Cara Memulai bisnis Salon | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Cara Sukses Bisnis Salon

Posted by & filed under bisnis ibu rumah tangga, bisnis modal kecil, bisnis salon.

Jika Anda memiliki bisnis Salon atau pun Anda berniat memulai bisnis. Anda perlu membaca artikel ini sekarang juga. Karena setelah Anda baca artikel ini sampai selesai. Anda akan mendapatkan banyak Manfaat diantaranya adalah langkah-langkah memulai bisnis salon, strategi marketingnya, strategi bisnisnya, dan juga saran-saran menarik dari ahlinya

Memulai bisnis adalah langkah awal. Dan sebenarnya memulai bisnis kata beberapa orang adalah langkah paling mudah. Karena dibandingkan memulai bisnis tentu akan lebih berat untuk menjalankan bisnis.

Dalam membangun bisnis salon, dibutuhkan komitmen dan tekad yang tinggi karena salon bukanlah bisnis asal-asalan, “yang penting bisa gunting rambut maka saya akan dirikan salon” ini adalah mindset yang keliru

 

Cara-bisnis-salon-startupbisnis (2)

Cara-bisnis-salon-startupbisnis (2)

Untuk itu Anda perlu lebih dalam lagi mempelajari bisnis, marketing, SDM, keuangan, maupun teknis mengenai Salon.  Akan tetapi untuk anda yang baru mulai bisnis Salon, tidak perlu tertalu dipusingkan dengan hal-hal tersebut. Karena pada intinnya pada tahap awal Anda cukup mempelajari marketing dan teknisnya saja, kecuali Anda yang memiliki modal lebih, Anda bisa melakukan scale up ke langkah yang lebih jauh

Dalam hal berbisnis Salon, Anda harus memiliki komitmen dan daya juang yang tinggi, dan Anda bisa melibatkan partner untuk bekerja sama dengan Anda. Karena dalam berbisnis Anda bisa berkembang jika memiliki jaringan yang luas

Langkah pertama berbisnis Salon adalah memiliki tujuan yang jelas

Langkah pertama berbisnis salon adalah memiliki tujuan yang jelas, karena dengan tujuan yang jelas Anda jadi tahu arah dan kebijakan yang akan Anda ambil. Karenanya Anda harus memiliki tujuan yang jelas. Misalkan saja Anda memilih bentuk bisnis Salon. Misalkan saja Anda memilih bentuk bisnis Salon yang berbentuk Salon sekaligus Spa, Salon sekaligus pijat aroma terapi atau bahkan Salon sebagai bisnis Anda kedua dan bisnis utamanya adalah Bengkel, jadi bsinis salon digunakan ketika calon konsumen Anda menunggu hasil kerjaan montir selesai. Anda juga bisa menjadikan salon sebagai sarana untuk menunggu cuci mobil, dan lain sebagainya.

Setelah Anda mengetahui tujuan Salon Anda Anda bisa merancang visi dan misi perusahaan, serta mulai memikirkan tagline, logo, mulai membangun Brand Anda karena membangun brand sangatlah penting. Brand bisa membuat konsumen Anda loyal kepada penawaran-penawaran Salon Anda. Dan memungkinkan brand membuat konsumen Anda merekomendasikannya kepada orang lain.

Langkah kedua berbisnis Salon adalah memiliki komitmen

Semua bisnis harus dijalankan dengan penuh komitmen termasuk bisnis Salon. Walaupun keliatannya bisnis Salon terlihat mudah, akan tetapi ternyata bisnis Salon tentu harus memiliki komitmen untuk dijalankan. Tidak bisa dipungkiri bahwa merektut tim, mengelola karyawan, menggaji, memilih lokasi, menyesuaikan bisnis plan dengan aturan yang ada tentu harus dilakukan dengan komitmen yang penuh karena tanpa komitmen akan membuat bisnis Salon Anda susah berlangsung terus menerus.

Salah satu cara untuk membangun komitmen adalah dengan cara memiiki tujuan yang jelas dan juga tujuan tersebut mendapat dukungan dari tim Anda. Karena dengan adanya kesamaan Visi dan Misi membuat Komitmen Anda terus Anda ingat dan Anda termotivasi dengan komitmen Anda.

