Hadi Wenas Membagikan Resep Suksesnya Membangun Ecommerce | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Hadi Wenas, Ex-Managing Director Zalora Indonesia Membagikan Resep Rahasianya Dalam Membangun Ecommerce Toko Online

Posted by & filed under Ecommerce Indonesia, Featured, Running a Business.

startup grind Indonesia

Pada acara Startup Grind Jakarta beberapa waktu yang lalu, Hadi Wenas, Ex-Managing Director Zalora Indonesia yang sekarang menjabat sebagai CEO aCommerce Indonesia berbagi mengenai pengalamannya dalam membangun Zalora Indonesia hingga bisa menjadi salah satu toko online fashion terbesar di Indonesia yang menghasilkan 2000-an order setiap harinya sebelum ia meninggalkan Zalora untuk membangun startup terbarunya, yaitu aCommerce Indonesia. Hadi Wenas dapat dihubungi di [email protected]

Jadi, apa saja pelajaran yang bisa kita dapat dari pengalaman Hadi Wenas dalam membangun Zalora Indonesia? Simak dalam tulisan di bawah ini.

Bagi anda yang belum tahu, Zalora adalah perusahaan yang diinvestasi oleh Rocket Internet. Rocket Internet adalah company builder yang terkenal dengan kegemaran mereka untuk meniru bisnis model lain yang telah terbukti berjalan. Namun, mereka tidak hanya meniru bisnis model saja, mereka juga melakukan improvisasi pada eksekusi dan penerapan bisnis tersebut. Itulah yang membuat perusahaan yang diinvestasikan oleh Rocket Internet bisa tumbuh sangat cepat dan besar, seperti Lazada dan Zalora.

Wenas mengatakan, “Rocket Internet juga dikenal karena cara menjalankan bisnis mereka yang cukup ruthless. Mereka dengan cepat mengganti arah bisnis yang mereka rasa tidak bisa berjalan. Apabila ada bisnis model yang tidak berjalan, mereka segera mematikannya dan menggantinya dengan bisnis model yang baru. Dan ini semua dilakukan dalam waktu yang cukup singkat.”

Kembali ke Zalora, Zalora adalah perusahaan yang dibangun oleh lima orang founder. Salah satunya adalah Oliver Samwer yang akhirnya mengajak Wenas beserta ­co-founder-nya (Catherine Sutjahyo) untuk mendirikan Zalora Indonesia di bawah bendera Zalora Internasional.

Di bawah kendali Wenas, Zalora Indonesia bisa tumbuh dengan sangat pesat. Pada saat ia masih bekerja di Zalora, Wenas mengakui bahwa Zalora Indonesia menghasilkan jumlah transaksi (bukan nilai transaksi) terbesar dibanding Zalora yang berada di Negara lain, seperti  Zalora Singapore dan Malaysia. Tapi, nilai transaksi Zalora Indonesia masih kalah jika dibandingkan dengan Zalora Singapore dan Malaysia.

Alasan Kenapa Pertumbuhan Zalora di Indonesia Sangat Cepat

Wenas mengakui bahwa pertumbuhan Zalora yang sangat cepat ini tidak terlepas dari jumlah dana yang besar yang ditanam oleh Rocket Internet. Dengan jumlah dana yang besar, mereka bisa melakukan apapun pada internet marketing untuk meningkatkan omset pada bisnis mereka. Contohnya, Zalora mendongkrak upaya marketing mereka hingga mencapai batas tertinggi, artinya mereka terus menggelontorkan uang demi meraih traction yang besar hingga traction tersebut tidak bisa naik lagi atau dengan kata lain sudah mencapai batas tertingginya. Ketika mereka tahu batas tertinggi pertumbuhannya, mereka akan mengurangi budget marketing mereka secara bertahap untuk mengukur tingkat efektivitasnya, apakah pertumbuhannya akan terus naik atau malah terus berkurang. Cara ini mereka lakukan untuk mempertahankan pertumbuhan dengan budget marketing yang tidak begitu besar.

Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak channel marketing tersebar di luar sana. Terserah anda yang mana yang mau anda manfaatkan sebagai jalur marketing anda nantinya. Tapi, apakah ada channel marketing yang pasti menghasilkan konversi terbaik? Wenas berpendapat, “tidak ada yang pasti, anda harus mencobanya satu per satu untuk mengukur nilai konversi yang anda dapat dari setiap marketing yang anda lakukan. Dari situ anda akan tahu channel marketing yang mana yang bisa menghasilkan konversi yang lebih besar dari yang lainnya. Dalam kasus Zalora dengan dana yang berlimpah, kami melakukan marketing pada semua channel. Apabila ada channel yang tidak efektif, kami memindahkan budget dari channel yang tidak aktif tersebut ke channel yang konversinya jauh lebih baik. Ini membuat marketing kami menjadi lebih efisien” ungkapnya.

