SUKSES BISNIS KATERING | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Cara Sukses Bisnis Katering

Posted by & filed under bisnis catering, bisnis kuliner.

           CARA SUKSES BISNIS KATERING

Taukah Anda bahwa angka perkawinan di Indonesia menurut BPS mencapai 1 958 394 di tahun 2015 . Dan sadarkah Anda jika ini adalah peluang yang baik untuk bisnis katering Anda. Artinya sangat cocok untuk bisnis katering Anda. Tidak hanya itu, bisnis katering yang juga merupakan sudah dikenal masyarakat luas membuat masyarakat tidak enggan untuk mencicipi masakan bisnis Anda.

Dalam membangun bisnis katering  yang sukses, Anda haruslah memiliki komitmen yang tinggi karena tidak sedikit orang di luar sana juga melihat peluang bisnis ini seperti Anda karenanya Anda haruslah memiliki tim yang solid

Membangun bisnis catering, tentunya harus memiliki strategi yang jelas. Untuk itu kami akan share tentang cara Anda bangun katering dengan strategi.

               STRATEGI BISNIS KATERING

 

 

Cara-sukses-bisnis-catering

Cara-sukses-bisnis-catering

Strategi pertama, yaitu dengan tentukan tujuan Anda. Dalam hal menentukan tujuan bisnis Anda, Anda haruslah memiliki tujuan yang jelas karena dengan tujuan yang jelas Anda akan bisa dengan mudah menentukan strategi yang tepat sesuai dengan tujuan  Anda. Misalkan Anda mau menjadikan bisnis catering Anda untuk spesialiasi pernikahan, catering harian untuk mahasiswa, catering untuk kantor, catering untuk acara seminar atau mungkin catering untuk segala hal.

    Strategi kedua, yaitu dengan cara tentukan segmentasi target market Anda. Anda haruslah melakukan segmentasi kepada calon konsumen Anda. Segmentasi atau yang biasa dikenal sebagai pengelompokkan calon konsumen berdasarkan kriteria tertentu. Anda bisa mengelompokkan berdasarkan usia, lokasi, kesukaan, penghasilan, profesi, handphone yang mereka gunakan, Bahasa, hingga hal-hal lainnya. Hal ini penting karena dengan Anda mengenal jauh target Anda, Anda akan lebih tahu produk makanan atau minuman apa yang akan Anda sediakan untuk kebutuhan mereka. Misalkan Anda membidik target market untuk mahasiswa kuliah, tentunya Anda akan kesulitan untuk menjual dengan harga tinggi dibandingkan dengan catering untuk kawinan karena biasanya orang yang melangsungkan perkawinan biasanya telah bekerja, mapan, maupun orangtua dan atau perusahaan tempat mereka bekerja turut mendukung perkawinan mereka.

 

Cara-sukses-bisnis-catering

Cara-sukses-bisnis-catering

Strategi ketiga, yaitu dengan melakukan riset. Ya riset. Akan tetapi jangan dibayangkan bahwa yang dimaksud riset ini adalah riset yang dilakukan di labolatorium menggunakan mikroskop, dengan peralatan  ilmiah, dan guna menyusun jurnal ilmiah ataupun skripsi, tesis, ataupun disertiasi. Karena maksud riset disini adalah Anda mencari tahu secara langsung apa kebutuhan konsumen Anda, dengan berbagai metode. Anda bisa melakukannya dengan metode offline, yaitu Anda bisa menyebarkan kuesioner, wawancara, mengisi angket, mengamati langsung, mengamati competitor, dan memprediksikan trend yang akan terjadi dengan data konsumen yang Anda punya. Dengan cara online pun bisa Anda langsungkan dengan cara Anda mengggunakan google docs, dengan google docs Anda bisa menyisipkan pertanyaan keada calon konsumen Anda ataupun kepada konsumen Anda. Anda juga bisa memberikan insentif kepada calon konsumen yang beruntung misalkan dengan memberikan hadiah seperti pulsa, boneka, gratis catering beberapa porsi, potongan harga, bonus lainnya. Agar membuat konsumen Anda

