Email List Growth Hacking : Meningkatkan Traffic dan Email List Gratis, tanpa Konten? Lakukan 3 Langkah Mudah ini ! | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Email List Growth Hacking : Meningkatkan Traffic dan Email List Gratis, tanpa Konten? Lakukan 3 Langkah Mudah ini !

Posted by & filed under Growth Hack, internet marketing, Sales & Marketing.

Seorang marketer selalu melakukan cara-cara baru untuk mendorong pertumbuhan bisnisnya, belakangan ini cara cara baru yang muncul disebut dengan growth hack, tapi ya istilah ini hanya istilah keren-kerenan saja, karena kalau sudah banyak tahu dan teknik/toolsnya sudah banyak yang pakai (saturated) namanya bukan growth hack lagi.

Apakah Anda pernah mendengar istilah “konten viral” ? Ya benar, itu adalah konten yang tersebar cepat di internet karena orang-orang sangat tertarik untuk men-share konten tersebut di social media. Menjadi viral adalah sesuatu yang sangat diidamkan bagi setiap orang yang membuat konten di websitenya. Ide/bahan untuk membuat konten viral juga tentunya bukanlah hal yang mudah didapatkan setiap hari.

Lalu bayangkan, bagaimana jika kita tidak perlu membuat konten yang viral, namun kita dapat memanfaatkan setiap konten viral orang lain untuk mengiklankan website kita? “Loh, iklan ? Mahal dong ?” Tidak, ini GRATIS ! Dengan langkah-langkah yang mudah dan usaha yang minim kita bisa mendatangkan traffic yang besar ke website kita! Bagaimana caranya ? Lakukan 3 Langkah mudah berikut ini :

 

NOTE : Tutorial ini akan terlihat panjang karena disajikan dengan detil, namun penerapannya mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit. Untuk memberikan gambaran, saya ingin terlebih dahulu memberikan contoh hasil akhir custom link yang akan kita buat, hasilnya akan seperti ini : snip.ly/1aZ3

buat toko online ecommerce indonesia

Setelah visitor meng-klik link tersebut, bisa Anda arahkan ke landing page yang Anda inginkan, bisa juga diarahkan untuk mendownload ebook Anda, atau untuk mendapatkan kode diskon toko online Anda. Baca juga : 5 Cara Efektif dalam Mendapatkan Email Konsumen bagi E-commerce Anda

 

1. Mencari Konten/Artikel yang akan Digunakan

Usahakan untuk mencari artikel yang relevan dengan produk/website yang akan Anda iklankan. Mengapa yang relevan ? Karena, makin relevan iklan Anda dengan artikelnya, maka iklan Anda semakin mungkin untuk di klik oleh pengguna. Bayangkan jika Anda membuat iklan untuk membeli Fried Chicken pada artikel tentang diet sehat ? Tentunya tidak akan efektif.

Selain itu, tentunya kita juga ingin mencari artikel yang banyak di-share atau dengan kata lain artikel tersebut viral, agar impactnya lebih besar. Untuk membantu Anda mencari artikel dengan dua kriteria itu (relevan & viral), Anda dapat menggunakan tools seperti BuzzSumo.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup ketik saja kata kunci topik artikel yang ingin Anda cari pada search box dan klik tombol “Go”. Misalnya StartupBisnis ingin mencari artikel dengan kata kunci toko online:

BuzzSumo-search1

Kemudian, hasilnya akan seperti gambar di bawah ini. Kita dapat menemukan judul, tanggal dan statistik jumlah share di masing-masing social media seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya. Terlihat bahwa artikel tentang “Gadis Lumpuh” telah di-share sebanyak 5720 kali di Facebook, dan artikel tersebut tergolong cukup viral.
BuzzSumo

2. Membuat Custom Link dengan Tools : Sniply atau DoSocial

Setelah memilih artikel yang akan dipakai, selanjutnya yang akan kita lakukan adalah membuat sebuah custom link, dimana kita akan menyisipkan iklan kecil kita disana. Anda bisa menggunakan service dari Sniply ataupun DoSocial, namun pada tutorial ini saya akan menggunakan tools dari Sniply. Agar lebih jelas, langsung saja kita praktekkan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Buka situs Snip.ly , lalu klik tombol “Try Sniply for Free” untuk membuat akun baru.Sniply
  2. Lalu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Anda bisa menggunakan login Facebook, Twitter, maupun membuat account baru secara manual.RegisterSniply
  3. Setelah membuat account atau login menggunakan Facebook/Twitter, Anda akan sampai di dashboard Sniply. Pilih menu “Account” kemudian klik “Profiles”.Dashboard
  4. Anda akan masuk ke halaman untuk mengedit profile-profile yang ada. Namun karena kita menggunakan versi free, maka kita hanya bisa memiliki satu profile. Tekanlah tombol berwarna biru seperti gambar di bawah untuk mengedit profile Anda. Ganti foto, nama dan sertakan alamat website sesuai dengan keinginan Anda. Setelah selesai, klik “Update profile”.
    Edit-profile
  5. Sekarang, saatnya membuat custom link. Klik tombol “Create Snip” di bagian atas. Bentuk tombolnya seperti ini :
    Create-snip
  6. Anda akan menemukan halaman untuk membuat custom link. Tampilannya akan seperti ini :growth-hack-traffic-tanpa-konten1
  7. Isilah “Page URL” dengan link artikel yang telah Anda pilih. “Message” adalah pesan teks yang ingin ditampilkan. “Button Text” adalah tulisan untuk tombol Call-to-Action Anda. Pro Tip : Gunakanlah kombinasi kata-kata untuk Call-to-Action Anda yang menarik orang untuk meng-kliknya. Anda bisa melihat artikel tentang Membuat Call-to-Action untuk membantu Anda membuat CTA yang menarik.
  8. Dan satu lagi yang penting adalah “Button URL”, isilah dengan website tujuan Anda (website Anda yang ingin diiklankan). Di bagian bawah halaman, Anda dapat melihat bagaimana hasil tampilan iklan Anda.
  9. Setelah selesai mengisi bagian penting dari pesan iklan Anda, ada opsi tambahan yang dapat Anda lakukan dengan meng-klik tombol “Customize”. Namun, karena kita memakai versi free, maka beberapa fitur tidak dapat kita gunakan. Klik tombol “Customize” dan Anda akan menemukan halaman seperti ini :customize-sniply
  10. Satu-satunya tampilan yang dapat diubah disini adalah “Theme”, pilih tema yang Anda sukai.
  11. Setelah selesai mengisi semuanya, klik “Create” dan jadilah Custom Link Anda!

3. Share Link Anda !

Setelah meng-klik tombol “Create”, Akan muncul tampilan seperti ini :

sniply-doneCopy Custom Link Anda, lalu share ke berbagai Social Media ! (Anda bisa melihat previewnya terlebih dahulu jika Anda mau). Bagusnya disini adalah jika Anda share link ini di Facebook, tampilannya tetap akan normal seperti link sharing biasa seperti ini :

Facebook-Share-sniply

 

Dan kabar baiknya : karena artikelnya viral, maka orang-orang akan otomatis men-share post tersebut. Dan ketika orang-orang share post Anda, maka iklan Anda akan terlihat oleh banyak orang. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan sukses selalu !

 

Baca juga

Panduan Dari Para Expert Tentang Bagaimana Meningkatkan Daftar Email Pada Bisnis Anda

Memahami Performance Based Digital Marketing – Part 1

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.