DOKU MyShortCart Dukung Komunitas Fashion Hijab | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

DOKU MyShortCart Dukung Komunitas Fashion Hijab, Bagikan Inspirasi Berbinis Online Untuk Netpreneur‏

Posted by & filed under Berita, News.

doku-mendukung-fashion-hijab

Jakarta, 15 Mei 2015 – UKM khususnya netpreneur dan hijab adalah dua sorotan industri yang belakangan ini hangat dibicarakan, terutama dalam kaitannya mendukung pertumbuhan eCommerce Indonesia. Memahami potensi serta tantangan berbisnis online yang dihadapi industri ini, DOKU MyShortCart sebagai penyedia solusi pembayaran online khusus UKM yang instan, mudah dan aman keluaran DOKU berkolaborasi dengan Ria Miranda, brand fashion hijab yang merupakan salah satu trend setter hijab ala Shabby Chic di tanah air untuk mengadakan sebuah workshop singkat yang bertajuk  “Fashion Prenuer: Beyond Social Selling” yang diselenggarakan tanggal 9 Mei 2015 lalu. Workshop ini juga turut dimeriahkan dengan hadirnya Diana Rikasari, fashion blogger sekaligus pemilik brand Up Shoes.

Terlepas dari edukasi dan berbagi ilmu seputar memilih solusi pembayaran online yang sesuai dengan kebutuhan para netpreneur, workshop singkat yang dihadiri setidaknya 50 orang netpreneur dan calon netpreneur ini juga bertambah seru dengan adanya diskusi tatap muka antara Ria Miranda dan tim, Diana Rikasari mengenai strategi membangun sebuah brand yang otentik dan  tips bagaimana mengoperasikan sebuah webstore.

Data survei DOKU MyShortCart menyatakan bahwa sekitar 84.21% netpreneur berjualan melalui platform social media, 26.32% melalui website, 23.68% melalui forum. Hal ini berbanding lurus dengan kepopuleran social media di tanah air.

“Berjualan online saat ini sudah jauh lebih mudah dan cepat untuk mengembangkan bisnis dengan dukungan social media dan meningkatnya kepercayaan masyarakat Indonesia akan eCommerce,” kata Imam Akbar Hadikusumo, DOKU MyShortCart Head pada saat menjadi salah satu narasumber workshop hari Sabtu lalu. “Dari sisi metode pembayaran online, semakin banyak metode pembayaran tersedia maka akan berpengaruh terhadap kredibilitas pemilik toko online dan kenyamanan pelanggan. Dengan DOKU MyShortCart, kami menawarkan metode pembayaran online terlengkap, proses rekonsiliasi yang dipermudah, karena pemilik toko tidak perlu langsung berhubungan dengan pihak perbankan atau kartu kredit, cukup satu pintu ke payment gateway kami dan langsung mendapatkan berbagai opsi pembayaran online,” tambah Akbar.

Arief Tri Satya, Head of Operation Ria Miranda mengungkapkan,”Kemudahan yang ditawarkan oleh DOKU MyShortCart tidak hanya mempermudah kami tim operasional untuk menjalankan manajemen pembayaran toko online Ria Miranda, namun juga berhasil meningkatkan sales dari Ria Miranda sebesar 25% dibandingkan saat toko online kami hanya menerima pembayaran via transfer bank.”

Pada kesempatan yang sama Ria Miranda dan Diana Rikasari juga berbagi cerita inspiratif seputar bagaimana memulai bisnis fashion dari awal sampai dengan saat ini, dimana masing-masing telah memiliki brand ternama, walaupun memiliki gaya fashion yang amat berbeda satu sama lain.

Ria Miranda yang merupakan lulusan dari ESMOD Jakarta ini menjelaskan,”Menciptakan pengalaman pelanggan semirip mungkin seperti berbelanja di toko offline serta personal touch yang membangun emotional connection antara pemilik brand dan pembeli online sangatlah mumpuni untuk mejaga kesetiaan pelanggan.” Berawal dari blog dan membangun relasi dengan asosiasi fashion terkait, Ria Miranda telah berhasil membangun brand hijab ternama dan merupakan salah satu trend setter hijab yang menganut gaya shabby chic.

Sementara itu, Diana Rikasari, pemilik brand Up Shoes menuturkan, “Membangun sebuah brand baiknya disesuaikan dengan karakter si pemilik brand. Hal ini penting untuk dilakukan selain agar karakter dan identitas suatu brand dapat konsisten, juga merupakan strategi untuk terus eksis di pasar fashion,” ujar Diana Rikasari. “Dalam hal membangun karakter brand, social media adalah platform yang sangat powerful,” tambahnya. Diana yang sebelumnya sempat berkarier di sebuah korporasi ternama, akhirnya memilih untuk berhenti dari dunia korporat dan memulai usahanya, dimana blog dan brandnya menjadi ternama karena kedekatan interaksi di social media yang sangat tinggi.

Selain workshop untuk para netpreneur, momen kolaborasi antara DOKU MyShortCart bersama dengan Ria Miranda ini juga dimanfaatkan untuk melakukan soft launching sebuah market place online yang sepenuhnya didukung oleh Ria Miranda, dimana marketplace tersebut masih berada di dalam lingkungan webstore Ria Miranda. Marketplace yang diberi nama MART.KET HOUSE ini menghadirkan merchant-merchant pilihan yang sudah dikurasi langsung oleh Ria Miranda, mulai dari fashion, aksesories, art stuff, sampai dengan dessert/cake serta produk home and living. Saat ini webstore Ria Miranda memiliki 1000+ member dan dikunjungi oleh 500+ visitor setiap harinya.

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games