Tips: Bagi anda yang tidak memiliki budget yang berlimpah, sebaiknya anda mulai dari channel yang termurah terlebih dahulu. Jika anda sudah menguasainya, baru anda lanjut ke channel yang lain.

Selain marketing yang gila-gilaan, salah satu hal kenapa Zalora bisa tumbuh besar dengan cepat adalah sourcing. “Tanpa tim sourcing (tim yang mencari dan memilih produk), Zalora tidak bisa menjadi sebesar ini, merekalah yang memilih produk yang berkualitas agar bisa kami (tim marketing) bisa pasarkan secara besar-besaran. Tanpa mereka, kami tidak bisa jualan. Untuk masalah kompetisi, bisa dibilang pada waktu itu Zalora tidak mempunyai pesaing yang berarti karena tidak banyak toko online yang menggunakan sistem konsinyasi barang di gudang mereka sendiri. Saingan kami pada waktu itu bisa dibilang adalah department store yang mana mereka adalah toko offline” jelasnya.

Dengan memiliki keunggulan di konsinyasi, Zalora bisa mengirimkan barang dari supplier langsung ke alamat si pembeli, ini memungkinkan Zalora untuk memiliki kontrol penuh pada barang yang mereka jual. Tapi pada awalnya, Wenas mengakui bahwa tidak semua supplier mau menggunakan sistem konsinyasi karena mereka belum percaya dengan Zalora. Jadi, mau tidak mau, beberapa barang di Zalora masih ada yang mengandalkan dropship.

Strategi Zalora Masuk Ke Pasar

Tidak ingin menjadi toko online yang sama dengan toko online lainnya, Zalora menawarkan tiga hal kepada para calon customer mereka, yaitu produk yang paling banyak, COD , dan pengembalian barang. Ketiga hal itu adalah keunggulan Zalora dibanding toko online lainnya karena tidak ada toko online lain yang bisa menawarkan hal semacam ini.

Setelah tiga keunggulan ini dijalankan, khususnya untuk pengembalian barang, ternyata return rate di Zalora kurang dari 3 persen, sedangkan exchange rate kurang dari 5 persen. Ini menunjukkan bahwa customer puas setelah mereka berbelanja online di Zalora. Setelah berjalan hingga 1,5 tahun, akhirnya Zalora menambah masa pengembalian barang, dari yang awalnya hanya 14 hari menjadi 30 hari.

Banyak hal yang berubah dalam beberapa tahun setelah Zalora berdiri, mulai dari biaya pengiriman barang yang awalnya harus memenuhi ”minimum order” untuk beberapa wilayah di Indonesia menjadi gratis ke seluruh Indonesia. Di awal, Zalora juga menjual barang seperti pohon natal, baju anak, home decor hingga bantal guling, tapi segera mereka tutup karena tidak menguntungkan. Zalora adalah perusahaan yang agile, mereka akan terus menyesuaikan diri dengan apa yang dikehendaki oleh pasar. Ini termasuk prinsip mereka dalam menjalankan bisnis.

acommerce indonesia

Pasar E-Commerce di Indonesia

Dibandingkankan dengan Cina, survei McKinsey mencatat bahwa jumlah penetrasi orang yang belanja online di Cina berjumlah 32%, sedangkan Indonesia hanya sekitar 7%. Jumlah yang sangat jauh ini disebabkan fenomena belanja online di Indonesia yang masih berada di tahap awal. Wenas percaya bahwa jumlah angka yang masih sangat rendah ini akan meningkatkan mengalahkan Cina dalam lima tahun ke depan karena Indonesia adalah Negara kepulauan.

Berbeda dengan Cina di mana hampir semua daerah bisa dijangkau dengan transportasi darat khususnya kereta api, di sisi lain, Indonesia itu adalah Negara yang terdiri dari ribuan pulau, ini membuat tidak semua daerah di Indonesia bisa dijangkau dengan transportasi darat. Inilah yang menyebabkan fenomena belanja online akan meningkatkan pesat dalam beberapa tahun ke depan.

