Minta kritik & saran utk Projects.co.id-situs untuk cari freelancer Indonesia & pekerjaan freelance
  • Update per 19 Mei 2015:

    Homepage projects.co.id abis di redesign abis-abisan, per hari ini (19 Mei 2015) direlease homepage versi 2.0

    Coba dilihat ya: https://projects.co.id
    dan kasih masukan ya :)

    -----------------

    Salam kenal ya teman-teman semua.
    Nama saya Wiro Hardy, salah satu co-founder Projects.co.id

    Projects.co.id adalah situs bagi project owner untuk mencari freelancer dan bagi para freelancer untuk mencari pekerjaan online. Selain mengerjakan project, freelancer juga dapat menjual jasa (services) dan produk digital siap pakai. 

    Pendeknya, Projects.co.id adalah online project, services and digital product marketplace dengan escrow system (baca: rekber).

    Sederhananya, Projects.co.id menggabungkan freelancer.com, fiverr dan envato.

    Tim
    Saat ini tim terdiri dan 7 orang dengan base camp (kantor) ada di Bandung.
    Boleh dibilang tim kita solid dengan founder dan co-founder yang memiliki passion besar.

    Perusahaan
    Perusahaan kita (PT Panonpoe Media) berdiri sejak awal 2012, namun baru mulai mengembangkan Projects.co.id sejak awal 2013 dan baru berkesempatan untuk launching tanggal 10 November 2014.

    Lanjut lagi di post #2 ya karena kepanjangan tidak bisa dijadiin 1 post :)
  • 33 Comments sorted by
  • Traction
    Dalam 5 bulan ini, verified user kita mencapai 8000++
    Verified user adalah yang sudah mengkonfirmasi alamat emailnya dengan cara mengklik link verfikasi yang dikirimkan ke email.
    Hingga saat ini kita belum memasang iklan berbayar seperti Google Adwords dan/atau Facebook Ads.

    Funding
    Meskipun beberapa investor pribadi dan VC menunjukan ketertarikan awal, namun kita masih memilih untuk bootstraping.

    Tantangan
    Seperti kebanyakan entrepreneur, we have big dreams but little $$$ :P
    Ditambah lagi kenyataan bahwa banyak sekali yang harus dikerjakan dengan resources yang terbatas. 
    Sebagian task yang dapat dioutsource sudah (dan akan) di kerjakan oleh freelancer melalui Projects.co.id. Jadi sebagian task kita outsourcekan melalui situs kita sendiri.

    Milestone
    Karena kita bootstraping, milestone pertama kita adalah cashflow positif dan saat ini cashflow kita masih negative :P
    Userbase tetap menjadi target karena bagaimanapun userbase ada hubungannya dengan cashflow.

    System
    Saat ini basic sistem kita berjalan dengan baik (sekali). Dari awal project owner memasang project hingga selesai pengerjaan dan uang direlease ke freelancer, sistem berjalan dengan baik tanpa ada major flaw/bug.

    Major to do list
    Ada lebih dari 100 entries dalam to do list kita, namun beberapa yang major adalah:

    - Ubah tampilan halaman depan (home page)
    Menurut kita, halaman depan kita tidak convert cukup baik. Begitulah jadinya jika situs didesign oleh programmer :P

    - Merelease aplikasi messenger untuk smartphone dan desktop
    Untuk memudahkan komunikasi antara project owner dengan worker/freelancer, antara service provider dengan pembeli service dan antara digital product seller dengan pembeli, kita menyediakan fasilitas real-time chat di situs.

    Untuk lebih memudahkan komunikasi, kita sedang mengerjakan aplikasi messenger (chat) untuk platform Android dan iOS. Kita juga akan merelease aplikasi messenger untuk desktop (Windows dan Mac). Jadi seperti Yahoo Messenger atau Skype, tidak perlu login ke web untuk chatting.

    Harapan kita, para freelancer baik yang mengerjakan project, menjual services maupun menjual produk digital dapat lebih fast response (dan oleh karenanya dapat menjual lebih banyak) karena mereka membawa aplikasi chatnya kemana-mana di smartphone mereka.

    - Fitur mereply bid/conversation dengan email
    (Lagi-lagi) atas alasan memudahkan komunikasi, kita akan merelease fitur yang memungkinkan kedua belah pihak berkomunikasi hanya dengan cara mereply email, tanpa perlu login ke Projects.co.id untuk membalas pesan-pesan masuk.

    Fitur ini mungkin akan mengurangi traffic ke situs namun akan memudahkan komunikasi.

