Q&A Budi Raharjo, Founder Getourguide.com

  • Hi all, q&a kali ini diisi oleh Budi Raharjo, founder Getourguide.com
    Baru-baru ini mereka memenangkan kompetisi Ideasinc mendapatkan grant sekitar 440 juta rupiah (kalau dirupiahkan)

    Berikut ini introduction dari Budi Raharjo.

    Saya menyelesaikan kuliah saya di Nanyang Technological University (NTU), Singapura. Setelah lulus di tahun 2010, saya mengabdikan diri di perusahaan yang memberikan beasiswa kepada saya ketika masih menjadi mahasiswa di NTU. Selama masa pengabdian ini, saya juga menggunakan waktu saya untuk belajar tentang entrepreneurship. 

    Untuk itu, saya mengikuti program The Founder Institute di Singapura, dan merupakan graduate dari program tersebut di tahun 2012. Setelah selesai dari Founder Institute, saya kemudian mengikuti IdeasInc Business Challenge competition dan menjadi salah satu finalistnya. 

    Dari situ kemudian saya mendapatkan grant dari Spring Singapore untuk mendanai start-up saya. Sejak saat itu, kemudian saya putuskan untuk full time di entrepreneurship bersama CoFounder saya Anton Rifco.


    Silahkan kalo ada yang mau berteman melalui:
    twitter: @budi_r_s




    image

    Berikut mengenai startup saya:
    Getourguide adalah layanan web and mobile yang memberikan rekomendasi perjalanan liburanmu sesuai dengan kebutuhanmu dan kemudian menghubungkan dengan orang-orang lokal di Asia Tenggara. 
    .
    image
    Para traveler hanya perlu memasukkan kategori pilihan mereka, setelah itu Getourguide akan memberikan rekomendasi terbaiknya untuk rencana perjalanan mereka. 

    Saat ini Getourguide baru memberikan database untuk Singapura. Tapi tidak lama lagi, kami akan melengkapi database kami untuk kota-kota lainnya di Asia Tenggara. 

    Silahkan berkunjung di website kami: www.getourguide.com

  • 17 Comments sorted by
  • Hallo mas Budi

    Terima kasih telah hadir di Q & A startupbisnis. Solonya sebelah mana mas? tak dolan-dolan. hehehe.
    Saya mau bertanya:
    Q: Ada kerjasama B2B nggak mas?
    Q: Bagian monetize B2C nya apa?
    Q: Saya lihat ada login tour guide sama login traverler. Semacam crowdsource buat tour guide ya?

    Best regard
  • Halo mas Alfado,

    Terima kasih sekali pertanyaannya. Saya coba menjawab ya:
    1. Ada rencana untuk B2B juga. Saat ini sedang dilakukan pembicaraan dengan beberapa pihak
    2. Core pertama dari business ini memang B2C. Rencana monetize lewat affiliation program dengan hotel + tiket atraksi. Saat ini sudah ada agoda untuk hotelnya dan untuk atraksi sedang mencari partner.
    3. Yup. Kita juga akan menyediakan database untuk tour guide. Tour guide yang telah terverifikasi bisa mempromosikan package yang mereka punya ataupun mempromosikan dirinya untuk menjadi private tour guide dari traveler. Saat ini pagenya masih dalam tahap development, tp akan siap dalam waktu dekat ini. 

    Di platform getourguide ini, traveler juga bisa bertanya mengenai itinerary yang telah mereka generate dan customize kepada para tour guide ini, yang kami meneyebutnya sebagai local expert. Dengan begitu, para traveler akan mendapatkan local dan faktual insight dari para expert

    Ditunggu maen2nya ke solo mas..saya tinggalnya di daerah dekat stadion manahan :)
  • halo mas budi, aku penggemar berat mas budi looh.... Mas budi kapan2 ajarin aku ya cara bikin start up yg keren gitu :). Btw mau nanya dong, apa sih tips sukses mas budi bisa sampai sesukses sekarang??
  • Halo mas Budi, aku ngefans banget nih <3 <3..... Nanya dunk, rencananya getourguide seperti apa ya kedepannya? dan sekarang akan mentarget pasar Indonesia dulu atau langsung asia tenggara ? 

    Gimana mas rencana untuk mendapatkan contentnya? 
  • bisa kenal trus ngajak Anton Rifco gimana sejarahnya? :P
  • @Ra88: wah saya masih biasa aja mas..belum sukses juga hehe

    @Reinaldo: rencana ke depannya pengen menjadi one-stop site untuk turis dalam merencanakan liburannya di asia tenggara, yaitu planning, information center, dan traveler-local guide platform. Saat ini baru support di singapura, tapi ke depannya akan mentarget tempat2 laennya di asia tenggara.
    Untuk contentnya, kita akan mencoba bekerja sama dengan national tourism board masing-masing negara.

    @petrabarus: kenal Anton di singapur mas pas ada kegiatan di KBRI. Kalo diceritain sejarahnya bisa panjang banget ntar..hahahaha
  • Mas Budi, diceritain dong waktu menang ideasinc ceritanya gimana, jurinya killer gak ? masukan juri yang kalian absorp beneran jadi action plan kayak apa ? juara2 lainnya startup seperti apa aja ?