 

Cara-sukses-bisnis-catering

Cara-sukses-bisnis-catering

     Strategi Keempat, yaitu dengan cara membuat foto menarik pada makanan dan minuman Anda. Tidak bisa dipungkiri bahwa foto yang menggoda selera makan konsumen tentu Akan lebih membuat calon konsumen Anda terangsang untuk mencicipi produk Anda ataupun bahkan membeli produk Anda. Dalam membuat foto yang menarik, Anda bisa melakukannya sendiri ataupun Anda bisa meminta tolong fotografer professional untuk bisnis Anda.

   Strategi kelima, yaitu dengan membuat konten-konten menarik. Ya Anda bisa membuat konten menarik guna menarik pengunjung. Konten disini bisa berupa tulisan-tulisan artikel dalam website catering Anda, di Line At, email, foto-foto di Instagram, facebook, maupun di tempat lainnya yang sesuai dengan konsumen Anda karena setelah Anda melakukan segmentasi Anda pasti tahu dimana biasanya calon konsumen Anda berkumpul, dan mengetahui kebanyaan dari mereka menyukai hal tertentu. Misalkan calon konsumen Anda menyukai yang berbau parenting, maka Anda bias membuat konten yang berbau parenting

Strategi keenam, yaitu dengan membuat promo-promo diskon di momen tertentu. Misalnya saja membuat promo yang berkaitan dengan hari Kemeredekaan, hari valentine, hari pahlawan, dan lain-lain. Sehingga ketika ada yang memesan kateirng Anda pada waktu tersebut mendapat kejuatan promo tersebut

           Strategi ketujuh, yaitu memberikan bonus. Misalkan Anda bekerja sama dengan pihak lain, seperti contohnya Anda bekerja sama dengan pemilik gedung perkawinan , fotografer, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa memberikan bonus tertentu kepada partner Anda tersebut, misalkan memberikan komisi fee, diskon khusus konsumen mereka, dan masih banyak lagi sehingga Anda dan partner Anda mendapatkan banyak benefit.

               Strategi kedepalan, memberikan diskon atau hadiah khusus bagi pelanggan yang loyal. Dengan memberikan hadiah bagi pelanggan yang loyal membuat banyak pelanggan Anda semakin setia kepada produk dan jasa lauanan Anda, Sehingga Anda bisa mendapatkan pelanggan yang loyal, dan berkemungkinan mereka merekomendasikan kepada teman mereka lainnya. Sehingga berkemungkinan untuk menambah omset Anda.

     Strategi ke sembilan, memberikan kemudahan pembayaran, misalkan Anda biasanya hanya menerima pembayaran tunai, kini Anda bisa menerima pembayaran menggunakan paypal, kartu kredit, bank transfer berbagai bank besar seperti BNI, Mandiri, BCA, Permata, dan bank lainnya. Sehingga Anda bisa meningkatkan omset Anda dengan cara memberikan alternative pembayaran.

 

 

Cara-sukses-bisnis-catering

Cara-sukses-bisnis-catering

Strategi ke sepuluh, strategi ini cocok digunakan untuk catering besar seperti catering perkawinan. Anda bisa memberikan fasilitas kredit karena bisa jadi calon konsumen Anda kesulitan membayar langsung tunai, maka Anda bisa memberikan fasilitas berupa kredit per bulannya. Sehingga Anda harus bekerja sama dengan pihak perbankan. Anda bisa memperbesar transaksi mereka dengan cara bekerja sama pula dengan partner missal untuk fotografi, rias pengantin, dan lain sebagainya. Anda

Itulah Sepuluh strategi besar yang biasanya perusahaan catering lakukan berdasarkan hasil pengamatan kami. Sehingga Anda bisa tiru cara mereka agar usaha catering Anda pun semakin sukses dan berkembang.

Anda bisa ikuti semua langkah sukses di atas atau Anda bisa menambah maupun memodifikasi langkah-langkah di atas sesuai kebutuhan Anda.

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.