Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Founder Startup Dengan Special Skill Tidak Tidur dan Tidak Mandi Berhari-hari

Posted by & filed under Featured, Running a Business.

Foto Pertama Tim Paypal

Kiri Ke Kanan : Ken Howery (Sekarang di Founder’s Fund), Max Levchin, Yu Pan, Russel Simmons (Sekarang di Yelp), Luke Nosek (Founder’s Fund), Peter Thiel (Clarium Capital)

 

Artikel ini dibuat bukan untuk menyarankan Anda untuk tidak tidur dan tidak mandi selama beberapa hari, tetapi hanya sebagai informasi saja, bahwa “ada loh founder startup yang punya special skill seperti ini”. “Don’t try this at home” karena tadi malam saya baru baca artikel tentang karyawan ecommerce di China yang meninggal karena overworked disebabkan tingginya growth ecommerce di sana.

 

Berikut ini adalah sebuah potongan cerita tentang Max Levchin, co founder dan mantan CTO Paypal yang saya ambil dari buku Sarah Lacy, “Once you’re lucky, twice you’re good”.

 

Di masa awal pendirian Paypal, mereka banyak berhadapan dengan fraud, penjahat online dari Rusia juga sempat mencuri nomor kredit card dari Paypal dan melakukan pencucian uang. Di pertengahan tahun 2000, Max Levchin dan beberapa engineer Paypal bekerja siang dan malam untuk bisa satu langkah di depan para penjahat ini untuk menjaga kepercayaan customer terhadap kredibilitas Paypal yang sudah dibangun susah payah. Fraud ini sudah menyingkirkan kompetitor Paypal dari persaingan seperti Bank One’s eMoney Mail, Payme, Payplace. Tetapi Max dan tim engineer sebanyak 75 orang melawan dengan sangat keras. “Kami yang mengalahkan fraud atau fraud akan mengalahkan kami” katanya saat melihat para penjahat fraud menyingkirkan kompetitornya dari market.

Pada saat itu Max bekerja tanpa tidur dan seringkali tidak mandi selama beberapa hari. Ketika ia sudah merasanya badannya cukup bau, dia akan mandi di kantor Paypal kemudian menggunakan jeans yang sama dan t-shirt Paypal yang baru kemudian balik coding lagi. Load pekerjaan dari Max bisa dihitung dari keranjang yang berisi t-shirt yang sudah dipakainya tetapi belum dicuci.

captcha

 

Salah satu hasilnya adalah Gausebeck-Levchin test yang sekarang dikenal dengan nama captcha. Kalau kami akan membeli sesuatu di internet pasti kamu harus mengisi sebuah angka random di dalam sebuah textbox. Captcha ini ditemukan oleh Max Levchin.

 

sleep

 

So instead of just getting themock-up done and getting reasonable rest, my two coders and I coded nonstopfor 5 days. I think some people slept; I know I didn’t sleep at all. It was just thisinsane marathon where we were like, “We have to get this thing working. – Max Levchin, Founder’s at work p.19

 

Polyphasic Sleep

Di buku founder’s at work, Max Levchin mengatakan bahwa di masa awal Paypal ia coding 5 hari tanpa tidur.

Di sebuah page Reddit banyak yang mendebat “Mana ada orang bisa tidak tidur 5 hari ? It’s total BS”.

Seseorang membuat hipotesa bahwa Max Levchin adalah seorang robot.

Seseorang di Hackernews merasa bahwa orang-orang hiperproduktif seperti Max dan Peter Thiel beranggapan bahwa “sleep is for the weak; anyone who sleeps 8-10 hours a night must have a serious lack of will”.

Max Levchin di masa-masa ia mengerjakan Paypal, mengikuti pola tidur Polyphasic, di mana ia tidur banyak kali tetapi dengan jumlah jam yang tidak banyak, dengan tujuan supaya bisa bekerja lebih lama.

Kebanyakan dari kita memiliki pola Monophasic seperti di bawah ini. Tetapi beberapa orang mencoba menerapkan pola selain Monophasic, di mana 4 pola lainnya disebut dengan Polyphasic.

Berikut ini adalah gambaran tentang Polyphasic sleep dari Wikipedia.

sleep

 

Have a nice day.

 

Baca Juga : Beberapa Kalimat Tentang Hard Work Yang Tidak Bisa Saya Lupakan