    Timnya ber 4 back groundnya coding semua ? apa ada yang latar belakangnya travel sebelumnya ?

    Ide2 yang ada di Founder Institute Sg yang seangkatan seperti apa saja ?
  • Wow, dulu pernah sebangku pas ujian semester waktu SMA skrg jd calon org sukses, ajarin dong dek... hehe... semoga sukses... jempol buat alumni smansa solo semuanya.... :)
  • saya selalu seneng dengan app sejenis itinerary planner ini, meskipun gak unik dan udah banyak (dan akan makin banyak) yang live duluan, tapi belom banyak yang emphasize 'local's knowledge' dan itinerary khusus untuk tempat2 yang off the beaten path. Semoga gettourguide.com punya focus sendiri yang gak mainstream :). good luck
  • Sekilas layanannya tdk jauh berbeda dgn yg lainnya, cuma kalu lebih dibaca lg memang ada beda dgn layanan traveling lainnya. Sepertinya perlu dipertajam lagi ke calon customernya tentng layannny








  • @Rein: Jadi ceritanya dulu itu kita submit executive summary dari getourguide..setelah diseleksi dari ratusan entry yang masuk, kita dipilih masuk 40 besar. Nah disitu baru diminta pitching dan ngasih business proposal ke judgesnya. Jurinya ada yang moderate ada yang killer :D karena pas kita presentasi ada sekitar 10 orang juri dari berbagai macam background (dr VC, government dll)


    List jurinya: http://www.ideasinc.sg/updates/distinguished_evaluation_panel_pitchweek_2013_15_18_april


    Hmm masukan yang paling diserep apa ya..keliatannya yang fokus di salah satu problem aja. Karena dulu ide kita pengen menyelesaikan 2 problem sekaligus, jadi juri ngasih saran fokus ke salah satu aja. Karena untuk menyelesaikan satu problem dibutuhkan effort dan resource yang besar.


    Juara2 laennya kebetulan ide2nya memang beda-beda. Salah satu yang menarik ide dari startup namanya one point yang mencoba memberikan solusi untuk mobile payment.


    Iya, kitta ber-4 punga background coding semua. Cuman saya dulu pernah punya offline travel agent di indonesia.


    Kalo dari founder institute idenya juga bervariasi nih. Salah satu yang dapet investment itu namanya icarsclub. Ide startupnya adalah car sharing from people to people (C2C). Mereka dari china memulai startupnya di singapur dan kemudian expand ke china. 


    Kalo ide2 yang laen, ada yg di bidang kosmetik, arsitektur, game, news, money transfer, food dll. Kita dulu seangkatan yang lulus dari FI ada sekitar 10 orang.




    @irma_fatma87: Amiin..sukses juga buat usaha mbak irma ya :)




    @sndyc: Terima kasih mas/mbak. Wah tajam sekali analisisnya, memang itu yang pengen kita temukan solusinya :)




    @Exzoary: Terima kasih sarannya mas. Akan kita pertajam lagi komunikasi ke calon user tentang layanannya




     

  • Hi Mas Budi, salam kenal yah... Mau nanya dikit2 nih mas

    1. Getourguide sudah ada apps nya ato belum yah? soalnya nyari tapi gak ketemu, kalo belum apa kedepannya ada rencana buat apps...
    2. Base operationnya di Indonesia ato di Singapore mas?
    3. Strategi untuk increase tractionnya gimana mas? Sama traffic perbulan kira2 berapa? hehe...

    Sukses selalu mas, keren startupnya!!!
  • Halo mas Domex,

    Maaf balesnya telat ya. Saya coba jawab ya mas:
    1. Belum ada appsnya mas..Iya rencananya ke depan pengen ngebuat mobile appsnya juga
    2. Saat ini developmentnya di indonesia mas
    3. Saat ini kita masih develop dan fixing productnya sendiri mas, sambil melakukan beberapa marketing. Salah satunya kaya yang mas Domex lakuin, coba masuk ke komunitas2, approach buzzer2 di bidang travel.
    Kalo untuk traffic, masih blm bisa diceritain mas, soalnya masih blm banyak :D hahaha
  • Hallo mas budi, Salam kenal..
    Saya sudah connect ke Linkedin-nya mas budi.. 
    Saya pendatang baru di dunia startUp dan marketing..
    Mau minta tipsnya nih, apa aja rencana Mas Budi dalam mempromosikan startup-nya?
    Trus, target pemasaran dan lokasi dipasarkan dimana saja?

    Terima kasih :D

    P.S : 
    Perusahaan tempat saya bekerja, FasaPay.com, menangani pembayaran online, seperti paypal.
    Jika Mas Budi ada waktu, coba mengunjungi web kami, siapa tahu berminat :D

  • haii mas budy salam kenal
  • wah keren nih, sukses selalu, doakan saya bisa nyusul.

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Login with Facebook Sign In with Twitter