Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Event Announcement : Startup Visa Canada Webinar, 24 Mei Jam 23 Malam WIB by @Hambalia

Posted by & filed under Startup.


anastasia Hambali
Editor’s note : Anastasia Hambali adalah seorang asli Indonesia yang  terdampar di startup scene Vancouver, Kanada karena bosan terkungkung di kubikel kecil di sebuah perusahaan besar. Sekarang Community Manager di GrowLab, working alongside crazy entrepreneurs making amazing things happen! Saat ga lagi tweeting, blogging, curating, bikin event, nulis press release, promosi GrowLab dan startups kanan kiri depan belakang, Anastasia bakal hunting ide ato speaker buat TEDx events sambil ngopi di cafe terdekat. Tweet her @hambalia.

 

Tidak bisa dipungkiri, Mekah dari dunia Startup masih terletak di Silicon Valley. Pemain kawakan di bidang teknologi masih berpusat di sana, baik dari segi investor maupun partner bisnis atau perusahaan yang banyak acquiring startup.

Namun, hal ini mulai berubah, terutama karena negeri Paman Sam memang tidak terkenal ramah pada kaum imigran yang banyak berperan dalam teknologi startup. Brad Feld, co-founder dari Foundry Group dan TechStars, dan pengarang buku Startup Communities sering curhat di blog nya tentang kesulitan mereka menggalangkan Startup Visa. Menurut Feld, ini sangat menghambat perkembangan teknologi dan ekonomi Amerika.

Maka dari itu, banyak entrepreneurs yang memilih untuk tinggal di Kanada yang terletak di utara Amerika.  3 kota Kanada baru saja dinamakan sebagai Top 10 Startup Ekosistem di Dunia oleh Startup Genome. Kota-kota ini adalah Toronto, Vancouver dan Waterloo.

Kenapa membangun bisnis di Kanada?

Ada miskonsepsi kalau di luar Silicon Valley tidak ada investor yang mau menanamkan modal di startups. Hal ini tidak benar.

Toronto, Vancouver dan Waterloo terletak tidak jauh dari pusat startup di kota-kota besar di Amerika. Investor dari Negara Paman Sam tidak jarang berkunjung dan menanamkan modal kepada startup di sana . Investor di Kanada pun tidak kalah sibuk menulis cek dan membantu startup untuk berkembang.

Ryan Holmes, founder dan CEO dari HootSuite, juga memilih untuk membangun HQ di Vancouver, Kanada daripada pindah ke San Fransisco. Baca artikel lengkapnya di sini.

Negara Kanada juga sangat ramah terhadap kaum pendatang. GrowLab sendiri membantu startup dari Rumania untuk pindah ke Kanada. Tapi bukti terbesar dari keramah-tamahan dari negara yang melahirkan HootSuite dan Flickr adalah program terbaru pemerintah Kanada: Startup Visa.

Latar belakang Startup Visa Kanada dan cara mendapatkannya

Startup Visa Kanada adalah hasil jerih parah Boris Wertz (salah satu founder GrowLab), Danny Robinson (veteran entrepreneur, CEO – Perch) dan Maura Rodgers (entrepreneur dan CEO – Strutta).

Di tahun 2011, tiga entrepreneur kawakan ini melobi pemerintah Kanada untuk menggagaskan program Startup Visa. Kenapa? Summify (acquired oleh Twitter tahun 2012).

Founders dari Summify, Christian Strat dan Mircea Pașoi datang ke Vancouver pada tahun 2010. Namun, bukannya sibuk membangun startup, mereka malah disibukkan dengan birokrasi pemerintah untuk tinggal dan menetap di Kanada. Wertz, Robinson dan Rodgers merasa bahwa Kanada harusnya membuka pintu lebar-lebar bagi entrepreneurs dengan skill dan ide bisnis seperti ini.

Dua tahun berlalu, dan sekarang pemerintah Kanada mengalokasikan 2750 visa per tahun bagi entrepreneurs yang mau membangun bisnis di sini. Program Startup Visa memungkinkan entrepreneur tidak hanya untuk mendapatkan ijin usaha dan investasi di Kanada, tapi juga untuk menetap secara permanen.

Kanada sangat ideal karena stabilitas ekonomi dan lingkungan yang ramah imigran. Dari segi lokasi, Vancouver (ranking 9 di Top 10 Startup Ekosistem di dunia) terletak sangat strategis dari pusat-pusat teknologi di Amerika, termasuk Silicon Valley.

Berminat untuk mengetahui lebih lanjut tentang program ini? RSVP untuk online information session pada hari Jumat, 24 Mei jam 9:00-11:00 AM PDT (Sabtu, jam 11:00 PM – 1:00 AM WIB).

Maura Rodgers, salah satu pelobi utama Startup Visa, dan Mike Edwards, Eksekutif Direktur GrowLab dan CEO dari LX Ventures, akan membahas program Startup Visa dan menjawab pertanyaan seputar mendapatkan modal dan hal-hal yang di cari oleh investor Kanada.

Link RSVP: https://plus.google.com/events/c4c25ikmro241ouuognh6nik66s

More information: https://startupvisa.ca

 

http://www.youtube.com/watch?v=zq4_Uf1jQE8