Melihat dari jumlah kunjungan ke website Zalora setiap harinya, orang Indonesia lebih sering berkunjung dan melihat-lihat barang saat jam kantor setelah makan siang. Terbukti ternyata orang Indonesia sering membuka toko online saat setelah jam makan siang. Polanya adalah seperti ini :

Awalnya mereka akan melihat-lihat dulu pada jam setelah makan siang, lalu saat waktu telah menunjukkan jam 4-5 sore atau saat mau pulang kantor, mereka baru membeli barang yang sebelumnya sudah mereka lihat di siang harinya. Apa yang terjadi antara waktu makan siang hingga sore hari saat mereka memutuskan untuk berbelanja online? Wenas berpendapat mungkin ini karena mereka masih bertanya-tanya kepada teman kantor mengenai barang yang akan mereka beli sebelum mereka memutuskan untuk membelinya di sore hari. Kurang lebih beginilah pola belanja orang Indonesia di internet.

aCommerce

Setelah membangun Zalora hingga menghasilkan lebih dari 2.000 order setiap harinya, Wenas keluar dan menantang dirinya lagi pada suatu ide bisnis yang ia anggap potensial jika diterapkan di Indonesia, yaitu aCommerce. aCommerce adalah platform yang menyediakan layanan end-to-end yang membantu para pemain ecommerce dalam segi pengiriman barang, digital marketing, sistem pergudangan, teknologi, dan masih banyak lagi.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, aCommerce juga membantu klien mereka dalam digital marketing, tapi berbeda dengan digital agency pada umumnya, aCommerce hanya fokus membantu para pemain ecommerce dan dalam upaya digital marketing (banner ads, newsletter, analytics, social media), aCommerce hanya fokus pada jumlah konversi yang dihasilkan. aCommerce tidak membantu anda untuk mendapatkan banyak traffic, melainkan banyaknya penjualan. Ini yang membedakan aCommerce dengan Digital Agency pada umumnya.

Saat ini aCommerce sudah berjalan di empat Negara, yaitu Thailand, Indonesia, Singapore, dan Filiphina. Dengan aktifnya AFTA di tahun 2015, ke depannya aCommerce juga akan menangani masalah eksport dan import barang.

Dengan menyediakan layanan ini, diharapkan para pebisnis ecommerce bisa fokus untuk memberikan produk yang berkualitas, harga yang kompetitif, dan fokus membangun brand mereka sendiri.

How to Get Traction

Hal pertama yang tetap menjadi yang utama dalam membangun startup adalah produk. Setelah memikirkan produk yang berkualitas, unik, dan menyelesaikan masalah, anda harus memikirikan target pasar anda. Dan anda harus percaya pada diri anda sendiri bahwa anda lebih baik daripada orang lain.

Untuk marketing, mungkin anda bisa membayar para digital agency untuk mengurus digital marketing anda seperti SEO dan SEM.

How to Get Investor

Sesuai dengan artikel kami sebelumnya mengenai cara menarik hati investor, Wenas mengatakan salah satu hal pertama yang dilihat pada bisnis yang anda jalankan adalah “apakah bisnis anda ini sudah ada yang berjalan sebelumnya di Negara lain?” inilah pertanyaan yang harus anda jawab kepada investor karena investor ingin bukti dan ingin uang dari bisnis anda.

Selain cerita sukses, investor juga akan melihat background anda. Profil orang yang ada dalam bisnis anda juga merupakan elemen terpenting untuk menarik hati investor.

 

Bangunlah perusahaan yang sudah jelas uangnya dari mana dan memiliki keunikan tersendiri

 

A Piece of Advice

Banyak startup di Indonesia yang ingin membangun sesuatu yang sangat inovatif dan keren yang berujung pada suatu bisnis yang tidak jelas darimana bisnis ini akan menghasilkan uang. Wenas mengatakan bahwa sebenarnya inovasi itu tidak hanya berasal dari sesuatu yang benar-benar baru, tapi juga bisa berasal dari sesuatu yang telah ada dengan ditambah beberapa improvisasi.

Sebagai orang yang telah berkeluarga, Wenas hanya ingin membangun perusahaan yang resikonya tidak terlalu besar, seperti perusahaan yang sudah jelas aliran uangnya dan sudah ada bukti sukses di Negara lain. “Bangunlah perusahaan yang sudah jelas uangnya dari mana dan memiliki keunikan tersendiri,” kata Wenas.

Membangun sesuatu yang benar-benar baru itu sangat susah, bahkan bisnis copas (copy-paste) pun terkadang tidak bisa berjalan jika implementasinya buruk. Ada beberapa bisnis model yang sukses di luar negeri, tetapi tidak bisa berjalan di Indonesia. Misalnya, mobile app coupon di Indonesia beberapa tahun terakhir banyak yang mencobanya tetapi entah ke mana sekarang. Jadi, anda harus hati-hati dalam meniru bisnis model yang sudah sukses di luar negeri, tidak semuanya bisa berjalan di Indonesia.

 

Baca Juga :

Hadi Wenas Membagikan Rahasia Sukses Zalora (The Biggest Fashion eCommerce Dengan Satu Juta Order)

 

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.