Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Generasi Muda Semakin Kaya by @coachcyn

Posted by & filed under Blog, Running a Business.

Editor”s Note : Guest post ini ditulis oleh Coach Cynthia, pemilik ActionCOACH South Jakarta, sebuah Business Coaching franchise yang membimbing pengusaha untuk meningkatkan hasil bisnis dengan garansi dalam 17 minggu.  Untuk FREE BUSINESS HEALTH CHECK, click www.acsj.co.id

 

Jaman dulu, mulai usaha sendiri adalah sesuatu yang anda lakukan setelah jadi karyawan. Hari gineee banyak orang memulai usaha di usia muda.  Ada tech-preneurs, student-preneurs, teen-preneurs. Jangan2 ada kid-preneur nanti.

Saya sering mendapatkan undangan bicara tentang entrepreneurship untuk universitas & bahkan SMA. Pada saat saya bertemu dengan pengusaha2 muda itu, mereka sangat bersemangat dan menggunakan online untuk melejitkan bisnisnya. Banyak bahkan sudah melampaui gaji manajer hanya dengan penghasilan yang mereka dapatkan dari bisnisnya.Kita mulai melihat organisasi seperti Young on Top yang penuh dengan pengusaha & pemimpin muda.

Gen Y dan Z dididik dengan nilai percaya diri, diajak untuk bermimpi besar, diberikan semangat “KamuBisa,” dan yakin bahwa sukses bisa dicapai dengan jangka waktu bulanan (bukan tahunan).  Di dunia corporate kita juga melihat mereka mengharapkan jabatan yang lebih tinggi dengan lebih cepat.

Apa sih yang membuat generasi muda ini lebih berani dan lebih mau berbisnis? Memang mereka punya DREAM yang besar dan membuat keputusan lebih dari GUT.  Dan kedua ini artinya :

 

DREAM: Dare to Reach, Earn, & Aspire for More

GUT : Gave Up Thinking

 

Generasi sebelumnya lebih menekankan pembuatan goal yang realistis. Generasi muda melihat peluang pasar yang sangat besar dan sangat optimis untuk meraihnya. Mereka lebih berani memasang impian untuk standard hidup yang lebih tinggi.

Kalau bicara GUT,  mungkin ada baiknya mereka tidak terlalu banyak berpikir sebelum memulai.  Paling tidak proses sudah dimulai dan, seperti pengusaha casino francais en ligne lain pun, mereka jatuh bangun dengan pengalaman.

Bila saya boleh memberikan hanya satu saran sebagai seorang Business Coach, saya hanya ingin mengingatkan bahwa di balik setiap hasil ada proses yang harus diperhatikan.  Bila proses itu dieksekusi dengan baik, maka hasilnya pun akan lebih terjamin.  Kebanyakan pengusaha terlalu terfokus terhadap hasil dan ingin langsung mendapatkan uang. Mereka kurang memikirkan rencana dan memastikan bahwa rencana tersebut terimplementasi dengan baik. Pantauan saya, bila sebuah bisnis kurang berhasil, itu bukan karena mereka tidak punya rencana. Tapi karena rencana mereka gagal dalam eksekusinya.

 

Ayo kita lihat 4 pola yang terlihat di bisnis yang berhasil:

  1. Mereka fokus terhadap 1 tujuan yang penting.  Kita sebut ini adalah WILDLY IMPORTANT GOAL atau WIG. Di bisnis, terlalu banyak fokus artinya anda tidak punya fokus.
  2. Mereka meng-identifikasi dan memprioritaskan aktifitas2 yang mendukung pencapaian WIG.  Kita sebut aktifitas ini sebagai Lead Measures dan itu tidak lebih dari 2-3 aktifitas kunci.  Hal2 lain yang anda harus lakukan dalam bisnis ya memang harus terlaksana tapi kebanyakan aktifitas lainnya adalah angin lewat.  Setelah angin sudah lewat, team anda harus bisa fokus lagi ke Lead Measures sebenarnya.
  3. Mereka memonitor progress secara regular.  Setiap hari atau setiap minggu, team mereka punya Scoreboard (papan score) yang mereka gunakan untuk menghitung progress mereka terhadap WIG.  Mereka tahu apakah mereka sedang perform dengan baik atau kurang cepat.  Dan koreksi terhadap action bisa dilakukan segera.
  4. Mereka memiliki sistem akuntabilitas.  Dengan menggunakan rapat kecil dengan agenda yang sudah tertata, mereka menjaga akuntabilitas satu sama lain terhadap Lead Measures dan WIG yang sudah ditetapkan.

Setiap bisnis mengukur sukses dengan melihat laporan keuangan anda. Setiap angka di laporan keuangan dihasilkan karena adanya (atau kurangnya) sebuah aktifitas dalam bisnis anda. Dengan memastikan bahwa pelaksanaan & eksekusi anda dalam team terfokus dan terarah, anda bisa mencapai goal bisnis anda dengan lebih konsisten dan pasti.

 

Selamat berbisnis!