Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Hal-Hal Sederhana Adalah Ide Terbaik Yang Pernah Ada oleh @ArioAdimas

Posted by & filed under Idea Generation.

 

simplicity-374x250

Editor’s note : Mohammad Ario Adimas adalah Digital Marketing Manager @MicrosoftID dan Director Communication and Community Development @IMAIndonesia.

 

Kebanyakan ketika seseorang pelaku bisnis merumuskan sebuah ide adalah mereka mencari apa yang tidak dilakukan oleh pesaingnya, berupaya untuk berbeda dan ingin menjadi sesuatu yang membuat orang berdecak kagum dan Luar biasa. Hal-hal ini tidaklah salah, tapi pada kenyataannya membuat ide seseorang kerap mengawang-awang. Terlalu unik tapi tidak memungkinkan dilaksanakan.

Ini kerap terjadi, bahayanya adalah ketika produk itu jadipun, penggunanya menjadi tidak banyak. Yeah.. tentunya karena ide tersebut berangkat dari kasus-kasus special yang tadinya membuat mereka berbeda, tapi pada kenyataannya tidak banyak terjadi didunia nyata.

Ada satu cara simpel untuk seorang pelaku bisnis mencari ide dalam membuat bisnis baru. Yaitu harus bersimulasi benar-benar menjadi orang biasa yang menjalani kehidupan sehari-hari.

Cobalah berfikir menjadi individu dengan rutinitas yang mayoritas terjadi. Rasakan dengan betul rutinitas yang dihadapi mulai dari ketika mata terbuka dan terbangun hingga mata tertutup dan tertidur. Sewajarnya manusia akan bertemu beberapa permasalahan rutin yang sudah menyatu menjadi rutinitas itu sendiri. Permasalahan rutin tersebut tentunya dirasakan oleh mayoritas orang.

Hal tersebut adalah hal terbaik yang bisa dijadikan rumusan dasar dalam menciptakan sebuah solusi berbentuk produk atau layanan yang tentunya menjadi celah awal dalam menciptakan bisnis. Langkah kedua adalah cermati betul profil masyarakat yang menjadi tokoh yang merasakan kesulitan tersebut. Barulah langkah terakhir, kita harus dapat menciptakan Model bisnis yang tepat. Tepat dengan bentuk produk/layanan kita serta tepat dengan profil masyarakat yang tentunya anda sasar jadi konsumen.

Berdasarkan pemikiran diatas, saya mengamini bahwa hal sederhana adalah ide terbaik yang pernah ada.