Langkah ketiga berbisnis Salon adalah memiliki menentukan sarana marketing

Langkah ketiga berbisnis Salon adalah memiliki sarana marketing sesuai dengan target market Anda. Misalkan saja target market Anda adalah wanita. Tentu data wanita saja tidaklah cukup. Anda harus mendefiniskan Wanita sangat detil , misalkan,

wanita berusia 23-45 tahun, tinggal di Jabodetabek, bekerja sebagai wanita karier, suka membaca majalah X, majalah A, suka membuka website A, mendengarkan radio 1234, memiliki penghasilan 3-10 Juta rupiah/bulan, dan lain-lain

 

Cara-bisnis-salon-startupbisnis (4)

Cara-bisnis-salon-startupbisnis (4)

Langkah  keempat berbisnis salon adalah membangun tim yang solid

Langkah keempat berbisnis salon adalah Anda memiliki tim yang solid. Anda harus memiliki tim yang solid. Bukan rahasia kalua Salon-salon terkemuka seperti Rudy  Hadisuwarno Salon memiliki cabang dimana-mana termasuk beda kota bahkan beda pulau. Tentu sang owner tidak mengerjakannya seorang diri, dia memiliki tim yang solid dan direkrut berdasarkan kriteria tertentu. Anda juga harus melatih tim Anda dengan baik, memotivasinya dan juga tentunya Anda harus dan selalu menanamkan visi dan misi perusahaan kepada tim Anda.

 

Langkah keenam berbisnis salon adalah membangun kepercayaan dan reputasi yang kokoh

Anda harus membangun kepercayaan kepada konsumen Anda, agar Anda lebih mudah memahami kenapa membangun kepercayaan itu penting akan saya jelaskan dengan contoh usaha makanan. Tentu Anda pernah atau akan mengalami fenomena melihat rumah makan baru yang baru menjalankan usahanya, dan beberapa bulan beroperasi tidak kunjung mendapatkan hasil yang baik, bahkan lebih parahnya lagi saat usaha restoran tersebut berdiri sampai 3 bulan terakhir tidak mendapat kunjungan sama sekali oleh calon konsumen. Karena konsumen enggan mencoba makanan di restoran tersebut mungkin calon konsumen khawatir karena harganya kemahalan, rasanya tidak enak, pelayanannya lambat dan lain-lain kekhawatiran tersebut membuat calon konsumen enggan mencoba makan di restoran tersebut.  Hal ini juga bisa terjadi di salon Anda. Calon consumen enggan mencoba pelayanan salon Anda mungkin karena Salon Anda masih baru dan belum mendapat kepercayaan dari masyarakat. Padahal bisa jadi pelayanan Anda lebih baik daripada competitor bahkan lebih baik daripada salon langganan konsumen Anda.

Selain mendapat kepercayaan masyarakat, Anda juga harus melakukan marketing dengan baik karena marketing yang baik akan membuat calon konsumen Anda mengetahui usaha Anda, sehingga bisa membuat mereka mencoba layanan Salon Anda.

 

Cara-bisnis-salon-startupbisnis (1)

Cara-bisnis-salon-startupbisnis (1)

Trik marketing

Anda bisa memberikan bonus

Anda bisa memberikan bonus berupa Potong rambut gratis creambath, atau memberikan bonus cat rambut, dan jasa Anda lainnya ketika konsumen Anda mengambil paket khusus ataupun berhasil merekomendasikannya kepada teman-temannya. Anda juga  bisa memberikan bonus berupa voucher harga tertentu atau mungkin bonus merchandise tertentu.

Anda bisa memberikan garansi

Anda bisa memberikan garansi, anda bisa memberikan garansi misalkan jika potongan rambut tidak sesuai dengan kainginan konsumen Anda, Anda bisa memberikan garansi berupa memperbaiki potongan dalam waktu 3 hari. Atau misalnya lagi adalah garansi jika tidak mendapat struk pembayaran gratis transaksi di Salon Anda.

Anda bisa memberikan potongan harga

Anda bisa memberikan potongan harga atau biasa dikenal sebagai diskon. Anda bisa memberikan diskon special hari raya, diskon hari kemerdekaan, dan diskon menarik lainnya. Tentu diskon ini Anda berikan dengan catatan tidak membuat bisnis Anda merugi. Sehingga diskon bisa Anda manfaatkan untuk mendapat perhatian calon konsumen Anda. Dan juga Anda bisa membuat calon konsumen Anda mencoba layanan Anda. Tentu ini membuat keuntungan tersendiri untuk Anda.

 

Semoga dengan tips dan trik di atas bisa membuat sukses salon Anda.

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.