Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

“Ide Harus Bisa Dijalankan Minimal 20 Tahun” FI Experience oleh Hendra Suryakusuma

Posted by & filed under Blog, Featured.


Hendra Suryakusuma

Hendra Suryakusuma, Founder Mitra Micro

 

Nama saya Hendra Suryakusuma dan saya graduate dari Founder Institute pada tanggal 9 Februari 2012, bergabung di Founder Institute merupakan salah satu masa 4 bulan yang paling produktif dalam hidup saya. Ketika saya masuk FI saya datang dengan 3 ide bisnis. Hal yang bagus dari FI adalah kami mendapat kesempatan untuk me-review ide kami dengan bantuan para mentor dan partisipan lainnya, sehingga kami yakin bahwa ide yang kami jalankan adalah yang terbaik, setelah melewati beberapa tahap, termasuk review mentor dari dalam dan juga luar negeri, akhirnya ide saya yang berkaitan dengan penyediaan IT platform untuk membantu perusahaan asuransi dalam mendesign, mendevelop dan memasarkan produk micro insurance di Indonesia terpilih menjadi ide yang layak untuk dilanjutkan di dalam program.

Tantangan terbesar dalam mengikuti Founders Institute adalah bagaimana menyeimbangkan rutinitas kerja sehari hari dan juga menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh FI. Saya bekerja sebagai Chief Marketing Officer dari Elitery.com, data center tier 4 pertama di Indonesia, di perusahaan ini selain saya bertanggung jawab untuk memenuhi target penjualan, membuat SOP untuk team, membuat strategi marketing yg terintegrasi juga memperkuat network dan relationship dengan client dan potential clients.

Selain harus memenuhi pekerjaan saya sehari-hari di Elitery, saat saya bergabung di FI, beban saya bertambah dengan sangat signifikan, banyak sekali assignments, meetings yang harus dikerjakan dengan deadline yang sangat ketat. Untung saja saat itu di Elitery saya baru memenangkan project major dan juga sudah lulus revie ISO 9001:2008 sehingga saya bisa sedikit mendapatkan waktu untuk bisa memenuhi kewajiban-kewajiban dalam Founder Institute.

Di Founder Institute, kami mendapat mentor-mentor hebat, misalnya Adeo Ressi, founder Thefunded.com, Andy Zain, Gabe Zichermann, Peter Vesterbacka,Toto Sugiri, Takeshi Ebihara, Eka Ginting, Dian Noeh Abubakar, Nanda Ivens, Izak Jenie etc . Yang mengejutkan saya adalah banyak dari mentor ini yang begitu tulus menyediakan waktunya untuk mendiskusikan ide bisnis saya, sesuatu hal yang di awal program saya agak “skeptical” knowing banyak dari para mentor ini adalah leaders di companynya dengan jadwal yang sangat sibuk.