    - Sistem untuk mengenerate landing page
    Segera setelah menyelesaikan sistem untuk membangun/mengenerate landing page, kita akan mulai memasang iklan Adwords dan Facebook Ads. Dengan sistem ini kita akan akan memiliki landing page unik untuk setiap keyword. Atas alasan $$$, keyword yang banyak dicari namun persaingannya ketat akan kita pasang Adwordsnya, namun yang persaingannya masih tidak terlalu ketat akan kita usahakan secara organik. Longtail juga gpp deh asalkan tidak burning $$$ terlalu banyak :P

    - SEO
    Tanpa memasang iklan berbayar, tanpa SEO, apalah jadinya :D

    Mohon kritik dan saran teman-teman semua ya dan mohon maaf panjang untuk postingan yang panjang.
  • halo mas @wirohardycch
    wah saya sering dengar projects.co.id ..
    biasanya model marketplace double sided itu goal pertama secepatnya fundrising sih mas .. baik dari angel atau VC pokoknya fundrising dulu  .. karena bbrp sebab, salah satunya
    1. cepat  atau lambat pasti fundrising tapi kalo keduluan kompetitor bisa2 gak ada investor yg mau.. kalo kata founder yg experienced "we must be smart, use others people money, dont risk your own money"
    2. ini jenis startup yg punya network effect, harus cepet gede
    3. "pokoknya fundrising dulu" ... sekalipun dapet offer jelek (mis.investor ngasih duit dikit tapi minta saham gede) .. ini kejadian di tokopedia lho .. perhatikan : https://blog.tokopedia.com/2009/06/perjalanan-mencari-investor/  

    "saya dan Leon menandatangani sebuah surat. Surat tersebut adalah Akte Pendirian PT. Tokopedia dengan komitmen dana dari Pak VF dengan saham mayoritas untuk Indonusa Dwitama, parent company dari Indocom Group. Kami langsung mengambil kesempatan tersebut, dan siap untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita kami".

    dalam perjalanannya dengan dana itu mereka berhasil create value yang membuat investor yg lebih gede dateng sampe saham investor sebelumnya dibeli dan dibalikin ke founder.

    tapi ini tahun 2009 ya.. situasi banyak berbeda sekarang. sejak 2012 keatas jarang investor di tahap seed minta banyak apalagi mayoritas krn udah banyak pilihan
  • Om @Reintweets,

    Senang sekali mendapat reply dari Om Reintweets.

    Mudah-mudahan yang sering didengar tentang Projects.co.id adalah yang baik-baiknya ya, bukan yang buruk-buruknya :P

    Mengenai yang no 2 bahwa "ini jenis startup yg punya network effect, harus cepet gede", ane setuju, tapi mengenai yang "cepat atau lambat pasti fundrising" dan "we must be smart, use others people money, dont risk your own money", mungkin kita-kita di Projects.co.id agak konvensional ^_^

    Di pikiran kita disini, kita cenderung menghindari "berjudi" dengan uang orang lain meskipun orang lain tersebut jelas-jelas merelakan uangnya untuk "dipertaruhkan". Jika nanti sudah melewati masa masa kritis, bisa saja kita tidak lagi bootstraping. Salah kalik ya pemikiran seperti ini?
  • gak salah pemikiran juga ya, saya gak bisa menyamaratakan semua situasi sama...

    dulu bukalapak juga bilang, kalau dikasih 10 miliar sama investor juga mereka bingung buat apa

    "Kadang ada juga investor series A 10 miliar, saya bahkan harus menahan-nahan tawaran ini, karena tidak masuk akal, kami saja merasa belum show dan harus menyiapkan dapurnya"

    tapi setelah tokopedia (kompetitornya) fundraise 1 T, wajah mereka terus terang saya lihat agak tegang, mereka kayaknya gak nyangka tokopedia bisa fundraise segede gitu... kelihatannya mereka dilema mau ngapain habis tahu kompetitornya fundraise segede gitu.. akhirnya mereka decide diinvest sama emtek (sctv) yg bs dibilang strategic investment karena valuenya emtek bukan cuma duit tapi jg media. efeknya skr BL sering masuk liputan6.com dan detik.com. but its not an easy route.



