Event Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) – Trend Dalam Dunia Digital Marketing | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Event Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) – Trend Dalam Dunia Digital Marketing

Posted by & filed under Event.

Kali ini StartupBisnis mendapat kesempatan untuk hadir pada sebuah event Hong Kong Trade Development Council pada tanggal 17 September 2015 yang membahas tentang ‘Trend Dalam Dunia Digital Marketing’.

Event ini dibuka oleh sambutan dari Agus Chandra yang membahas tentang Internet telah merubah hidup manusia, yang menjadi semakin mudah karena segala hal dapat di akses dengan cepat melalui teknologi tersebut.

event hktdc (1)

Kemudian pembicara pertama Jason Chiu, CEO Cherrypicks membicarakan tentang trend digital marketing saat ini yaitu O2O (Online to Offline) yaitu dimana online dan offline akan menjadi suatu hal yang saling bergantung satu sama lain. Contohnya koran, saat pertama kali majalah atau koran online terbit semua orang beranggapan bahwa koran tradisional akan mati, nyatanya? Justru mereka bertambah semakin banyak. Media offline memiliki posisinya sendiri.

Intinya dalam O2O ini bisnis online dan offline akan masi mendukung satu sama lain hingga 5 – 10 tahun kedepan. Konsumen tidak peduli offline atau online, yang mana yang terbaiklah yang akan dipilih oleh mereka jadi semua memiliki posisi tersendiri dan sesuai dengan pilihan konsumen masing-masing.

Kemudian masuk ke dalam era Internet Plus dimana kita dapat mengkombinasikan system online dan tradisional secara bersamaan. Di Indonesia ada beberapa perusahaan start-up yang telah melakukan hal tersebut misalnya Go-Jek, Uber, dan Grab Bike dimana mereka menggunakan system di dalam sebuah mobile aplikasi untuk memesan sebuah jasa transportasi yaitu ojek (tradisional).

Internet Plus atau O2O ini dapat selaras karena sesuai dengan sifat manusia. Saat ini ada beberapa istilah yaitu Showrooming dimana orang pergi ke toko retail (offline) kemudian mencoba produk tersebut dan apabila sesuai dengan apa diinginkan maka mereka akan membeli barang tersebut melalui online shop karena mereka akan mendapatkan harga yang lebih murah. Intinya showrooming adalah mencoba produk secara offline dan membelinya secara online.

event hktdc (2)

Kemudian ada lagi istilah Webrooming dimana konsumen melihat user review dan user rating dalam sebuah online shop kemudian melakukan pembelian ke toko offline atau retail. Ada beberapa konsumen yang ingin menyentuh atau melihat produk fisiknya terlebih dahulu sebelum membeli barang. Hal tersebut lah yang menjadi salah satu keunggulan dari toko retail yaitu dimana konsumen dapat menyentuh barang tersebut terlebih dahulu.

Lalu masuk kepada pembicara kedua yaitu Willy Lay founder dari Fimmick.com yang merupakan sebuah digital marketing agency di Hong Kong yang memiliki spesialisasi untuk membuat dan mengintegrasikan teknologi digital marketing untuk bisnis jangka panjang konsumen.

Willy lay berbicara tentang perkembangan e-commerce yang sangat besar saat ini di China, contohnya saja alibaba yang dapat menghasilkan 9 Miliar dalam waktu 1 hari. Kondisi perkembangan e-commerce yang sangat besar ini mirip seperti kondisi perkembangan di China sehingga dapat diprediksi bahwa Indonesia memiliki peluang yang sangat baik dalam bidang industry e-commerce. E-commerce sudah sangat mature di beberapa Negara seperti Jepang, Korea, dan Australia sehingga perkembangannya saat ini menjadi stagnan atau flat berbeda dengan China dan Indonesia yang masih meningkat dengan tajam

Willy juga mengatakan bahwa saat ini trend yang akan berkembang adalah social commerce seperti We Chat yang ada di China telah didownload sebanyak 600 juta kali. Pergeseran trend mulai terjadi dari awalnya berupa tradisional dimana toko fisik sangat menjamur kemudian beralih ke e-commerce yang membuat online shop berkembang sangat pesat dan sekarang social commerce seperti micro-stores yang terdapat dalam platform social media (belanja dalam We Chat).

Keuntungan Social Commerce merupakan sebuah siklus yaitu

  1. Konsumen melihat barang dalam social media kemudian membeli barang tersebut
  2. Konsumen menerima barang
  3. Konsumen menceritakan pengalamannya tentang barang tersebut dalam social media
  4. Teman dari konsumen melihat review dari produk tersebut
  5. Teman dari konsumen tersebut ikut mencari produk itu melalui social media tersebut.

Kemudian siklus tersebut kembali lagi kepada poin nomor 1.

Pembicara terakhir adalah Tomy Choi, Founder dan Managing Director Cccdi.Ltd yang membicarkan tentang New Media. New Media adalah sebuah teknologi baru dalam sebuah periode tertentu yang menyediakan sebuah media baru untuk men-generate user content.

Perkembangan New Media (Internet User Content) dimulai dari sebuah Website kemudian berkembang menjadi sebuah Flash Website atau digital platform lainnya kemudian berubah menjadi Mobile Optimized / Mobile Friendly Web dan sekarang berkembang lagi menjadi User-generated Content (UGC)

event hktdc (4)

Tidak hanya itu, teknologi atau medium yang digunakan juga ikut mengalami perkembangan mulai dari AOL 56k Internet kemudian menjadi Broad-band Internet lalu berubah menjadi Smart Phone atau tablet dan sekarang berubah menjadi Social Media Platform.

Tomy juga mengatakan bahwa saat ini message apps telah menggantikan social network site dalam mobile. Oleh karena itu saat ini faktor yang sangat penting untuk mendorong minatnya konsumen terhadap mobile apps adalah UX (User Experience) dimana saat ini apabila sebuah marketing message di padukan dengan user experience yang baik ditambah dengan kreatifitas makan akan menghasilkan end user atau audience yang besar.

Hal ini harus diperhatikan mengingat tingginya mobile penetration yang masuk ke Indonesia.

 

Baca juga

 Memahami Performance Based Digital Marketing – Part 1

 Belajar Dari Para Praktisi Digital Marketing : Meet Up “Back To The Future : Learn From The Masters of Internet Marketing”

Ngobrolin Ecommerce Indonesia Bareng @FannyVerona, Digital Marketing Expert (Video)

 

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.