Google akan Menambahkan Tombol "Buy" pada Pencarian di Mobile | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Google Dikabarkan akan Menambahkan Tombol “Buy” Pada Hasil Pencarian di Perangkat Mobile

Posted by & filed under Berita, Ecommerce, News.

google-head-office

Fokus pebisnis online ke ranah mobile semakin jelas, tidak heran jika mempertimbangkan angka pengakses internet dari perangkat mobile yang telah melampaui desktop di beberapa negara. Mengikuti tren ini, Google yang sebelumnya telah membuat sebuah perubahan besar pada algoritmanya dengan memasukkan faktor “mobile friendliness” ke dalam ranking signal SEO, kini mereka dikabarkan akan meluncurkan fitur tombol “buy” pada search result di mobile.

Berdasarkan laporan dari The Wall Street Journal, Google akan menambahkan tombol “Buy” pada hasil pencarian kata kunci di perangkat mobile yang akan diluncurkan beberapa minggu kedepan. Namun, belum ada pernyataan resmi dari Google dan juru bicaranya juga belum berkomentar tentang hal ini.

Dengan menambahkan tombol tersebut, artinya Google telah masuk ke teritori Amazon dan eBay, secara tidak langsung akan menjadi pesaing bagi mereka.

Tombol tersebut akan muncul bersama paid search results pada bagian “Shop on Google”. Dengan meng-klik tombol ‘buy’ tersebut, pengguna akan dibawa ke halaman produk Google, di mana mereka dapat menyesuaikan pesanan mereka (memilih ukuran, warna, metode pengiriman dan lainnya).

Produk-produk tersebut disediakan oleh para retailer (bukan oleh Google). Toko online seperti Macy’s dikabarkan tengah membahas mengenai peluncuran fitur ini bersama Google.

Kekhawatiran para retailer

Meskipun begitu, disebutkan bahwa beberapa retailer khawatir mengenai perubahan ini. Mereka takut langkah ini akan membuat mereka hanya menjadi penerima pesanan di balik layar, sehingga membuat hubungan mereka dengan para pelanggan menjadi lemah. Mereka juga mengkhawatirkan Google yang sebelumnya adalah sumber traffic yang berharga akan berubah menjadi sebuah marketplace di mana pembelian terjadi di website Google sendiri.

Salah satu sumber dari Wall Street Journal mengatakan bahwa Google menyadari hal ini dan mengambil langkah-langkah yang mengurangi kekhawatiran para retailer. Dikatakan bahwa Google akan memberikan keleluasaan pada pembeli untuk mengakses program marketing para retailer dengan basis opt-in dan akan membiarkan para retailer untuk mengumpulkan informasi pelanggan. Sebagai tambahan, halaman produk juga akan sangat branded untuk para retailer.

Movement ini akan sangat menarik untuk kita amati hasilnya beberapa bulan ke depan.

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games