Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mencari Pendanaan dari Venture Capital | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mencari Pendanaan dari Venture Capital

Posted by & filed under Finance, Pitching.

Raising fund dari VC bukanlah hal yang mudah, dalam beberapa kasus Anda harus berlatih berulang-ulang, memakan waktu lama (bisa 3-6 bulan), membuat kurang lebih 10 versi power point dan memberikan pitching kepada siapapun yang mau mendengar.

Berikut ini adalah 10 tips terbaik yang saya miliki terkait dengan pendanaan dari VC, seperti disampaikan oleh Julia Pimsleur, CEO Littlepim, sebuah sistem untuk memperkenalkan bahasa ke-dua untuk anak :

1) Anggaplah sebagai sebuah marathon, bukan sprint.

Mulailah dengan mengatur perusahaan Anda sampai rapi, setidaknya 3-4 bulan sebelum melakukan pitching. Sebagai contoh, kami memasukkan seorang intern yang menghabiskan berminggu-minggu dalam kerja part time untuk mengatur dan memasukkan semua dokumen hukum kami ke dalam sebuah folder Dropbox (surat kontrak, hak cipta, merek dagang, dokumen korporasi, dan lain-lain). Hal ini sangat membantu kami saat seorang VC yang sudah memberi tawaran datang, dan juga membantu kami mencapai kesepakatan lebih cepat. Saya juga memastikan tim saya bisa bekerja tanpa kehadiran saya, karena sekarang waktu yang saya habiskan di luar kantor lebih banyak dua kali lipat dari sebelumnya.

2) Bertemulah dengan advisor dan entrepreneur lain.

Saya menghabiskan enam minggu dengan beberapa advisor sebelum mengatur meeting dengan investor potensial, dan juga bertemu dengan rekan-rekan entrepreneur yang sudah mendapat dana dari VC.

Mereka memberikan nasehat-nasehat yang bagus, gratis, dan konsisten tentang cara memposisikan perusahaan, seberapa besar dana yang harus diminta, dan cara menemukan investor yang tepat. Keuntungan lain dari pertemuan seperti ini adalah saya bisa mengetahui siapa VC yang bekerja sama dengan baik bersama penasehat saya.

3) Bersiaplah untuk menerima banyak penolakan.

Saya mempersiapkan keluarga dan staf-staf untuk menerima fakta bahwa saya akan berusaha di luar dan akan membutuhkan bantuan mereka. Bisa sangat menjatuhkan mental saat menerima begitu banyak kata “tidak.” saya pernah membaca tentang beberapa entrepreneur yang melakukan pitching lebih dari 200 kali sebelum mereka mendapat pendanaan dari seorang VC!

Setiap percakapan atau pertemuan mungkin tidak akan berakhir dalam sebuah kesepakatan, tapi semuanya adalah kesempatan untuk melatih pitch Anda, memperbaiki slide PowerPoint Anda, dan mengasah cara menjelaskan potensi perusahaan dan kebutuhan dana Anda. Bahkan saat seorang investor tidak mendanai Anda, dia bisa saja memperkenalkan Anda pada orang lain, jadi tetaplah bersikap positif di mana Anda bisa memberikan yang terbaik dalam setiap percakapan atau meeting.

4) Kerjakan PR Anda.

Jika ini adalah kali pertama Anda berurusan dengan dunia VC, bacalah beberapa sumber yang saya anggap berguna ini:

– Venture Deals: Be Smarter Than Your Lawyer and Venture Capitalist by Brad Feld, Jason Mendelson and Dick Costolo
– Mastering the VC Game by Jeffrey Bussgang
– “10 things to know before you pitch a VC” – two talks by David Rose on Youtube http://www.youtube.com/watch?v=lzDBrMisLm0
– Shark Tank episodes on Youtube http://www.youtube.com/watch?v=2-4KoO4-xxA

5) Belajar untuk berbicara seperti VC.

Para VC menggunakan kosa kata finansial yang spesifik dan perlu Anda mengerti dan gunakan dengan lancar.

Bukue “Venture Deals” akan mengajarkan semua yang perlu Anda ketahui (Saya baru saja membacanya akhir-akhir ini, dan berharap membacanya lebih awal). Jangan berpikir bahwa pengacara Anda akan mengatur semua ini, Anda harus mengerti dalam bidang ini untuk bernegosiasi dan memahami surat kesepakatan Anda. Hal-hal ini harus bisa Anda bicarakan: liquidity event, Capex, valuation, dividen, preferensi, tranches, dan masih banyak lagi.

6) Jadilah seorang rock star.

Anda harus menguasai kekuatan Anda sendiri. Tinggalkan kegelisahan dan rasa tidak aman yang mungkin Anda miliki tentang kemampuan Anda untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang pesat.

7) Kenali bisnis Anda dari luar dan dalam.

Anda harus berbicara dengan keyakinan yang kuat tentang margin, run rate, COGs, dan Ebitda, baik hari ini maupun tiga tahun mendatang. Saya tidak bisa berhenti menekankan hal ini. Anda mungkin akan diminta untuk membicarakan tentang produk atau jasa yang diproduksi perusahaan Anda dan para VC akan tertarik dengan hal tersebut, tapi mereka paling tertarik pada angka-angka. Pastikan Anda memiliki seorang akuntan yang bagus untuk membantu Anda mempersiapkan spreadsheet proyeksi Anda dan coba bertemu dengan penasehat yang bisa menanyakan pertanyaan latihan sebelum masuk kedalam meeting yang sebenarnya.

8) Buatlah sebuah Presentasi PowerPoint yang ‘sexy’.

Jika Anda tidak memiliki seorang desainer grafis, pertimbangkan untuk menyewa seseorang untuk membantu Anda membuat slide presentasi yang bagus. Slide Anda tidak memerlukan banyak pernak-pernik, tapi harus tepat sasaran. Bantulah dengan visual. Tidak terlalu banyak teks dan jumlah slide. Anda akan memperlihatkannya lebih dari puluhan kali, sehingga Anda harus memastikannya mampu menyampaikan cerita Anda dengan cara terbaik. Tidak sedikit juga entrepreneur yang merevisi slidenya sebanyak lebih dari 20 kali sebelum mencapai versi akhir. Mintalah penasehat Anda untuk memperlihatkan slide yang mereka gunakan atau sukai. Masukkan presentasi Anda ke dalam iPad atau device apapun yang Anda bawa-bawa(Anda tidak akan tahu siapa yang mungkin Anda temui). Saya juga merekomendasikan untuk berlatih menggunakan remote clicker tanpa melihat layar.

9) Bersikaplah seperti Anda sudah mendapat dananya.

Belilah pakaian yang mahal dan pastikan Anda terlihat dan merasa memiliki sejuta dolar jika Anda ingin meminta sejumlah sejuta dolar.

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games