  • tapi generally kalau seed stage, kalau ada yg nawar investment, asal vcnya gak jelek2 amat, pada cepetan diambil sih.
    kemarin ada founder cerita, dia gak peduli valuasi, tapi peduli pada scale. artinya gampangnya, kalau ada vc kompeten yang bantuin valuasi perusahaan naik berkali2 lipat, gak masalah di seed stage divaluasi murah ( in this case, revenue dia pas diinvest gak ada).

    gak bisa digeneralisir lo ya, this just my opinion dari ngobrol
  • Thanks, Om Rein. Sangat bermanfaat :)

    Projects.co.id (masih) sibuk fokus pada produk, produk dan produk. Bukannya menganggap marketing tidak penting, tetapi saat ini lebih fokus pada marketing yang tidak membutuhkan biaya besar. Maklum, dana harus diirit2 :P

    Anyway, minggu lalu fitur reply by email sudah di made available: https://projects.co.id/public/tips/view/501611/reply-by-email-fitur-yang-memungkinkan-anda-membalas-pesan-hanya-dengan-cara-me-reply-email

    Ide, saran, kritik are most welcome!

    :)
  • Homepage projects.co.id abis di redesign abis-abisan, per hari ini (19 Mei 2015) direlease homepage versi 2.0

    Coba dilihat ya: https://projects.co.id
    dan kasih masukan ya :)
  • Gila bener, situs projects.co.id kmrn down lebih dari 70 jam! :(

    Pelajaran yang sangat berharga dan we will take whatever its need to make sure it will not happen again in the future!

    Bikin panik dan kalang kabut :(
  • Kamis, 28 Mei 2015 dini hari sekitar pukul 03:00 WIB hingga Minggu, 31 Mei 2015 pukul 00:45 WIB, situs Projects.co.id down akibat hardware failure. 
    Itu adalah tujuh puluh jam terpanjang dalam hidup kami.

    Kami membagikan cerita bagaimana kecerobohan dan kebodohan nyaris menghapus mimpi (dan hidup) kami, dan bagaimana agar ini tidak terjadi pada teman-teman. 

    Entah teman-teman memiliki startup, bercita-cita ingin memiliki startup, atau apapun yang membuat hidup teman-teman tergantung pada sebuah piringan bermotor bernama haddisk, cerita ini patut dibaca dan dijadikan pelajaran.

  • Thanks udh sharing pengalamannya.

  • Salam kenal, Saya Arief.
    Pak Wirohardycch kemarin saya coba akses Projects.co.id masih trouble dalam sign up. Saya lihat sekilas kebanyakan project yang ada di sana skala kecil tapi justru ini bisa jadi diferensiasi misal masuk ke micro-projects dengan nilai yang relatif terjangkau konsumen individual dan UKM. Saya sendiri juga memiliki startup di bidang multimedia dan kreatif yang pertumbuhannya lumayan bagus namun akhir tahun 2014 karena terhantam perubahan kebijakan mentri pendidikan untuk menunda penerapan Kurikulum 2013 maka 90% project dibatalkan dan imbasnya sangat kerasa hingga kami benar-benar berada di dasar 'dead valley'. Namun karena kita entrepreneur maka passion dan visi mengalahkan segalanya Pak, pantang menyerah dan segera deal with change. Saat ini kami sedang berupaya mengarahkan haluan bisnis ke jalur yang lebih profitable dengan pasar luar negeri sambil mempersiapkan kembali menyongsong pasar dalam negeri. Selama ini kami belum berbadan hukum namun dalam setiap transaksi dengan klien kami selalu menerapkan prosedur yang hampir sama dengan perusahaan berbadan hukum. Pada dasarnya perjuangannya memang melelahkan apalagi kalau keterbatasan dana menjadi isu dasar. Namun saya beberapa kali mencoba memasukkan investasi dlm skala kecil malah jadinya berantakan karena nominal kecil tsb tidak bisa mengkover risiko operasional tak terduga semisal untuk backup recovery di saat terhempas kejadian akhir tahun lalu itu. Saya rasa, sharing dari Pak Wirohardycch dan masukan2 dari pak Reintweets sangat konstruktif bagi para entrepreneur Indonesia. Terima kasih banyak.

    www.proyekkreatif.blogspot.com
  • apartemen said:

    Thanks udh sharing pengalamannya.




    Sama-sama, Om :) Semoga bermanfaat ya :)
  • apartemen said:

    Thanks udh sharing pengalamannya.




    Sama-sama, Om :) Semoga bermanfaat ya :)


    Semangat ya Pak, maju terus pantang mundur!

