Data Dari Tokopedia Menunjukkan Dominasi Wanita Dalam Hal Berbelanja Online, Baik Sebagai Pembeli Maupun Penjual Online | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Data Dari Tokopedia Menunjukkan Dominasi Wanita Dalam Hal Berbelanja Online, Baik Sebagai Pembeli Maupun Penjual Online

Posted by & filed under Berita, Ecommerce Indonesia.

Beautiful young woman shopping over internet

Tidak bisa diragukan lagi bahwa wanita memang berperan besar dalam memajukan perkenomian suatu negara, baik itu sebagai konsumen maupun penjual. Kami sudah menjelaskan beberapa data yang menunjukkan peranan wanita dalam memajukan perekenomian dunia pada artikel kami sebelumnya dalam acara yang diselenggarakan oleh ANGIN beberapa waktu yang lalu yang bertemakan “Pentingnya Peran Wanita Dalam Memajukan Perekonomian Dunia.” Sebagian besar pembeli online di Indonesia adalah wanita. Hal ini didukung dengan data yang baru dirilis oleh Tokopedia dalam tiga bulan terakhir di tahun 2014 ini.

Data tersebut menunjukkan bahwa produk yang paling banyak dibeli konsumen di Tokopedia adalah produk kecantikan & kesehatan, lalu diikuti dengan pakaian, fashion & aksesoris, dan gadget. Melihat dari data itu, bisa disimpulkan bahwa wanita adalah konsumen yang paling banyak berbelanja di Tokopedia dengan persentase 66,28 persen, sedangkan jumlah pria yang berperan sebagai pembeli adalah sebesar 33,72 persen. Tidak hanya berkontribusi sebagai pembeli, wanita yang berjualan di Tokopedia juga mendominasi dengan jumlah 55,75 persen, sedangkan pria berjumlah 44,25%. Hal ini menunjukkan dominasi wanita dalam berbelanja dan berjualan secara online.

infographic cut1

Ternyata dominasi wanita di dunia online tidak hanya sampai disitu, dalam hal jumlah transaksi yang dibelanjakan, wanita berkontribusi sebesar 61,1 persen dari total jumlah transaksi yang terjadi di Tokopedia. Sedangkan dalam hal jumlah transaksi yang didapat, lagi-lagi wanita menang dengan total 53,65 persen. Sekitar 46,33 persen dari wanita-wanita yang berbelanja online ini berumur 20-29 tahun, lalu sekitar 39,76 persen berumur 30-39 tahun.

Kenapa wanita bisa mendominasi pria dalam hal berjualan online? Karena wanita mempunyai pendekatan lebih personal kepada konsumennya. Wanita paham betul dengan produk-produk yang dijual, hal ini disebabkan karena mereka juga memiliki produk tersebut, jadi mereka bisa memberikan gambaran yang lebih detil terhadap produk yang dijual. Berdasarkan data tersebut bisa kita simpulkan bahwa saat ini wanita mendominasi dunia online. Mungkin karena aktivitas jual-beli online, khususnya belanja online sudah menjadi gaya hidup wanita Indonesia.

Sumber Foto: global-discourse.com

Baca Juga:

Perjalanan William Membangun Tokopedia Sampai Mencapai Transaksi 8 Miliar Per Bulan

Empat Alasan Kenapa Indonesia Adalah Pasar E-Commerce Yang Paling Membingungkan di Dunia

Survey Visa : Ecommerce Indonesia Akan Tumbuh 40% Tahun Ini

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.