Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Entrepreneurship Vs Purposeful

Posted by & filed under Blog.

cara menjadi pengusaha bisnis online

Belakangan ini istilah entrepreneurship sering sekali kita temui. Banyak pihak menggalakkan yang namanya ‘Entrepreneurship’. Entrepreneurship atau wirausaha dikenal oleh masyarakat sebagai suatu usaha berbisnis sendiri tanpa ikut bekerja menjadi karyawan orang lain. Iming-imingnya tentunya adalah waktu yang lebih bebas dan tidak ada bos menyebalkan yang menyuruh-nyuruh kita. Kita berpikir kerja keras sekarang dan hidup enak di kemudian hari. Bahkan di beberapa seminar pernah dikatakan ‘kata siapa jadi seorang entrepreneur itu bisa time freedom, yang ada malah 24/7 kita harus bekerja’. Statement tersebut tentunya adalah dengan tujuan memotivasi audience dimana ujung-ujungnya setelah kita bekerja keras, kita akan mendapatkan hidup enak yang kita impikan.

Saya sedang membaca sebuah buku dengan judul The One Thing dan menemukan satu bahasan mengenai Entrepreneurship. Di buku tersebut dibahas Entrepreneurship vs Purposeful. Contoh yang digambarkan di buku tersebut adalah ketika seorang entrepreneur diberikan sebuah kapak dan disuruh menebang pohon, maka dia akan segera berangkat menuju ke hutan dan bekerja dengan giat. Tetapi ketika Purposeful person diberikan hal yang sama, maka yang pertama dia lakukan adalah bagaimana saya bisa menemukan gergaji listrik.

Nah sekarang, yang manakah Anda? Apakah Anda mencari kesibukan, atau Anda punya satu goal besar?

Saat membaca sampai sini, kebanyakan dari Anda akan mulai berpikir ‘kalau saya sih punya goal besar’. And pertanyaan saya selanjutnya adalah apakah yang Anda kerjakan hari ini, minggu ini dan bulan ini sudah membuat Anda semakin dekat dengan goal Anda?

Oh ya, goal harus jelas, bukan sekedar saya ingin kaya, saya ingin happy, etc. Harus bisa diukur sehingga bisa dianalisa progress Anda.

Kalau Anda menjawab iya bahwa usaha Anda sudah mendekati goal Anda, apakah Anda juga sudah jelas kira-kira berapa lama Goal Anda akan tercapai dengan usaha yang pada saat ini Anda lakukan.

Kalau Anda mulai ragu, sudah saatnya Anda mendefinisikan kembali Purpose/Goal Anda lebih jelas, dan mulai mengubah strategy Anda menuju kesana sekarang juga. Kalau tidak, Anda akan berjalan di tempat dan melewatkan banyak kesempatan/peluang yang mungkin muncul di hadapan Anda.

Good luck with your life:)

@DennySantoso