    Sekali layar terkembang, pantang surut ke belakang :)

    Pendaftaran harusnya lancar. Klo sempat, tolong dicoba lagi ya Pak.
    Ke projects.co.id terus klik di sebelah kanan atas "Register"

    Senang mengetahui artikelnya bermanfaat :)
  • sekedar saran om wiro, mungkin bisa di tambahkan login by facebook, terkadang kita suka lupa user id nya :)
  • sekedar saran om wiro, mungkin bisa di tambahkan login by facebook, terkadang kita suka lupa user id nya :)



    Bener banget nih :) Thanks ya untuk sarannya, sangat bermanfaat :)
  • Segenap Management & Staff Projects.co.id Mengucapkan

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436H
    Minal Aidin Wal Faizin
    Mohon Maaf Lahir dan Batin


    image
    Thanked by 1reintweets
  • Dari beberapa hal yang di sebutkan di post #1 dan #2, beberapa hal ini sudah done:

    - Ubah tampilan halaman depan (home page) done di Mei 2015.
    Namun akan ada perubahan lagi, tampaknya mau menampilkan "how it works" di home page :)

    - Fitur mereply bid/conversation dengan email


    image
  • Kamis, 10 September 2015, Projects.co.id secara resmi merelease fitur lifetime affiliate marketing.

    Ane kutip dari sini ya:


    LIFETIME AFFILIATE adalah affiliate marketing  Projects.co.id yang memberikan komisi seumur hidup bagi user Projects.co.id, hanya dengan mempromosikan Projects.co.id.

    Sejauh yang kami tahu hingga saat ini sedikit sekali situs/bisnis yang memberikan komisi affiliate hingga seumur hidup. 

    -----

    Mudah-mudahan bermanfaat bagi semua pihak :)
  • Selasa pagi yang cerah :)
  • Selamat malam ... :)
  • gimana gan projecknya di tahun 2016, mudah mudahan lancar
  • gimana gan projecknya di tahun 2016, mudah mudahan lancar



    So far so good, Om @animeguardcom

    Makasih ya doanya :)

    Jika butuh worker/freelancer untuk mengerjakan project, lihat-lihat dan post di Projects.co.id ya, mudah-mudahan dapat yang cocok :)


  • project.co.id sangat bagus banget fiturnya dan proyeknya jg kencengn hampir tiap hari ane dpt penawaran roject via email toko bunga papan







    Thanks, Gan :)
    Di bid ya gan projectnya, jangan cuman didiamin :P

  • Selamat sianggggg :)
  • Sedikit tambahan juga pak wiro :)

    User yang lupa password mungkin bisa verifikasi melalui no.hp jika tidak dapat mengakses emailnya
  • raviraa_ said:

    Sedikit tambahan juga pak wiro :)

    User yang lupa password mungkin bisa verifikasi melalui no.hp jika tidak dapat mengakses emailnya



    Ide yang bagus, thanks ya :) Coba kita cari bagaimana bentuk implemtasi terbaiknya.

  • Iya mantaap semua ide nya mas
    Obat maag
  • kopp jang sia
  • Wow! Sah! Project Rp 100rb atau Kurang Kini Bebas Biaya! 


    Di tengah santernya informasi bahwa salah satu platform freelancing luar negeri telah menaikkan fee menjadi 20% untuk project bernilai kecil, Projects.co.id malah membebaskannya. Gratisssss, tis, tis!

    Semenjak Kamis siang, 27 Oktober 2016, biaya untuk project dan service dengan nilai dibawah atau sama dengan Rp 100.000 ditiadakan. Horeeeee! :)

    Ini artinya...

    https://projects.co.id/public/blog/view/f31611/wow-sah-project-rp-100rb-atau-kurang-kini-bebas-biaya-tapi-masalahnya-adalah



  • KHASIAT OBAT KUAT THOR’S HAMMER
    • Sebagai obat kuat herbal alami
    • Membantu Mengatasi Ejakulasi Dini
    • Memperlancar Sirkulasi Darah Ke Alat Vital
    • Menambah Tegang, Kuat, Keras Saat Ereksi
    • Mendapatkan Orgasme Yang Lebih Nikmat
    • Meningkatkan Stamina Tubuh
    • Meningkatkan Kadar Oksigen Darah Didalam Alat Vital
    • Memperlancar Aliran Darah
    • Menjaga suhu tubuh untuk mendukung perkembangan fungsi-fungsi seksual yang normal
    • Cepat Memulihkan Kondisi Tubuh Setelah Melakukan Aktifitas Sexsual
    • Obat Pembesar Penis Pria Herbal
    HARGA OBAT KUAT THOR’S HAMMER :

    1) Botol 550rb

    2) Botol 1jt

    3) Botol  1,4jt

    4) botol 1,8jt


    Pesan Sekarang !
    081318873454 - 08176544744
    Buka 24 JAM Pesan Via Pin BB: 24CFBB08

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Login with Facebook Sign In with Twitter