Hal yang Harus Anda Persiapkan dalam One-Page Business Plan | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Hal yang Harus Anda Persiapkan dalam One-Page Business Plan

Posted by & filed under Bisnis Model Kanvas, Memulai bisnis.

Dalam beberapa kasus, kerap beberapa orang bertanya apa saja yang harus dimasukkan dan dicantumkan dalam merancang business plan dalam satu halaman saja? Karena diminta oleh calon investor potensial dalam suatu pertemuan singkat. Baca juga : Cari Modal Usaha? Pahami Kriteria Bisnis yang Diinvest oleh Venture Capital !

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus tahu kriteria bisnis yang Anda fokuskan.

Ada yang lebih menekakan pada ide, tapi ada juga yang lebih memikirkan peluang investasi (“why should he invest in you ?”).

Secara umum, berikut adalah hal-hal yang penting yang bisa dijadikan panduan dalam merancang one-page business plan:

busines plan

1. Mampu memecahkan masalah yang ada sekarang ini

Hal ini juga untuk menjawab pertanyaan konsumen; mengapa harus membeli produk Anda. Ini adalah cara untuk menetapkan target pasar dan potensi pertumbuhan dalam satu kesatuan. Ini adalah solusi bisnis yang Anda tawarkan untuk menyelesaikan masalah, tak harus besar hingga sampai menyelamatkan dunia. Ada banyak kategori yang bisa Anda coba untuk memulai bisnis dengan baik, misalnya internet service di niche travel (mis.paket tour), ecommerce niche dan lain sebagainya.

2. Solusi yang Anda tawarkan

Pikirkan tentang apa yang Anda tawarkan dari bisnis Anda, terutama apa yang Anda jual. Semakin produk Anda baru dan berbeda (diferensiasi),akan semakin baik, asalkan Anda mampu menjamin kredibilitasnya. Sebagai contoh, validasi user yang dimiliki Kickstarter dari pre-sales hingga buyers, adalah hal yang bagus jika Anda memilikinya juga.

3. Jelaskan mengapa konsumen harus memilih Anda

Mengapa Anda begitu spesial hingga penawaran bisnis Anda terasa begitu menarik. Anda bisa menunjukkan teknologi, sudut pandang, secret recipe, pengalaman manajemen maupun hal-hal lainnya yang menjadi keunggulan Anda.

4. Pengalaman tim manajemen

Pengalaman dari manajemen sangatlah penting bagi Anda, itu akan menampilkan kemampuan dan kredibilitas Anda dalam menjalankan solusi dan mengeksekusi ide bisnis.

5. Adanya target pertumbuhan atau growth goals

Tunjukkan proyeksi laporan keuangan Anda selama kurun waktu 3-5 tahun lamanya. Jika Anda memiliki angka yang menarik untuk diperlihatkan, seperti tingkat pertumbuhan pengguna, jumlah unduhan, subscribers dan trafik situs yang bagus, sangat disarankan untuk melampirkannya dalam bentuk diagram chart sederhana.

Sebenarnya, one-page business plan hanyalah metafora untuk menggambarkan suatu bisnis yang sederhana dan ringkas. Mungkin istilahnya sedikit kurang tepat, tapi itu cukup bermanfaat. Hal yang ringkas dan sederhana selalu menjadi hal yang baik. Tapi, tak harus satu halaman, terkadang lembar rancangan bisnis berjumlah 2-3 lembar juga dianggap sebagai rancangan yang sederhana dan ringkas.

rencana bisnis

Jika Anda ingin mencoba tools untuk membuat bisnis plan, Anda bisa coba LivePlan.com, tools ini bisa membuat ringkasan one-page business plan yang mereka sebut sebagai sebuah pitching singkat, yang memuat pemecahan masalah, solusi bisnis, target pasar, secret recipe, pendapatan dan struktur tim.

 

 

Baca Juga

Sisi Baik dan Buruk dan Bisnis Model Freemium

“Pivot” Berarti Anda Memecat Bisnis Plan atau Bisnis Model, Bukan Memecat Orang

Memulai Bisnis Online : 4 Hal Utama yang Harus diperhatikan ketika Membuat B2C eCommerce oleh @ramadhonanto

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.