Indonesia Membutuhkan Lebih Banyak Kartini dalam Bidang Teknologi – Fransiska Hadiwidjana | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Indonesia Membutuhkan Lebih Banyak Kartini dalam Bidang Teknologi – Fransiska Hadiwidjana

Posted by & filed under Ecommerce Indonesia, Motivation & Inspiration.

 

Indonesia Membutuhkan Lebih Banyak Kartini dalam Bidang Teknologi-Fransiska Hadiwidjana

Artikel ini ditulis oleh Fransiska Hadiwidjana, Founder Prelo.

Memperingat Hari Kartini pada Kamis lalu, saya ingin berbagi tentang cara saya dalam meneruskan perjuangan Kartini. Saya mengenal sosok Ibu Kartini sebagai seseorang yang mampu mendobrak keterbatasan pada zamannya. Namun sekarang, sepertinya keterbatasan untuk berkarya bagi wanita sudah tidak ada lagi. Wanita Indonesia bisa berkarya jauh lebih besar dari apa yang sudah dilakukan Ibu Kartini.

Saya memiliki misi untuk melanjutkan perjuangan Kartini dengan melakukan apa yang bisa saya hasilkan dari ilmu yang saya miliki. Sejak kecil, saya sudah menyukai dunia IT, hingga pada akhirnya saya berkuliah di jurusan Informatika ITB. Dorongan untuk mendirikan start up teknologi pun muncul. Akhirnya, saya mendirikan Prelo, sebuah e-commerce barang bekas berkualitas (no KW) yang didorong oleh keinginan mengurangi pelanggaran hak cipta di Indonesia dalam bidang fashion. Bahkan, Indonesia masuk ke dalam daftar USTR Priority Watch selama 6 tahun berturut-turut. Hal ini bagi saya sangat miris, mengingat saya sendiri memegang dua hak paten di Amerika Serikat. Di sana, saya mendirikan usaha di bidang medical technology yang bernama Augmented Medical Intelligence. Selain itu, saya juga ingin mendirikan e-commerce yang lebih spesifik, yakni memperjualbelikan barang bekas berkualitas no KW.

Sebagai seorang wanita yang bekerja di dunia teknologi, saya tidak merasakan suatu bentuk diskriminasi karena dunia tersebut dipandang sebagai dunia yang didominasi oleh pria. Saya percaya bahwa pada dasarnya semua orang baik pria maupun wanita punya kesempatan yang setara untuk berkarya. Dominasi pria dalam bidang teknologi saya rasa karena memang banyak kaum pria yang berminat dalam dunia teknologi. Wanita bisa jadi dipandang rendah karena memang wanita tersebut merasa dirinya rendah. Sebagai wanita yang memegang sebuah perusahaan teknologi, saya malah merasa lebih percaya diri dan positif.

Harapan saya di Hari Kartini tahun ini adalah semakin bertambahnya jumlah wanita Indonesia yang tertarik terhadap pengembangan dunia teknologi, terutama teknologi di Indonesia. Indonesia harus terus mengejar ketertinggalan teknologi yang dicapai oleh negara-negara maju. Saya rasa, kesempatan sudah terbuka lebar, hanya keberanian Kartini modern lah yang harus muncul. Berani untuk tidak hanya menjadi pengguna pasif saja, namun juga berani untuk menjadi kreator. Besar harapan saya agar banyak wanita Indonesia yang bisa seperti itu.

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.