Insan Medika Agency Meluncurkan Aplikasi On Demand untuk Layanan Perawat Homecare | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

InsanMedika Startup Layanan Kesehatan Yang Menghadirkan Perawat Profesional Pribadi di Rumah.

Posted by & filed under Featured, Startup Indonesia.

 

insan media startup indonesia

 

Insan Medika adalah startup layanan perawatan di rumah atau sering disebut Homecare, melayani penyediaan personal care atau personal medis untuk pasien di seluruh Indonesia. Bermarkas di kota Yogyakarta, startup layanan kesehatan yang didirikan oleh Try Wibowo ini mengklaim memiliki anggota perawat aktif lebih dari 500 orang yang terdiri dari lulusan SMK Kesehatan hingga Sarjana Keperawatan dari seluruh Indonesia.

Insan Medika menawarkan solusi bagi pasien yang menginginkan perawatan sendiri di rumah selama masa penyembuhan setelah menjalani rawat inap atau pengobatan di Rumah sakit. Bagi keluarga pasien, layanan ini sangat membantu karena mereka sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak memiliki waktu cukup untuk mengurus anggota keluarga yang sakit. Dengan adanya Perawat Homecare dapat menggantikan posisi mereka dalam merawat anggota keluarga.

 

Layanan Homecare

Untuk jasa Homecare, Insan Medika menawarkan Perawat yang terdiri dari Perawat Homecare Medis untuk pasien dengan tindakan medis seperti Kateter, Sonde/NGT, Infus, Injeksi, Ventilator, Inhalasi dll. Serta Perawat Non Medis atau Pendampingan bagi pasien pasca stroke, diabetes, kanker dll serta Perawat Lansia untuk mereka yang telah berusia lanjut dan tidak mandiri dalam beraktivitas. Selain itu juga memberikan layanan Governess untuk Pendamping Belajar Anak dan Pendampingan bagi anak yang memiliki perawatan spesial atau biasa disebut dengan Anak Berkebutuhan Khusus. Untuk Layanan Non Medis seperti Caregiver dan Governess, Insan Medika merekrut tenaga kesehatan yang terdiri dari lulusan SMK Kesehatan hingga Sarjana.

 

Meluncurkan Applikasi On-Demand Homecare Visit

on demand homecare startup indonesia

 

Pada awal berdirinya startup ini hanya memberikan layanan jasa Perawat Homecare yang tinggal bersama pasien saja. Namun Januari 2016 ini startup yang baru saja memiliki kantor perwakilan di Jakarta ini akan meluncurkan Applikasi Homecare Visit berbasis lokasi yang masih dalam tahap perkembangan. Seperti layaknya Go-Jek atau Go-Maid, Applikasi ini nanti akan melayani pasien yang hanya memerlukan perawatan medis sekali datang saja dengan mencari Perawat yang lokasinya terdekat dari tempat atau rumah Pengguna. Untuk tarif dikenakan berdasarkan jarak dari lokasi serta tarif per tindakan. Selain Layanan Homecare Visit, Insan Medika juga menerapkan layanan ambulance atau Evakuasi Medis, Pengambilan Resep Obat serta Pengambilan Preparat. Untuk layanan ini pihak Insan Medika sudah bekerja sama dengan beberapa provider layanan Evakuasi Medis seperti Espromedical. Untuk layanan Applikasi Homecare Visit baru akan melayani di wilayah Jakarta dan Jogja saja.

 

Solusi karir bagi lulusan Perawat, Bidan dan Lulusan SMK Kesehatan

Startup dibawah brand PT Insan Medika Persada, perusahaan yang bergerak di bidang Human Resourches ini memberikan solusi alternative bagi lulusan Perawat mulai Diploma hingga Sarjana, serta lulusan Bidan yang ingin berkarir selain di Rumah Sakit atau Klinik. Untuk tenaga Caregiver menurut Humas PT Insan Medika Persada, Iskandar pihaknya telah bekerjasama dengan 23 SMK Kesehatan di Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali dan NTB dalam perekrutan siswa sehingga startup ini diharapkan mampu mengurangi jumlah pengangguran khususnya tenaga kesehatan

 

health startup di indonesia

 

 

Berikut ini adalah interview Startupbisnis.com dengan founder Insan Medika

 

Masalah apa yang diselesaikan oleh startup ini dan bagaimana Anda membantu target market Anda ?

