat copywriting teks iklan. Nah di sini saya akan share beberapa tips yang mungkin dapat diterapkan di dalam pembuatan iklan AdWords.

1. Relevansi

Inilah tips pertama dalam membuat iklan kita agar efektif. Yup, pertahankan relevansi antara kata kunci yang kita targetkan, adgroup, isi teks iklan dan juga landing page setelah user meng-klik iklan kita.

Contoh: Sebagai penjual sepatu olahraga online, kita membuat 1 adroup yang berisikan keyword tentang sepatu sepak bola. Maka dari itu, teks iklan yang kita buat juga harus berhubungan dengan sepatu sepak bola, misalnya teks iklan kita berisi “Promo Diskon 40% Sepatu Bola Terbaru!”. Dan ketika user meng-klik iklan tersebut akan didaratkan pada halaman berisikan produk sepatu bola.

2. Informasi

Sebagai pengiklan, tentunya  kita sudah harus mengetahui segala informasi yang berhubungan dengan produk atau jasa yang akan kita iklankan. Dalam menulis teks iklan, informasikan hal-hal yang penting, unik, unggul dan menjual dari produk/jasa yang anda miliki.

Informasi yang bisa kita masukkan antara lain:

-          Detail produk/jasa

-          Benefit dari menggunakan jasa/produk kita

-          Special offer, seperti diskon, free shipping, promo terbatas, dll

-          Keunggulan produk/jasa kita dibandingkan kompetitor

Jangan lupa, dikarenakan dalam menulis pesan iklan di AdWords dibatasi oleh jumlah karakter. Buatlah informasi iklan yang tidak bertele-tele, jelas dan tepat.

3.  Persuasi

Pernah mendengar istilah call to action? Istilah tersebut merupakan istilah yang umum dikenal di dalam periklanan online. Suatu iklan yang baik disarankan memiliki sebuah call to action atau dengan kata lain memiliki pesan yang persuasif atau dapat mengajak audiens untuk menghasilkan action setelah melihat iklan kita, dalam hal ini bisa berupa klik iklan, like fanpage, mengisi form registrasi atau melakukan buying.
Beberapa contoh kalimat yang mengandung call to action seperti berikut:

-   “Promo Baju Cantik, Ayo Belanja Di Sini!

-    “Game Imut Terbaru, Download Free Trial Sekarang!

-    “Dellivery Pizza-mu Sekarang, Promo Terbatas Hari Ini!”

Dalam menulis call to action sebaiknya hindari kalimat pengulangan yang berlebihan seperti “Daftar Gratis Gratis Gratis Di Sini”. Dikarenakan dikhawatirkan akan membuat bad user experience ketika melihat iklan kita.

4.  Rotasi

Setelah kita selesai membuat iklan berdasarkan beberapa tips sebelumnya, hal terakhir yang menurut saya harus dilakukan adalah membuat beberapa alternatif teks iklan dalam astu adgroup dan kemudian melakukan rotasi dari beberapa alternatif iklan tersebut selama periode waktu tertentu.

Buatlah sekitar 2 hingga 4 alternatif teks iklan dalam satu adgroup , kemudian anda bisa jalankan iklan tersebut secara bersamaan. Biasanya setelah beberapa hari lakukan evaluasi performa dari masing-masing teks iklan yang berjalan. Anda bisa melihat dari segi performa klik, impressions, CTR ataupun conversionnya.

Setelah itu pilihlah teks iklan yang memiliki performa terbaik, dan pause beberapa teks iklan yang performanya di bawah benchmark yang sudah ditentukan.

Sebuah iklan yang baik tentu akan membantu kesuksesan campaign yang kita jalankan, oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui informasi produk/jasa kita selengkap-lengkapnya dan selain itu agar semakin terbiasa untuk membuat teks iklan yang baik maka diperlukan latihan sesering mungkin. Selamat mencoba!

@ryanbatchin

Untuk  berdiskusi serta belajar bersama tentang Google AdWords di Indonesia, ayo gabung dan kunjungi :  Forum Google AdWords Indonesia (http://goo.gl/MwxV1)

 

Baca Juga : 4 cara praktis memulai Google Adwords