Insan Medika Persada, atau¬†insanmedika.co.id¬†adalah perusahaan startup berbasis agency perawat yang merekrut calon tenaga perawat dari berbagai instansi pendidikan kesehatan mulai dari jenjang SMK Kesehatan hingga STIKES untuk kami pasarkan kepada calon konsumen tertentu yang membutuhkan jasa perawat pribadi/pendampingan medis (perawat home care di rumah mereka). Kami membantu masyarakat khususnya pasien yang menghendaki perawatan di rumah untuk menemukan perawat yang profesional. Untuk itu kami memiliki SOP perekrutan dan pelatihan sendiri. Target market kami adalah kelas menengah ke atas yang tinggal di kota besar sepert Jabodetabek (85% costumer dari Jabodetabek), Pada awal berdiri masalah terbesar dari bisnis jasa ini adalah pemasaran atau publisitas, terkendala karena kantor kami di Yogyakarta sedangkan target market kami berdomisili di Jakarta. Namun dengan adanya teknologi internet, kami membuat sebuah website (www.insanmedika.co.id) yang memudahkan calon costumer menemukan jasa kami, untuk di internet kami memiliki pagerank utama untuk kata kunci “jasa home care” dan “perawat home care”.
startup indonesia insan medika
Sudah berapa lama berdiri dan saat ini kondisi traction bagaimana (jumlah user/customer/merchant/vendor/traffic)
Berdiri pada tahun 2013, namun secara resmi berbadan hukum Perseroan Terbatas atau PT pada tahun 2014, untuk jumlah user atau pengguna jasa setiap harinya minimal 10 orang pemesan. Seperti layaknya hotel ada season tertentu traffick user tidak menentu. Puncaknya adalah di musim liburan serta lebaran.
Bagaimana background foundernya ?
Didirikan olah anak muda kelahiran Ngawi, 14 Oktober 1989, latar belakang pendidikan yang tidak menjanjikan (hanya lulusan SMA hehe..) dan tidak pernah mengenyam di bangku kuliah, lulusan SMA 3 Madiun (pernah tidak naik kelas). Termotivasi oleh virus Entrepreneur University sejak kelas 2 SMA, korban doktrin dari Purdi E. Chandra, Bob Sadino, Iphho Santoso, Jaya Setiabudi. Founder sekaligus CEO sering mengisi seminar di ruang lingkup SMK Kesehatan guna memberikan motivasi kepada para siswa untuk masa depan pekerjaan mereka. Memberikan motivasi agar mereka yang belum berkesempatan kuliah untuk bekerja sambil kuliah dengan menggandeng Universitas Terbuka sebagai partner pendidikan.
insan medika startup indonesia
Apa saja lesson learned membangunnya?
Passion, Komitmen, Kecintaan pada pekerjaan dan Kerja Keras adalah kunci dari semua ini. Terinspirasi dari kisah ibu yg berawal dari seorang ‘babysitter’ yang mendirikan kursus babysitter membuat komitmen untuk melanjutkan apa yang sudah dilakukan. Bermula dari hanya menyalurkan dan mendidik “babysitter” hingga sekarang menyalurkan ratusan lulusan Sarjana Keperawatan. Dalam menjalankan perusahaan jasa, masalah yg selalu dihadapi adalah komplain dari user atau costumer apabila perawat yang kami salurkan tidak sesuai dengan ekspektasi mereka, namun dengan respon yang tanggap dan gerak yang cepat, kepercayaan costumer tetap ada pada kami. Itu lah yang membuat kami berbeda, yaitu nama kami mendapatkan kepercayaan yang baik. Setiap permasalahan yang ada menjadi bahan evaluasi bersama kami untuk perbaikan ke arah yg lebih baik.
Apa rencana ke depan? Apakah sedang mencari investor ?
Untuk rencana ke depan kami tidak berani berekspektasi tinggi dahulu, kami belum memikirkan untuk ada investor yang membantu pembiayaan. Perusahaan ini dibangun 100% tanpa sepeserpun pinjaman dari bank. Saat ini kami masih dalam tahap pembangunan brand terlebih dahulu agar masyarakat semakin mengenal perusahaan kami. Namun tidak dipungkiri tuntutan yang sangat mendesak adalah memiliki kantor di Jakarta karena 85% user kami dari Jakarta. Dengan adanya kantor di Jakarta akan semakin mempermudah kami dalam berpromosi sehingga tidak hanya mengandalkan internet saja.

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.